Cara Simpel Atasi Saluran Tersumbat di Rumah

Decor | Jumat, 30 Juli 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Coba dulu trik-trik ini sebelum memanggil teknisi ledeng.

Dream - Saluran air tersumbat jadi masalah yang sering muncul dan membuat panik. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang tentu kita tak bisa bebas memanggil teknisi untuk mengatasinya.

Jika memang penyumbatan tak terlalu parah, coba dulu untuk mengatasi sendiri. Sumbatan biasanya muncul di saluran wastafel dan bak cuci piring. Saat hujan atau kran air terus menyala, saluran tak bekerja baik dan air jadi meluber ke lantai.

Untuk 'pertolongan' pertama sebelum memanggil teknisi ledeng, cobalah sedot saluran pembuangan. Bisa menggunakan penyedot wastafel atau toilet.

" Letakkan di atas saluran yang tersumbat dan berikan beberapa pompa. Jika ada wastafel ganda di dapur pasang saluran pembuangan di sisi yang berlawanan sehingga saat air mengalir tidak memaksa udara keluar dari saluran pembuangan terbuka melainkan ke arah penyumbatan," kata Lou Manfredini, teknisi pipa profesional, dikutip dari MarthaStewart.

 

Cara Simpel Atasi Saluran Tersumbat di Rumah
Atasi Sumbatan/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Gunakan Kawat Tipis

Menurut Lou, sebagian besar saluran air dapat kembali lancar dengan menggunakan metode ini. Pada beberapa kondisi kadang hal ini harus dilakukan lebih ekstra. Bisa juga menggunakan kawat tipis yang bentuknya seperti ular atau drain snake dan banyak dijual di pasaran untuk mengatasi penyumbatan.

 Drain snake
© Drain snake

" Kawat tipis dan kuat ini mengalir ke saluran pembuangan, dan setelah berada di posisinya, putar untuk melonggarkan sumbatan, lalu siram dengan air," ujar Lou.

Jika penyedotan dan menggunakan drain snake tak berhasil, lakukan pembersihan di saluran menggunakan produk pembersih khusus. Sebagian besar pembersih saluran air aman untuk pipa ledeng karena bersifat asam atau basa. Tuang formula pembersih lalu siram dengan air panas ke atasnya agar larut.

Biarkan meresap di saluran pembuangan untuk melarutkan sumbatan. Setelah 15 menit kemudian alirkan air, biarkan kran terbuka. Selamat mencoba!

3 dari 6 halaman

Hemat Tagihan Air Tiap Bulan, Ini Kuncinya

Dream - Air sangat kita butuh untuk kebutuhan sehari-hari. Selama sekolah dan bekerja dari rumah mungkin Sahabat Dream merasakan tagihan air tiap bulannya membengkak karena penggunaan jadi lebih banyak.

Sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan air sehari-hari. Bukan hanya bisa membuat 'aman' anggaran bulanan tapi juga lebih positif bagi lingkungan.

Tak ada salahnya untuk menerapkan hal-hal berikut di rumah

1. Periksa seluruh alat rumah tangga yang butuh air
Kebocoran air di alat rumah tangga kerap terjadi dan kita sering tak menyadari. Mungkin rusak, patah atau memang sudah tua sehingga butuh perbaikan. Pada beberapa kondisi hal ini membuat air jadi bocor dan tagihan membengkak.

Penting untuk memeriksa seluru kran di rumah. Segera perbaiki jika ada kerusakan, jangan ditunda agar tagihan air tak 'bocor halus' atau membengkak.

2. Mandi jangan terlalu lama
Aktivitas mandi adalah yang paling banyak menghabiskan air. Untuk itu minta seluruh anggota keluarga di rumah untuk lebih efisien menggunakan air saat mandi. Misalnya saat sedang menyabuni tubuh, jangan biarkan kran menyala.

