Coba Cara Mudah Singkirkan Jamur di Furnitur

Decor | Senin, 22 Juni 2020 12:05
Coba Cara Mudah Singkirkan Jamur di Furnitur

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan furnitur rumah bebas jamur.

Dream - Kondisi lembap di rumah sangat menyebalkan. Salah satunya mengakibatkan furnitur di rumah jadi berjamur. Bisa tumbuh di perabot kayu, kain dan bahan lain. 

Jamur bisa muncul di mana saja di rumah. Untuk itu, Sahabat Dream perlu memeriksa secara rutin sudut rumah yang merupakan sumber air, terdapat kebocoran atau mungkin dinding yang rembes. Jika dibiarkan akan merusak perabot rumah.

Lalu bagaimana cara menyingkirkan jamur yang sudah terlanjur memenuhi perabot?

Langkah pertama, campur sepertiga cangkir cuka putih dan air soda dalam wadah. Kedua, tambahkan dua tutup penuh hidrogen peroksida.

Campur semua bahan menjadi satu dan kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan di atas kain yang dipenuhi jamur. Bisa juga disemprotkan ke furnitur.

Selanjutnya, gunakan sikat gigi untuk menggosok permukaan. Sikat sampai bekas jamur menghilang. Pastikan menggosok dengan pelan dan hati-hati karena dapat merusak kain atau permukaan.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Sumber: DecorTips

2 dari 5 halaman

Harus Sesering Apa Area Rumah Didisinfektan?

Dream - Rutin melakukan didisinfektan jadi hal yang kini jadi hal yang wajib dilakukan. Tentunya demi melakukan pencegahan terhadap risiko penularan Covid-19. Pasalnya virus ini bisa dengan mudah menular melalui sentuhan dan cipratan air liur (droplet).

Disinfektan dianggap ampuh untuk mematikan bakteri dan virus, termasuk Corona yang mungkin menempel di permukaan benda-benda paling sering disentuh. Virus Corona dapat bertahan hidup pada permukaan yang berbeda untuk berbagai jangka waktu dan ketika kamu menyentuhnya, lalu memegang wajah, ini berisiko menularkan virus Corona pada diri sendiri.

Inilah pentingnya rutin membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh. Meski di dalam rumah tidak ada orang yang sakit, tetap harus membersihkannya secara teratur dengan disinfektan sebagai tindakan pencegahan awal.

 

 

3 dari 5 halaman

Perbedaan Membersihkan dan Disinfektan

Ada perbedaan antara membersihkan biasa dengan menggunakan disinfektan. Membersihkan menggunakan disinfektan berarti kamu mencoba membunuh bakteri atau virus dengan pemutih atau produk berbasis alkohol sekitar 70%.

Fokuslah pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, sakelar lampu, remote control, toilet, atau pegangan apapun. Namun, jika ada seseorang yang memiliki gejala infeksi virus Corona di rumahmu, lakukan pembersihan dengan disinfektan lebih sering.

Sangat dianjurkan melakukan disinfektan setiap hari. Terutama pada benda yang sering disentuh. Jika terlalu sibuk, minimal dua hari sekali demi kesehatan seluruh anggota keluarga.


Laporan Annisa Wulan/ Sumber: Fimela

4 dari 5 halaman

3 Barang di Rumah yang Kerap Disentuh, Harus Ekstra Didisinfektan

Dream - Suasana Idul Fitri hari ketiga sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi. Sebagian besar pekerja sudah mulai masuk kantor, ada juga yang masih libur dan di rumah saja demi mengurangi penularan Covid-19.

Bagi Sahabat Dream yang di rumah saja dan saat Idul Fitri lalu menerima tamu dari keluarga terdekat, jangan tunda untuk melakukan bersih-bersih. Terutama pada barang di rumah yang paling sering disentuh. Apa saja?

Gagang pintu
Gunakan cairan disinfektan atau alkohol 70% dan lap bersih untuk membersihkan seluruh gagang pintu di rumah. Jangan lupa membersihkannya dengan sarung tangan dan kenakan masker.

Mulai dari gagang pintu pagar terluar rumah, pintu toilet, hingga pintu dapur. Gagang seluruh pintu sangat sering dipegang dan wajib didisinfektan secara rutin.

 

5 dari 5 halaman

Kacamata dan Setir Mobil

Kacamata

Apakah Sahabat Dream selalu menggunakan kacamata setiap hari? Jika iya maka harus membersihkannya secara teratur. Cara termudah adalah menggunakan air hangat dan sabun cuci piring jika tidak memiliki tisu pembersih lensa atau semprotan. Hindari menggosok alkohol, yang dapat merusak lapisan khusus pada lensa.

Setir mobil
Untuk yang satu ini kerap terlupakan, terutama selama beberapa akhir kita berbelanja kebutuhan Idul Fitri dan langsung naik mobil. Gunakan cairan disinfektan dan lap bersih. Bersihkan gagang pintu dan setir mobil karena dua area ini paling sering disentuh.

Sumber: RealSimple

Join Dream.co.id