Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Saluran Cuci Piring dan Kamar Mandi

Decor | Senin, 11 Januari 2021 12:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Hilangkan dulu kotoran yang menyumbat saluran.

Dream - Aroma amis, tak sedap dan asam kerap muncul dari saluran pembuangan, seperti bak cuci piring dan di kamar mandi serta WC. Kotoran yang mengendap, minyak, sisa makanan, membuat bau busuk menyeruak bahkan hingga menyebar ke seluruh rumah.

Hal ini tentu saja tak boleh didiamkan. Ada beberapa cara alami yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk mencoba membersihkan dan meredakan aroma tak sedap. Pertama-tama, singkirkan kotoran yang menyumbat di saringan saluran.

Seperti nasi, sisa makanan atau di kamar mandi biasanya banyak rambut. Angkat dulu kotoran yang menutup baru kemudian lakukan beberapa trik berikut.

1. Air panas mendidih
Rebus air hingga mendidih. Setelah panas, segera ruang ke saluran pembuangan. Ini mungkin cukup untuk menghilangkan apa pun yang menyebabkan bau. Jika tidak menghilangkan bau, tambahkan beberapa bahan ke dalam air mendidih. Seperti lemon atau sabun pencuci piring yang bisa mengangkat kotoran berlemak.

 

Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Saluran Cuci Piring dan Kamar Mandi
Membersihkan Bak Cuci Piring/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Periksa Penutup

2. Soda kue
Bisa juga menggunakan soda kue atau baking soda. Tuang ke saluran pembuangan sebanyak 3 hingga 5 sendok dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu baru siram dengan air panas yang sudah mendidih.

3. Periksa penutup
Periksa penutup saluran, mungkin di sela-selanya banyak kotoran yang sebabkan aroma tak sedap. Siram dengan air yang banyak dan sikat. Jika saluran pembuangan dapur atau kamar mandi masih berbau setelah dibersihkan, mungkin ada sesuatu yang terperangkap di bagian dalamnya. Coba gunakan soda api, yang banyak dijual di toko peralatan rumah.

Tuang soda api atau bubuk khusus pembersih saluran, diamkan selama 15 menit baru kemudian siram dengan banyak air. Lakukan terus hingga aromanya hilang dan terakhir siram dengan disinfektan dan sabun pembersih atau lemon yang telah dididihkan agar wangi.

Sumber: Tree Hugger

3 dari 6 halaman

Jarang Dibersihkan, Barang di Rumah Ini Bisa Picu Kebakaran

Dream - Membersihkan rumah memang harus dilakukan secara rutin. Tumpukan debu dan kotoran selalu ada setiap harinya. Terutama di sudut rumah yang jarang digunakan atau dilewati.

Beberapa barang juga sebenarnya harus dibersihkan secara rutin. Kondisinya yang kotor bisa memicu masalah korslet, merusak fungsi sehingga pada beberapa kondisi bisa saja menyebabkan percikan api hingga kebakaran.

Ada beberapa area atau barang di rumah yang tidak terlalu kotor namun jika dibiarkan terlalu lama, sebenarnya bisa berbahaya. Jika melakukan membersihkan rumah, pastikan untuk mengunjungi area dan bersihkan barang ini agar keluarga di rumah selalu aman.

Kompor
Idealnya kompor selalu dibersihkan segera setelah selesai memasak. Percikan bumbu kuah dan minyak lama kelamaan akan merusak material kompor. Begitu pun lubang api bisa saja tersumbat dan menjadi karat jika banyak percikan masakan yang tak dibersihkan.

Bila dibiarkan bukan tak mungkin nyala api jadi tak stabil. Sewaktu-waktu bisa saja muncul nyala yang besar dan bisa membahayakan.

 

4 dari 6 halaman

Tikus dan kabel

Potensi bahaya kebakaran di rumah tak bisa dilepaskan dari kelistrikan. Salah satu yang kerap memicu korsleting di rumah adalah kabel listrik yang digigit tikus. Untuk itu perhatikan jalur kelistrikan di rumah.

Segera perbaiki kabel yang rusak atau mengelupas. Perhatikan area di sekitar tumpukan kabel, biasanya tikus suka membuat sarang dan menggerogoti kabel. Hal ini bisa membahayakan.

 

5 dari 6 halaman

Exhaust fan

Kipas di kamar mandi atau exhaust fan berfungsi untuk menjaga udara di dalamnya agar tetap mengalir dan tak lembap. Bila tak dirawat, mesin kipas akan penuh debu dan kotoran. Kondisinya saat digunakan bisa jadi terlalu panas dan memicu kebakaran.

Jika debu dan kotoran memenuhi motor pada kipas, mesinnya akan mudah panas. Untuk itu selalu bersihkan exhaust fan di kamar mandi secara rutin.

6 dari 6 halaman

Mesin Cuci Juga Butuh Dibersihkan Biar Tahan Lama

Dream - Sahabat Dream menggunakan mesin cuci setiap hari? Jika iya, kapan terakhir kali membersihkan atau melalukan servis rutin? Seperti juga barang elektronik lain yang digunakan setiap hari, mesin cuci perlu dibersihkan dan servis rutin.

Sisa residu sabun, air atau kotoran seringkali menumpuk di selang pengeluaran dan kotak sabun. Debu juga menumpuk hingga meghitam di bagian luar yang lama-kelamaan bisa merusakan permukaan mesin.

Belum lagi bagian dalamnya yang selalu lembap, tentunya banyak kotoran yang mengendap. Bila ingin mesin cuci andalan umurnya lebih panjang pastikan merawatnya dengan rutin. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian dalam dan luarnya.

Bersihkan Area Luar dan Dalam

Area luar bisa dibersihkan dengan kain lap basah. Gunakan kain microfiber lalu bersihkan seluruh bagian mesin cuci di luar. Angkat debu-debu yang memenuhi seluruh mesin termasuk sisa sabun yang menempel.

Untuk bagian dalam, bersihkan bagian karet yang biasanya ditumbuhi jamur. Nyalakan mesin dengan tabung kosong dan isi sabun. Sebaiknya gunakan sabun khusus untuk membersihkan mesin.

Servis Khusus

Setelah mesin mati, bersihkan juga wadah sabun di mesin yang biasanya penuh dengan sisa sabun dan berlendiri. Copot dan sikat serta bersihkan bagian dalamnya. Mesin pun bersih kembali.

Untuk lebih bersih dan kerja mesin jadi optimal, lakukan servis rutin dengan memanggil petugas khusus. Biasanya tiap merek mesin cuci memiliki tim servis khusus.

Selamat mencoba!

Join Dream.co.id