Cara Tepat Mencuci Perabot Dapur Berbahan Stainless Steel

Decor | Rabu, 22 September 2021 14:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Untuk memastikan perabot stainless steel selalu bersih dan tetap bersinar, lakukan langkah-langkah berikut.

Dream – Peralatan dapur berbahan stainless steel jadi favorit bagi mereka yang suka memasak, mulai dari panci, wajan dan perkakas lainnya. Sayangnya, setelah digunakan, perabot dapur ini kerap dipenuhi noda yang sulit dihilangkan.

Biasanya karena terkena api besar, gosong, dan penuh dengan noda lengket bekas makanan. Belum lagi noda sidik jari, goresan, noda air. Penting untuk membersihkannya secara teratur agar kondisinya tetap mengilap.

Untuk memastikan perabot stainless steel selalu bersih dan tetap bersinar, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Periksa terlebih dahulu
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kualitas perabot. Apakah peralatan tersebut boleh dicuci dengan keras atau tidak, karena bisa jadi material stainless steel yang ada tidak boleh untuk dicuci terlalu keras.

2. Bersihkan satu arah
Kamu harus bersihkan permukaan perabot stainless steel dari arah yang sama. Misalnya dari atas ke bawah, jangan malah ke samping. Hal ini membuat kondisi stainless steel jadi bersih dan mengilap.

3. Pembersihan dengan cepat
Seka peralatan dengan kain bersih, lalu dicelupkan ke dalam air panas. Lalu untuk noda yang bandel, bisa dibersihkan dengan sabun cair secukupnya. Setelah berbusa, seka secara cepat, lalu keringkan secara menyeluruh.

 

Cara Tepat Mencuci Perabot Dapur Berbahan Stainless Steel
Panci Stainless Steel/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Bisa Juga Lakukan 3 Hal Ini

4. Gunakan cuka
Noda berkerak yang membandel atau kerak, bisa dibasahi dengan kain lembut. Lalu celupkan di air dengan cuka sekitar 1 banding 1. Jangan biarkan cuka menempel di permukaan. Bersihkan secara menyeluruh dan keringkan.

5. Baking soda
Kotoran hitam yang disebabkan akibat terkena api akan lebih sulit untuk dibersihkan. Wajan tersebut membutuhkan perhatian ekstra. Gunakan baking soda dan air dan oleskan pada noda. Biarkan selama sekitar 20 menit. Lalu basahi, dan keringkan.

6. Kilapkan dengan minyak zaitun
Agar perabot stainless steel terlihat lebih mengkilap, coba gunakan minyak zaitun dan gosokkan. Cara ini akan menghilangkan noda kecil akibat sidik jari dan membuat tampak lebih bersih.

Laporan Delfina Rahmadhani/ Sumber: RealSimple

3 dari 6 halaman

Tengok Penampakan Dapur Mewah Senilai US $1Juta Dollar

Dream - Desain dapur yang elegan dan mewah jadi pilihan bagi beberapa orang. Alasannya, dapur bukan sekadar tempat memasak tapi juga sarana aktualisasi diri bagi mereka yang suka memasak.

Dapur bahkan bisa jadi tempat memanjakan diri dan menghilangkan stres. Dapur dengan detail spesial, berteknologi tinggi serta material super mahal, pastinya jadi bikin penasaran.

 Dapur 1 juta dollar© Foto: RE/MAX Realtron

Foto: RE/MAX Realtron

Seperti dapur di rumah 22 Hammock Cres, Los Angeles. Dapur di rumah ini nilainya mencapai US $1 Juta Dollar atau sekitar Rp14,3 miliar. Lewat video yang diunggah di akun Instagram @byfrancisbrooks, seorang penjual properti, ia memperlihatkan detail dapur.

 Dapur 1 juta dollar© Foto: RE/MAX Realtron

Foto: RE/MAX Realtron

Rupanya, dapur memiliki pantry yang tersembunyi dan tertutup pintu hitam. Bagian kabinet memiliki teknologi sentuh yang membuatnya mudah terbuka. Hal yang tak kalah canggih adalah di meja island dapur terdapat teknologi wireless charging.

 

4 dari 6 halaman

Lihat Video Dapur $1Juta Dollar

      View this post on Instagram

A post shared by Francis | Real Estate Video (@byfrancisbrooks)

5 dari 6 halaman

Trik Irit Pemakaian Alat Elektronik di Dapur

Dream - Barang elektronik di dapur sangat mempermudah kita melakukan pekerjaan rumah tangga. Pemakaian yang efektif akan membuat alat elektronik lebih tahan lama dan tak menyerap banyak daya listrik.

Bila kita tak menggunakannya secara tepat, penyerapan daya yang besar akan membuat bengkak tagihan listrik. Nah, ada trik penting yang harus diketahui Sahabat Dream agar pemakaian alat elektronik di dapur tak boros. Yuk, simak

Kulkas
Hindari menyimpan langsung makanan yang masih dalam keadaan hangat ke dalam kulkas. Hal ini dapat memicu mesin kulkas bekerja lebih keras dan menyerap daya lebih besar. Pastikan juga tidak mengisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman yang terlalu penuh.

Semakin banyak isi kulkas, maka semakin besar juga energi listrik yang dibutuhkan untuk mempertahankan suhu dingin. Tak hanya itu, jangan membuka pintu kulkas terlalu sering karena setiap kali pintunya terbuka, kulkas membutuhkan energi listrik lebih banyak lagi.

 

6 dari 6 halaman

Blender

Sebelum memasukkan bahan makanan ke dalam blender, potong dulu semua bahan minuman dalam ukuran yang lebih kecil. Mesin blender akan bekerja lebih cepat dan penggunaan energi listrik pun jadi lebih sedikit. Efeknya pun jadi lebih irit, terutama buah-buah yang berdaging keras.

 Oven

Hampir sama dengan kulkas, jangan terlalu sering membuka-tutup pintu oven untuk sekadar melihat keadaan makanan di dalamnya. Hal ini bisa menurunkan tingkat kepanasannya dan membuat oven harus bekerja lebih keras lagi untuk menstabilkan suhu panas.

Menghemat energi listrik dari oven juga bisa dilakukan dengan memanaskan atau memanggang makanan secara bersamaan. Energi yang dikeluarkan oleh oven akan lebih sedikit daripada memanaskan secara terpisah.

 Kompor Listrik

Potong bahan makanan yang akan dimasak jadi ukuran yang lebih kecil, seperti sayur atau daging sehingga lebih cepat matang. Bisa menggunakan penutup panci atau wajan saat memasak untuk mempercepat proses kematangan makanan.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id.

Terkait
Join Dream.co.id