Cara Mudah Bersihkan Tirai Kamar Mandi yang Penuh Kotoran

Decor | Selasa, 7 Desember 2021 10:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai tirai kamar mandi penuh kotoran sisa sabun yang menghitam.

Dream - Tirai di kamar mandi dipasang agar tak seluruh area menjadi basah. Tentunya, tirai setiap hari terkena air dan sabun yang membuatnya jadi penuh dengan noda bekas air dan sabun.

Kondisi kamar mandi yang lembap juga membuatnya berjamur. Biasanya tirai kamar mandi terbuat dari bahan plastik, poliester, vinil, atau katun kombinasi. Untuk membersihkannya sangat mudah.

Penting untuk dilakukan rutin agar kondisinya tak berjamur dan penuh lumut serta kotor penuh sisa sabun yang menghitam. Bagaimana caranya?

1. Lepas Tirai Kamar Mandi
Agar tirai bersih, harus mencucinya secara menyeluruh. Hal ini tentu akan sulit dilakukan jika tirai masih tergantung. Sebenarnya, bisa saja jika kita hanya menggosok dengan kondisi tirai masih terpasang. Namun, metode tersebut tidak cukup efektif membersihkan tirai dari kotoran dan kuman.

2. Cuci Tirai Secara Manual
Langkah selanjutnya adalah mencucinya secara lembut. Siramlah tirai menggunakan air panas terlebih dulu. Lalu, taburkan detergen atau sabun cuci cair ke atas permukaan tirai. Gosoklah seluruh permukaan tirai menggukan sikat. Setelah berbusa, siram menggunakan air hangat sampai bersih.

 

Cara Mudah Bersihkan Tirai Kamar Mandi yang Penuh Kotoran
Tirai Kamar Mandi/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Sikat Bagian Pengait

3. Taburkan Soda Kue dan Cuka
Jika pada tirai kamar mandi terdapat jamur, bisa mencucinya dengan pembersih alami. Taburkan setengah cangkir soda kue dan cuka putih pada permukaan tirai. Sikat agar soda kue dan cuka putih tersebar ke seluruh permukaan. Jika masih terdapat sisa noda jamur, buatlah campuran soda kue dan air. Setelah itu, gosoklah kembali pada bagian jamur yang membandel.

4. Sikat Bagian Pengait
Perhatikan juga bagian pengait yang berada di ujung tirai. Pengait yang terbuat dari besi dapat berkarat jika tidak dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkan, bisa menggosoknya menggunakan sikat gigi bekas.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 5 halaman

4 Aksen yang Bikin Kamar Mandi Lebih Nyaman

Dream - Area kamar mandi bukan hanya sekadar untuk membersihkan diri. Dalam kondisi seperti sekarang, tak ada salahnya untuk membuat kamar mandi juga jadi tempat relaksasi seperti di spa.

Pandemi membuat kita hanya di rumah saja, memanjakan diri di kamar mandi bisa jadi satu cara untuk meredakan level stres. Bisa dengan mandi air hangat, berendam atau luluran.

Untuk itu buat kamar mandi senyaman mungkin. Bagaimana caranya? Coba tambahkan atau maksimalkan empat hal berikut di kamar mandi Sahabat Dream.

Anda dapat menyulap setiap sudut rumah dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya menambahkan beberapa aksen berikut untuk membuat kamar mandi terasa lebih nyaman.

1. Pencahayaan hangat
Lampu bernuansa hangat terasa alami, terutama di malam hari dan dapat menghadirkan sensasi relaksasi. Pencahayaan hangat terbukti membantu mengatasi masalah terkait stres dan kecemasan.

Maka dari itu, pencahayaan yang hangat akan berfungsi sebagai sarana sempurna untuk beralih dari hari yang sibuk ke tidur malam yang nyenyak. Sahabat Dream dapat mencari bentuk lampu yang sesuai selera.

2. Tanaman dalam Ruangan
Coba tambahkan tanaman dalam ruangan di dalam kamar mandi, baik tanaman asli atau palsu. Menambahkan dedaunan dekoratif ke kamar mandi Anda akan membuat terasa lebih nyaman dan bisa memberi kesan Anda lebih bersantai.

 

4 dari 5 halaman

Tambahkan Aksen Ini

3. Wewangian
Wewangian yang baik dapat digunakan sebagai aromaterapi dan penambah suasana hati. Jangan lupa untuk selalu memiliki persediaan lilin beraroma, diffuser, dan parfum serta penyegar udara favorit kamu.

4. Rak penyimpanan
Ingin membuat kamar mandi lebih nyaman? Langkah terpenting adalah menyingkirkan kesan berantakan dan mengaturnya secara efisien. Hal ini akan membuat semua alat mandi dan perawatan lebih rapi dan kita pun jadi lebih rileks.

Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

5 dari 5 halaman

Kamar Mandi Terasa Sesak? Segera Perbarui Cermin

Dream - Kamar mandi memang tak harus luas, tapi jika kondisinya berantakan, banyak barang, dan gelap biasanya jadi berkesan sempit. Setiap hari kita menghabiskan waktu di kamar mandi untuk membersihkan diri dan juga mencari relaksasi.

Bila terasa sempit dan sesak, tentunya sangat tidak nyaman. Ada cara mudah untuk menyiasatinya yaitu dengan menaruh cermin ukuran besar. Tentunya cari desain cermin yang pas untuk model kamar mandi di rumah.

" Cermin kamar mandi adalah elemen dekorasi utama, tetapi juga harus fungsional. Ukurannya harus disesuaikan dengan pengguna utamanya dan digantung untuk memenuhi kebutuhan dengan baik," kata Sadie Ward, seorang pakar interior.

 Kamar mandi© Shutterstock

Jika Anda dan pasangan memiliki perbedaan ketinggian yang signifikan, cermin yang lebih besar merupakan yang terbaik. Cermin besar secara signifikan dapat mencerahkan kamar mandi yang lebih gelap, terutama jika menghadap ke jendela atau dinding berwarna terang.

“ Cermin sangat kuat bila digunakan dengan benar di ruang mana pun. Kunci untuk menggunakan cermin dengan benar adalah jangan pernah lupa bahwa cermin menjadi apa yang mereka pantulkan,” kata Ward.

Pada kamar mandi yang kecil, ini bisa berarti membuatnya tampak lebih terang dan terasa lebih luas. Pastikan penataan barang dan perlengkapan mandi ditata dengan baik agar lebih teratur dan tak sempit. Dengan begitu suasana kamar mandi jadi lebih nyaman digunakan.

Terkait
Join Dream.co.id