Cerdas Memilih Furnitur untuk Ruangan Mungil

Decor | Kamis, 7 Oktober 2021 10:08

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan ukurannya sesuai dengan kondisi ruangan.

Dream - Membeli furnitur tentunya harus mempertimbangkan kebutuhan ruangan. Salah satu yang harus selalu jadi acuan adalah ukuran ruangan. Jangan sampai Sahabat Dream membeli furnitu yang ukurannya terlalu besar atau malah terlalu kecil.

Bila sedang mengisi perabot untuk ruangan mungil ada beberapa panduan saat memilih furnitur. Penting diterapkan agar tiap furnitur yang dibeli berfungsi optimal. Simak trik dari Marlaina Teich, seorang desainer interior.

Jangan Penuhi Ruangan
Ketika berbicara tentang skala furnitur, Marlaina Teich mengungkap untuk selalu kita cenderung ingin barang yang lebih besar. Pilih lebih sedikit barang yang lebih besar, daripada mengisinya dengan berbagai barang kecil.

" Lebih kecil tidak selalu sama dengan lebih baik. Pastikan ada area yang kosong dan jeda di tiap furnitur agar tak terlihat penuh dan sesak," kata Teich.

 

Cerdas Memilih Furnitur untuk Ruangan Mungil
Ilustrasi
2 dari 4 halaman

Fungsional dan Proporsional

Furnitur fungsional
Apapun furnitur yang dibeli, pastikan benar-benar dibutuhkan. Akan lebih baik jika furnitur tersebut multifungsi dan sangat fleksibel untuk bisa dipindahkan sesuai kondisi.

Misalnya, membeli sofa bed yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur jika ada tamu. Meja dan kursi yang bisa dilipat bila kita membutuhkan area yang lebih besar. Bisa juga membuat rak tambahan sebagai penyimpanan praktis di dinding.

Perhatikan proporsi
Untuk ruangan yang tak terlalu luas, pastikan proporsi furnitur seimbang. Lebih baik pilih yang berdesain simpel. Misalnya kursi rendah dan tanpa lengan dan sofa minimalis. Baru kemudian tambahkan beberapa dekorasi yang proporsinya pas.

Sumber: MyDomaine

3 dari 4 halaman

Catat, Cara Mencegah Karat di Furnitur Besi

Dream - Furnitur di rumah Sahabat Dream banyak terbuat dari material besi? Jika iya, waspada dengan munculnya karat yang bisa merusak tekstur, warna dan bahkan mematahkannya.

Biasanya karat cepat muncul pada furnitur yang ditaruh di luar ruangan. Karat bisa terjadi karena proses oksidasi, yang disebut juga dengan reaksi elektrokimia. Faktor yang sangat mempengaruhinya adalah suhu, kelembaban, salinitas cairan dengan logam dan kualitasnya sendiri.

Karat akan membuat perubahan tekstur dan komposisi yang membuat sebagian atau seluruh elemen furnitur menjadi bewarna kecokelatan. Dengan cara yang sama, hal serupa terjadi pada tembaga dan bahkan warnanya jadi hijau kebiruan.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana cara mencegahnya?

Langkah pertama, pastikan furnitur benar-benar bersih. Lakukan pembersihan rutin, terutama jika furnitur terkena cipratan air. Bersihkan dan segera keringkan. Kedua, jangan tinggalkan furnitur di tempat terbuka.

Bersentuhan dengan lingkungan luar dapat merusak material secara serius. Hujan, kelembapan, atau faktor lain dapat menyebabkan kerusakan. Ketiga, bisa melakukan perlindungan dengan penggunaan cat antikarat. Lakukan pelapisan pada furnitur sebelum mengalami karat.

Sumber: DecorTips

Terkait
Join Dream.co.id