Baru nyalakan lagi setelah keramas dan menyabuni tubuh untuk membilas. Diperkirakan kita menggunakan antara 150 – 200 liter air di kamar mandi. Kebiasaan tersebut bisa menguranginya.

 

4 dari 6 halaman

Terapkan Juga Hal Ini

3. Toilet hemat air
Setiap hari kita menggunakan toilet. Pastinya membutuhkan air untuk menyiram kotoran. Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan penggunaan toilet hemat air yang kini banyak dijual di pasaran. Terutama jika toilet flush di rumah sangat boros air.

4. Tampung air
Cobalah untuk menampung air. Misalnya air bekas wudhu, taruh ember di bawah kran. Air ini tak terlalu kotor dan bisa digunakan untuk menyiram tanaman atau membilas lantai teras sebelum dipel. Bisa juga menampung air hujan untuk digunakan membersihkan perabot rumah.

5 dari 6 halaman

Trik Kamar Mandi Tetap Wangi Walau Tanpa Pengharum

Dream - Kamar mandi wajib hukumnya untuk dibersihkan dengan rutin. Setiap saat kita menggunakan untuk buang air kecil, air besar dan membersihkan diri. Selalu ada air di dalamnya dan lembap.

Hal ini membuat kamar mandi jadi sangat mudah beraroma tak sedap. Tentunya kita ingin kamar mandi selalu wangi dan nyaman digunakan setiap saat. Menggunakan pengharum memang merupakan cara praktis, tapi tidak efektif.

Saat pengharum habis, aroma tak sedap pun menyeruak. Sebenarnya ada trik mudah menjaga kamar mandi tetap harum meski tak menggunakan pengharum.

1. Pastikan handuk tetap kering
Menyimpan handuk saat masih lembap di ruang mana pun di rumah adalah ide yang buruk, terlebih pada kamar mandi yang sangat lembap. Disarankan untuk mengeringkan handuk di bawah sinar matahari lebih dahulu, baru setelahnya gantungkan kembali di kamar mandi atau tempat yang lebih tidak lembap. Selain itu, seringlah mencuci handuk secara rutin.

2. Manfaatkan asam lemon
Lemon adalah salah satu teman terbaik dalam hal membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap. Selain meninggalkan aroma yang menyegarkan, lemon juga dipercaya sebagai pembersih alami yang ampuh, karena mengandung asam sitrat tinggi.

Idealnya, gunakan lemon dengan menggosokkannya ke seluruh kamar mandi setelah kamar mandi dibersihkan dengan sabun deterjen sehari-harinya. Dengan begitu, efek wanginya akan tahan lebih lama.

 

6 dari 6 halaman

Coba Juga Trik Ini

3. Gabungkan air dengan pelembut
Cara ini adalah tips bagus berikutnya untuk memastikan handuk selalu wangi, terutama handuk yang sering digunakan, seperti lap tangan atau lap kaki.
Karena handuk tersebut sering mengeluarkan bau tak sedap dan bakteri dari kulit, jadi semprotkan campuran air dan pelembut kain ke handuk tersebut sebagai penyegar wewangian.

4. Gunakan baking soda
Produk lain yang dapat diandalkan untuk menghilangkan bau tak sedap dan menjijikan adalah baking soda. Gunakan ini bersamaan dengan air saat membersihkan permukaan yang hendak dibersihkan misalnya kloset. Diamkan cairan tersebut di permukaan selama beberapa menit baru disiram atau bersihkan dengan air, tambahkan asam lemon jika ingin lebih ampuh.

5. Beri deterjen pada tangki toilet
Ada sedikit cara yang bisa dilakukan untuk membuat air yang mengalir ke kloset mengeluarkan wangi aromatik yaitu dengan memberi sedikit deterjen beraroma ke dalam tangki toilet. Dengan begitu setelah menekan gagang, air yang menyiram keluar akan memberikan aroma menyenangkan dan akan bertahan cukup lama di udara.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Brightside

Join Dream.co.id