Cara Mudah Bersihkan Bak Cuci Piring Biar Tak Tampak Kusam

Decor | Rabu, 15 September 2021 10:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Bak Cuci piring yang jarang dibersihkan akan tampak kusam, berlendir dan penuh bercak noda sabun.

Dream - Bak cuci piring setiap hari kita gunakan untuk membersihkan berbagai perabot makan. Sisa makanan, minyak, noda sabun, busa dan kotoran lainnya membuat bak cuci piring jadi terlihat kusam dan sering berbau tak sedap.

Penting untuk membersihkan secara rutin, minimal dua hari sekali agar kondisinya selalu bersih. Bak Cuci piring yang jarang dibersihkan akan tampak kusam, berlendir dan penuh bercak noda sabun.

Idealnya, bak cuci dibersihkan setiap hari, saat malam sebelum tidur saat tak digunakan lagi. Sahabat Dream bisa membersihkannya dengan beberapa cara berikut agar bak cuci tak tampak kusam.

Sabun lembut
Gunakan sabun cuci berbahan lembut untuk menghilangkan sisa-sisa lemak dan makanan. Encerkan sabun dalam air panas. Gunakan spons dan sikat untuk menggosok seluruh permukaan dengan campuran tersebut.

Berikan perhatian khusus pada sudut, sambungan, dan sumbatan. Biasanya banyak terdapat sisa-sisa makanan, lemak, dan bakteri. Buka keran dan bilas dengan banyak air. Terakhir, keringkan dengan lap.

 

Cara Mudah Bersihkan Bak Cuci Piring Biar Tak Tampak Kusam
Bak Cuci Piring/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Soda kue dan lemon

Cara lain lain untuk membersihkan bak cuci piring adalah dengan menggunakan baking soda. Ini adalah senyawa yang menghilangkan bau dan disinfektan, itulah sebabnya banyak digunakan dalam pembersihan.

Bisa hanya dicampur dengan air untuk menghilangkan sisa makanan dan lemak. Setelah campuran siap, sebarkan ke seluruh bak cuci dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, dengan bantuan kuas dan banyak air, bersihkan permukaan bak suci.

Gunakan lemon untuk membersihkan area yang terkena karat pada bak cuci dan keran. Kusam pada bak cuci pun akan hilang. Bak cuci biasanya terbuat dari stainless steel, untuk membersihkannya usahakan gunakan spons lembut untuk meminimalisir goresan.

Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

Tengok Penampakan Dapur Mewah Senilai US $1Juta Dollar

Dream - Desain dapur yang elegan dan mewah jadi pilihan bagi beberapa orang. Alasannya, dapur bukan sekadar tempat memasak tapi juga sarana aktualisasi diri bagi mereka yang suka memasak.

Dapur bahkan bisa jadi tempat memanjakan diri dan menghilangkan stres. Dapur dengan detail spesial, berteknologi tinggi serta material super mahal, pastinya jadi bikin penasaran.

 Dapur 1 juta dollar© Foto: RE/MAX Realtron

Foto: RE/MAX Realtron

Seperti dapur di rumah 22 Hammock Cres, Los Angeles. Dapur di rumah ini nilainya mencapai US $1 Juta Dollar atau sekitar Rp14,3 miliar. 

4 dari 6 halaman

Wireless Charging

Lewat video yang diunggah di akun Instagram @byfrancisbrooks, seorang penjual properti, ia memperlihatkan detail dapur.

 Dapur 1 juta dollar© Foto: RE/MAX Realtron

Foto: RE/MAX Realtron

Rupanya, dapur memiliki pantry yang tersembunyi dan tertutup pintu hitam. Bagian kabinet memiliki teknologi sentuh yang membuatnya mudah terbuka. Hal yang tak kalah canggih adalah di meja island dapur terdapat teknologi wireless charging.

 

5 dari 6 halaman

Lihat Video Dapur $1Juta Dollar

      View this post on Instagram

A post shared by Francis | Real Estate Video (@byfrancisbrooks)

6 dari 6 halaman

Trik Menata Dapur Asri dengan Banyak Tanaman

Dream - Dapur sebelumnya hanya berfungsi sebagai area memasak dan menyipan bahan makanan. Kini, dapur bisa jadi area tempat kita melepaskan penat dengan memasak. Tak heran kalau desain dapur saat ini dibuat fungsional sekaligus sedap dipandang mata.

Salah satunya dengan membuat tampilan dapur menjadi sangat asri dengan menambahkan beberapa tanaman di tiap sudut. Cara ini bisa membuat suasana dapur jadi berbeda dan bikin betah. Terutama bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman.

“ Tanaman menciptakan kehidupan di dalam ruangan dan menghadirkan elemen alami yang dibutuhkan setiap ruangan,” kata Veronica Solomon dari Casa Vilora Interior, dikutip dari Apartment Theraphy. 

Veronica punya beberapa trik bagi kamu yang ingin menaruh banyak tanaman di dapur.

Tempatkan di sudut yang tepat
Cari tahu karakteristik tanaman dan kemudian tempatkan di area yang pas agar tetap hidup. Misalnya, tanaman yang tak bisa terkena sinar matahari langsung jangan taruh dekat jendela.

Hindari juga menaruh tanaman dekat kompor karena uap panasnya bisa merusak daun dan batang bahkan menyebabkannya mati. Akan lebih baik menaruh tanaman di dekat wastafel atau bak cuci piring.

Kelembapan tidak selalu baik
Kondisi dapur cenderung lembap karena selalu dipenuhi dengan uap kompor dan air mengalir dari bak cuci piring. Beberapa tanaman tidak menyukai kelembapan, salah satunya adalah sukulen dan anggrek.

Keduanya memang begitu cantik untuk ditaruh di area sekitar dapur, namun kelembapan dapur bisa merusaknya dalam sekejap. Pilih tanaman yang memiliki toleransi tinggai terhadap kelembapan.

Pilih tanaman cantik dan praktis
Untuk tanaman di dapur sebaiknya pilih yang perawatannya praktis dan tampilannya cantik. Seperti tanaman rempah dalam pot kecil yang bisa juga digunakan untuk memasak. Kini banyak dijual tanaman rempah dalam kemasan apik untuk ditaruh di dapur.

Bukan hanya membuat dapur menjadi asri, tapi saat panen daunnya bisa digunakan untuk masakan. Multifungsi, bukan?

Terkait
Join Dream.co.id