Coba Cara Mudah Bersihkan Noda Kuning di Dinding Kamar Mandi

Decor | Kamis, 19 September 2019 18:02
Coba Cara Mudah Bersihkan Noda Kuning di Dinding Kamar Mandi

Reporter : Mutia Nugraheni

Warna kekuningan dan garis hitam tersebut disebabkan oleh sisa noda sabun dan jamur.

Dream - Dinding kamar mandi biasanya dilapisi keramik. Kondis yang lembap, membuat keramik yang awalnya berwarna cerah jadi tampak kekuningan. Garis-garis pembatasnya juga dipenuhi dengan noda hitam.

Warna kekuningan dan garis hitam tersebut disebabkan oleh sisa noda sabun dan jamur. Tentunya noda tersebut tak bisa dibiarkan karena akan membuat kamar mandi tampak kotor dan tentunya tidak sehat.

Ada langkah mudah untuk membersihkan. Siapkan saja cuka atau klorin, kuas, sikat, sarung tangan, spons dan sabun pembersih. Lakukan langkah-langkah berikut.

2 dari 6 halaman

Aplikasikan cuka atau klorin

Bagi Sahabat Dream yang lebih suka menggunakan bahan alami, bisa menggunakan cuka atau baking soda. Caranya, campurkan dengan air secukupnya sesuai dengan lebar dinding kamar mandi.

Lalu dengan menggunakan kuas aplikasikan ke seluruh dinding kamar mandi. Bahan lain yang bisa digunakan adalah klorin. Saat mengaplikasikannya, pastikan menggunakan sarung tangan dan masker agar tak memicu iritasi kulit dan masalah pernapasan.

3 dari 6 halaman

Diamkan 10 menit

Bagi yang terdapat fasilitas water heater di rumah, nyalakan shower dengan air hangat selama sekitar 5 hingga 10 menit. Uap panas akan membantu formula pembersih bekarja untuk mengangkat kotoran kuning yang membandel.

Bila tak ada air hangat, cukup diamkan saja selama 10 menit. Biarkan formula bekerja dulu pada kotoran, untuk kemudian disikat dan dibersihkan.

4 dari 6 halaman

Sikat dan bilas

Setelah 10 menit, sikat dinding dengan sabun. Pastikan juga sela-sela keramik dibersihkan. Gunakan juga spons dengan permukaan yang agak kasar untuk mengangkat noda kekuningan di dinding.

Gunakan sabun pembersih agar lebih bersih. Lakukan di seluruh permukaan dinding. Setelahnya, pastikan bilas dengan maksimal hingga tak ada lagi sisa sabun yang menempel. Lakukan secara rutin, minimal dua minggu sekali agar dinding kamar mandi selalu bersih.

 

5 dari 6 halaman

Super Kotor! Pastikan Membersihkan Barang di Kamar Mandi Ini

Dream - Membersihkan kamar mandi tentunya jadi agenda rutin. Biasanya area yang dibersihkan adalah toilet, lantai dan dinding serta wastafel. Sebenarnya, ada satu bagian lupa yang kerap dilupakan, yaitu shower head.

Kondisi kamar mandi yang lembap, sementar shower head selalu dialiri air membuatnya dengan mudah ditumbuhi bakteri dan jamur. Kapan terkahir kali kamu membersihkan atau tak pernah sama sekali membersihkannya?

Membiarkan shower head dalam kondisi kotor bisa menimbulkan masalah kesehatan. Rambut dan kulit kepala bisa jadi gatal karen air yangkeluar dari shower sebenanrya sangat kotor. Begitu pula kulit di sekujur tubuh.

Masalah kulit seperti gatal, berjamur hingga infeksi bisa dipicu karena shower head yang kotor. Untuk itu bersihkanlah barang ini secara rutin.

Untuk membersihkan shower head sangat mudah, siram saja dengan air hangat. Setelah itu sikat dengan sikat kecil menggunakan sabun cuci. Fokuslah pada lubang-luba tempat keluarnya air.

Pastikan tak ada kotoran yang menyumbat. Begitu juga kotoran dan jamur yang memenuhi di sekitar permukaan, sikat hingga bersih. Biasanya, dengan sedikit sikatan, kotoran tersebut langsung rontok.

Shower head pun bersih dari jamur dan kotoran. Lakukan secara rutin.

6 dari 6 halaman

Trik Desain Kamar Mandi Agar Selalu Terlihat Bersih

Dream - Kamar mandi yang bersih tentu membuat kita jadi nyaman dan betah saat berada di dalamnya. Untuk mendapatkan kesan bersih, ada trik khusus dalam penataannya.

Bagi Sahabat Dream yang sedang mencari desain kamar mandi, cara ini mungkin bisa menginspirasi.

Pertama gunakanlah ubin yang lebih besar. Permukaan ubin yang luas, membuat sela-sela ubin jadi terlihat jarang. Biasanya, di sela-sela ubin tersebut muncul kotoran dan jamur berwarna kecokelatan yang membuat ubin jadi terlihat kotor.

Ubin yang lebih besar juga dapat menciptakan ilusi kamar mandi berukuran lebih besar dari yang sebenarnya. Pilihan lainnya adalah dengan mengurangi kebisingan visual. Jangan terlalu banyak menaruh hiasan atau barang di kamar mandi.

Buat penyimpanan peralatan kamar mandi dengan warna yang senada. Sehingga tak terlalu banyak warna dan barang di dalammya. Pertimbangkan juga untuk memadukan warna putih dan beton ekspos.

Warna ini cenderung modern dan selalu memunculkan kesan bersih. Hal yang tak kalah penting adalah pencahayaan di kamar mandi. Pastikan level cahaya pas dan tidak terlalu redup. Suasana redup bisa memunculkan kesan kotor dan menyeramkan.

Sumber: Real Simple

Join Dream.co.id