Cara Mudah Redam Suara dari Luar Tanpa Renovasi

Decor | Senin, 28 Juni 2021 08:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak ada salahnya diterapkan di rumah.

Dream - Suara dari luar kerap kali mengganggu, terutama jika sahabat Dream tinggal di dekat jalan atau pemukiman yang bising. Suara mobil, orang berbicara, dengung lalu lintas pastinya menganggu waktu istirahat.

Untuk menyiasatinya, memasang peredam suara bisa jadi pilihan. Mungkin di bayangan kamu peredam suara akan membutuhkan renovasi atau biaya mahal.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredam suara dari luar dengan menyiasati jendela. Coba saja terapkan di rumah.

Tutup celah udara
Bila di jendela atau pintu terdapat celah yang cukup besar maka suara akan mudah masuk. Suara merambat di udara, dan celah apa pun yang dapat dilihat melalui cahaya juga akan membiarkan suara masuk.

Jika terdapat celah besar di bawah pintu apartemen atau jendela, berikan penutup tambahan. Bisa berupa strip karet tebal yang menempel pada ambang pintu. Ini juga akan membantu mencegah debu, serangga, dan angin, serta kebisingan.

Gantung tirai tebal
Bisa juga membuat lapisan kedap suara lain di atas pintu atau jendela dengan tirai tebal. Saat ditutup, tirai berbahan tebal akan membantu menyerap suara apa pun yang masuk melalui udara.

Kurangi kebisingan yang dipantulkan
Kebisingan memantul dari permukaan yang keras, seperti dinding, lantai, dan langit-langit. Untuk mengurangi pantulan suara, tutupi dinding kosong dan atau langit-langit dengan sesuatu yang lembut. Seperti bahan kain, karpet atau tikar tekstil.

Karpet tebal
Karpet bukan hanya berfungsi sebagai alas duduk atau deorasi, tapi juga peredam suara. Jika di rumah lantainya berupa keramik, tutup saja dengan karpet tebal. Cara ini bisa membantu meredam suara dari luar.

Sumber: The Spruce

Cara Mudah Redam Suara dari Luar Tanpa Renovasi
Jendela/ Shutterstock
2 dari 5 halaman

Lebih Baik Pilih Jendela Tunggal atau Ganda? Pertimbangkan Hal Ini

Dream - Tipe jendela sangat penting bagi kenyamanan rumah secara keseluruhan. Termasuk bagaimana kebiasaan penghuninya. Sahabat Dream sedang ingin mengganti jendela di rumah yang sudah rusak atau memang sedang melakukan renovasi jendela?

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah lebih baik pilih jendela tunggal atau ganda? Tentunya, pilihannya tergantung di mana lokasi tempat tinggal. Dikutip dari DecorTips, infrastruktur rumah adalah kunci untuk mencapai kenyamanan di rumah.

Fungsi bingkai jendela tak boleh diremehkan. Dari jendela inilah hawa dingin dan udara panas akan masuk. Karena itu, disarankan untuk memiliki jendela berkualitas dan memeriksa kondisinya secara berkala.

Jendela tunggal atau ganda?
Sebelum memutuskan jenis jendela yang dipilih, ketahui dulu beberapa ciri dan manfaat dari masing-masing tipe. Cari tahu keunggulan dan kelemahan masing-masing.

- Jendela ganda lebih tahan terhadap dingin, dengan pertimbangan bahwa menawarkan perlindungan ganda terhadap elemen luar seperti kelembapan, hujan, dan kondisi lainnya. Dengan kata lain, jendela ganda merupakan penghalang ganda terhadap udara luar.

- Jendela tunggal, di sisi lain kurang efektif. Ada jendela berkualitas baik dengan segel kedap udara yang berfungsi, namun satu jendela mungkin tidak terlalu efektif di tempat-tempat yang iklimnya keras.

- Selain itu, selama cuaca panas, jendela ganda juga membantu lebih menghemat suhu dalam ruangan. Sementara, jendela tunggal bisa lebih baik karena segelnya tidak terlalu rapat dan sirkulasi udara bisa sedikit lebih baik.

 

3 dari 5 halaman

Kualitas Material

Jika harus memilih salah satu dari dua opsi, jendela ganda mungkin menawarkan nilai yang lebih baik. Hal ini karena melindungi lebih baik dari dingin dan juga panas. Bila ingin menghemat uang, mungkin lebih baik memasang satu jendela berkualitas baik.

 Jendela tunggal
© Shutterstock

Masalah lain di sebagian besar rumah adalah kebisingan dari luar. Ini bisa menjadi faktor penentu yang jelas saat memilih antara jendela tunggal atau ganda, serta memilih kaca yang tepat.

Jika tinggal di daerah yang ramai dan dekat lalu lintas atau banyak orang lewat, bisa pilih jendela glazur ganda. Jendela ini melindungi lebih baik dan menawarkan perlindungan terhadap polusi suara.

4 dari 5 halaman

Fitrop Tunjukkan Jendela 'High Tech' di Rumahnya, Bisa Jadi Inspirasi

Dream - Presenter dan komedian Fitri Tropica kerap memperlihatkan sudut rumahnya di media sosial baik Instagram maupun TikTok. Tampak jendela besar yang berhadapan langsung dengan tangga.

Jendela tersebut mulai dari lantai dua hingga lantai satu dan tidak terdapat tirai untuk menutupnya. Hal ini membuat banyak netizen penasaran. Dengan jendela sebesar itu dan tanpa tirai apakah suasananya saat malam tak menyeramkan.

Rupanya Fitrop, sapaan akrabnya, memiliki jendela yang 'high tech'. Tak perlu tirai, untuk menutup jendela hanya perlu remote. Dengan memencet tombol di remote, jendela yang sangat besar itu langsung buram dalam hitungan detik.

 Jendela rumah Fitrop
© Instagram Fitrop

" Jadi ini tuh kaca film elektrik gitu. Kalo pas off dia burem. Kalo pas ON, kaya ada listrik khusus gt yg bikin kacanya jadi cerah. (BTW bukan listrik heboh yg bikin kesetrum klo dipegang ya, jadi jendelanya aman klo dipegang kok). Alhamdulillah bisa happy liat yg ijo-ijo kalo siang. Tanpa mesti takut liat yg putih-putih kalo malem,"  tulis Fitrop dalam akun Instagramnya.

 

5 dari 5 halaman

LIhat Videonya

Mungkin Sahabat Dream sedang mencari inspirasi tirai untuk rumah. Ide kaca film dari Fitrop berikut mungkin bisa jadi inspirasi.

      View this post on Instagram

A post shared by Fitrop Fitrop (@fitrop)

Terkait
Join Dream.co.id