Coba Penyiraman dari Bawah, Bikin Tanaman Tumbuh Subur

Siram tanaman
DECOR  |  29 April 2021 16:05

Sudah pernah coba?

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tiap jenis tanaman memiliki kebutuhan penyiraman yang berbeda. Untuk itu bagi Sahabat Dream yang memiliki koleksi tanaman hias, penting untuk mengetahui kebutuhan air tiap tanaman agar bisa membuat jadwal penyiraman yang tepat.

Penyiraman biasanya dilakukan menggunakan selang atau alat khusus dari atas. Sebenarnya, memenuhi kebutuhan air tanaman kesayangan juga bisa dilakukan dari bawah atau bottom watering.

Apa itu penyiraman bawah? Dikutip dari balconygardenweb, bottom watering merupakan proses menempatkan bagian bawah pot yang penuh akar dalam air selama 10-12 menit. Lubang bawah di dalam pot memungkinkan air meresap ke dalam tanah tanpa membuatnya terlalu banyak.

Proses ini sangat ideal untuk tanaman berukuran kecil hingga sedang yang dapat dipindahkan dengan mudah. Sebelum melakukannya, periksa kelembapan tanah dengan jari untuk memastikan apakah tanaman perlu penyiraman bawah atau tidak.

Caranya adalah ambil wadah yang bisa menampung air dan pot dengan mudah. Bisa juga melakukannya di wastafel atau ember. Pastikan ketinggian air cukup tinggi untuk merendam bagian bawah pot 5 hingga 7 cm, jangan sampai lebih dari itu.

Biarkan bagian bawah pot terendam selama 10-20 menit. Cara penyiraman ini cocok untuk tanaman Peace Lily, Sirih Gading, Philodendron dan Lidah Mertua.

 

Selanjutnya : Cara Pilih Pot yang Tepat untuk Tanaman Kesayangan
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :