Cermat Memilih Furnitur Kayu untuk Sudut Ruangan

Decor | Senin, 11 Oktober 2021 08:08

Reporter : Mutia Nugraheni

Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Dream - Perabot atau furnitur dari kayu jadi pilihan banyak orang untuk mengisi rumah. Material satu ini memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan furnitur bahan lain.

Indonesia juga memiliki banyak sekali kayu berkualitas, sehingga pilihan pun sangat beragam. Satu yang perlu diingat saat memilih furnitur kayu, Sahabat Dream perlu melakukannya dengan cermat.

Apa saja yang harus dipertimbangkan?

 Trik Memberi Kesan Modern Pada Furnitur Kayu© MEN

1. Kualitas
Tentunya saat memilih furnitur, kita harus melihat kekuatan dan kualitasnya. Beberapa ada yang dipadukan dengan material lain. Pastikan saat digunakan tetap nyaman dan kualitasnya baik agar tahan lama.

2. Sesuaikan dengan tema interior rumah
Hal yang juga penting adalah menyesuaikan dengan kondisi interior rumah secara keseluruhan. Kayu memang memiliki warna yang khas, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mengecatnya warna hitam atau putih. Pastikan saja furnitur yang dipilih tetap sesuai tema rumah.

3. Ukiran detail
Beberapa ada yang suka dengan furnitur dengan detail ukiran. Detail tersebut memang bisa mempermanis suasana ruang dan juga berkesan klasik. Bila memang suka, cari yang memiliki ukiran unik agar karakter furnitur terlihat.

 

 

Cermat Memilih Furnitur Kayu untuk Sudut Ruangan
Furnitur Kayu/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Catat, Cara Mencegah Karat di Furnitur Besi

Dream - Furnitur di rumah Sahabat Dream banyak terbuat dari material besi? Jika iya, waspada dengan munculnya karat yang bisa merusak tekstur, warna dan bahkan mematahkannya.

Biasanya karat cepat muncul pada furnitur yang ditaruh di luar ruangan. Karat bisa terjadi karena proses oksidasi, yang disebut juga dengan reaksi elektrokimia. Faktor yang sangat mempengaruhinya adalah suhu, kelembaban, salinitas cairan dengan logam dan kualitasnya sendiri.

Karat akan membuat perubahan tekstur dan komposisi yang membuat sebagian atau seluruh elemen furnitur menjadi bewarna kecokelatan. Dengan cara yang sama, hal serupa terjadi pada tembaga dan bahkan warnanya jadi hijau kebiruan.

Bagaimana cara mencegahnya?
Langkah pertama, pastikan furnitur benar-benar bersih. Lakukan pembersihan rutin, terutama jika furnitur terkena cipratan air. Bersihkan dan segera keringkan. Kedua, jangan tinggalkan furnitur di tempat terbuka.

Bersentuhan dengan lingkungan luar dapat merusak material secara serius. Hujan, kelembapan, atau faktor lain dapat menyebabkan kerusakan. Ketiga, bisa melakukan perlindungan dengan penggunaan cat antikarat. Lakukan pelapisan pada furnitur sebelum mengalami karat.

Sumber: DecorTips

3 dari 5 halaman

Padu Padan Furnitur Bahan Logam Agar Ruangan Tak Tampak Kaku

Dream - Material logam kini banyak didesain dengan sangat apik untuk mempercantik interior rumah. Penting untuk memadukannya dengan material lain agar ruangan tak berkesan dingin.

Desainer interior yang berbasis di New York, Courtney McLeod dari Right Meets Left Design, memiliki beberapa strategi untuk mengatur furnitur berbahan logam. Tentunya agar ruangan tetap terasa hangat. Biasanya, furnitur yang terbuat dari logam yaitu meja, kursi, bangku, rak atau bingkai kaca.

Untuk penempatan dan padu padannya, bisa ikuti trik-trik dari McLeod berikut.

1. Pilih satu furnitur sebagai primer
Tak perlu seluruh ruangan diisi dengan material yang sama, jika memang ingin menggunakan interior logam pilih yang desainnya benar-benar kamu sukai atau berukuran besar. Seperti rak pajangan, meja atau hiasan lain yang dirasa berdampak besar pada ruangan.

2. Sentuhan aksen
Usahakan agar furnitur logam membentuk sekitar 60-75% dari hasil akhir di ruangan. Pilih satu atau dua dekorasi berbahan logam sebagai aksen. Bisa berupa kuningan, tembaga, atau material warna emas. Saat mencampur dua logam yang sangat berbeda, bisa membuat gradasi atau jika berani, buat saja kesan kontras.

 Interior logam© Shutterstock

3. Variasikan lapisan akhir serta jenis logamnya
Logam bisa memiliki hasil akhir antik, matte, satin, brass, atau dipoles. Menggabungkan dua sentuhan akhir yang dipoles dapat menghasilkan tampilan yang sangat glamor. Hasil akhir yang matter tidak memiliki banyak kilap lebih mudah untuk dicampur daripada yang dipoles.

4. Pastikan memiliki warna dan desain yang disukai

" Jangan takut dengan selera dan gaya Anda sendiri," kata McLeod.

Jika menyukai tampilan klasik, misalnya, jangan merasa terpaksa memilih kuningan hanya untuk mengikuti tren terkini. Pilih logam yang mencerminkan kepribadian dan lengkapi warna dan permukaan cat yang ada.

Sumber: BHG

4 dari 5 halaman

5 Item yang Bisa Tonjolkan Gaya Interior Industrial

Dream – Konsep estetika pada rumah yang otentik tergantung pada pilihan yang dibuat oleh pemilik rumah. Tentunya tergantung pada item yang dipilih dan digunakan. Saat ini gaya interior industrial sedang banyak diminati.

Aksen khas dari industrial adalah balok kayu, lantai beton, pipa terbuka, atau dinding bata. Ingin mencoba menerapkannya di rumah, Sahabat Dream? Ada beberapa elemen interior yang bisa digunakan untuk menonjolkan gaya industrial. Layak dicoba.

1. Dinding terbuka
Menciptakan gaya industrial di rumah berarti spontanitas, kesederhanaan, dan keberanian. Semua kombinasi elemen harus dibuat dengan cara yang ramah dan tidak rumit, salah satunya dengan dinding yang dibiarkan terbuka dengan materi aslinya terlihat.

Contoh paling umum adalah dinding bata, dengan alternatif ini memberikan efek yang lebih urban. Dengan cara sama bisa juga menggunakan batu, balok beton, atau dinding yang mulus dan dicat.

2. Benda logam
Item berikutnya yang dapat membantu tampilan rumah industrial adalah dengan benda logam, atau dapat menggunakan bahan lain, seperti kayu, marmer, granit. Bahan-bahan ini akan banyak mempengaruhi interior rumah.

Contoh benda logam yang biasa digunakan; peti logam, meja kopi di ruang tamu, meja makan, loteng, tangga untuk ke loteng. Dengan benda tersebut, disesuaikan dengan estetika yang diinginkan untuk menampilkan kesan industrial.

 

5 dari 5 halaman

Aksen Pencahayaan

3. Lampu
Jika menginginkan gambaran yang modern dan halus, lampu akan menjadi komponen interior yang dinamis. Dalam pengertian ini, digunakan lampu gantung yang menarik dengan bodi yang bergaya, dan bentuk yang lebar dan mencolok.

Lampu lain yang dapat digunakan adalah lampu berdiri yang terpancar naik dengan efek yang jelas dan fungsional. Seperti lampu sorot, baik ke langit mau pun ke lantai.

4. Jam

 Jam industrial© Shutterstock

Ada berbagai cara untuk menggunakan item satu ini. Cara pertama, taruh jam di atas perapian, perabot, atau meja. Cara kedua dengan jam elektronik yang menciptakan nuansa kontemporer akan sangat cocok dengan gaya industrial. Selain itu juga dapat memakai jam dinding seperti yang ada di stasiun kereta, dengan begitu nuansa rumah akan terasa lebih asli dan aktif seperti di ruang perkotaan.

5. Kursi dengan style industrial
Saat ini berbagai macam desain kursi tersedia di pasaran, banyak pula seniman dan desainer interior yang menciptakan kursi dengan pendekatan estetik. Cari model kursi yang khas industrial.

Untuk memilih kursi yang tepat harus disesuaikan dengan item lainnya agar senada dan tidak bentrok. Taruh pula kursi di tempat yang tepat agar kepribadian dari benda tersebut dapat menonjol.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Decortips

Terkait
Join Dream.co.id