Cara Bebas Ribet Bikin Tampilan Ruang Makan Mungil Jadi Berbeda

Decor | Sabtu, 19 Desember 2020 10:19

Reporter : Mutia Nugraheni

Daripada merombak seluruh ruangan, fokuslah pada elemen yang paling tidak disukai.

Dream - Ruang makan di dalam rumah mungkin jadi area yang paling jarang diperhatikan. Terutama dalam hal pembaruan dekorasi. Selama di rumah, mungkin Sahabat Dream baru menyadari kalau tampilan ruang makan butuh pembaruan.

Terutama jika kondisinya terkesan gelap atau usang. Beberapa perubahan kecil namun efektif dapat membuat pengaruh besar di ruang makan yang sudah ketinggalan zaman tanpa menghabiskan uang. Daripada merombak seluruh ruangan, fokuslah pada elemen yang paling tidak disukai.

" Rencanakan secara detail untuk hanya mengubah bagian itu. Padu-padankan gaya, bahan, dan permainan dengan potongan tinggi-rendah. Tidak semuanya harus menghabiskan anggaran," ujar Isabel Ladd, seorang desainer interior, seperti dikutip dari Martha Stewart.

Pencahayaan yang buruk di ruang makan, cat yang kotor, dan pelapis usang di ruang makan sering menjadi penyebabnya. Untungnya hal ini bisa dengan mudah diperbaiki. Sahabat Dream bisa membuat tampilan ruang makan berbeda dengan hal simpel ini.

 

Cara Bebas Ribet Bikin Tampilan Ruang Makan Mungil Jadi Berbeda
Ruang Makan Simpel/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Lapisan Kursi dan Dinding

Ganti lapisan kursi
Beberapa hal yang membuat ruang makan terasa kuno adalah tampilan kursi yang lusuh. Bila kondisi pelapis kursi sudah robek, tipis atau tak lagi nyaman digunakan, segera ganti dengan yang baru. Pilih yang warna atau motifnya berkesan modern tapi berkualitas dan nyaman digunakan.

Cat dindingnya
Warna cat baru dapat membuat dampak besar pada ruang makan. Salah satu cara termudah dan paling murah untuk memperbarui ruang makan secara luar biasa adalah dengan mengganti warna cat.

Lapisan cat baru di dinding bisa sangat membantu dan memberi ruang tampilan yang rapi. Cobalah warna netral yang hangat, seperti khaki atau abu-abu, untuk menciptakan suasana yang bersih.

 

3 dari 5 halaman

Cat furnitur dan wallpaper

Cat furnitur
Bila tak mau mengecat dinding ruang makan ada cara yang lebih mudah, yaitu mengecat furnitur. Pertimbangkan untuk mengecat ulang furnitu. Bisa dengan warna yang sama, atau mungkin warna yang lebih cerah seperti putih, khaki atau mungkin krem.

Wallpaper
Pertimbangkan untuk menempel wallpaper di dinding. Tak perlu seluruhnya, bisa juga hanya sebagia. Bisa juga hanya berupa wall sticker dengan motif unik yang masih seada dengan dekorasi ruang makan. Nuansa ceria dan berbeda bisa didapatkan dengan cepat dengan aksen wallpaper atau wallsticker.

 

4 dari 5 halaman

Dinding Kaca Bikin Rumah Tampak Lega dan Lebih Terang

Dream - Ruangan biasanya dibatasi dengan tembok untuk memisahkan fungsi dan melindungi privasi. Sebenarnya ada pilihan pembatas lain yang mungkin yang bisa jadi pertimbangan, yaitu dinding kaca.

Material seperti kaca dan kristal sangat umum di dunia desain interior. Baik di aksesori, furnitur, atau dinding, kita dapat dengan mudah menemukan bahan-bahan ini di rumah bergaya modern.

Dinding kaca juga akan membuat nuansa yang berbeda pada rumah. Terutama jika ingin membuat rumah jadi tampak berkesan luas. Ingin menerapkan dinding kaca di rumah?
Pertama-tama, pikirkan tentang seberapa banyak ruang yang tersedia untuk dinding.

Kita perlu memanfaatkan semua ruang yang tersedia, karena ruang penyimpanan seringkali terbatas. Terkadang ruang tamu kecil memiliki pencahayaan yang buruk. Dinding kaca bisa digunakan di sini.

 

5 dari 5 halaman

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Hal yang tak kalah penting adalah privasi. Jangan memasang dinding kaca untuk memisahkan kamar tidur dari ruang tamu, atau dari kamar mandi, misalnya. Area tersebut sangat privat.

Dinding kaca bisa diterapkan pada ruang tamu dengan ruang keluarga. Bisa juga ruang makan dan dapur. Pencahayaan alami biasanya akan lebih optimal dengan cara ini. Terutama jika di rumah tak memiliki jendela yang cukup untuk pencahayaan.

Dinding kaca juga dapat membantu memiliki koridor dan lorong yang lebih terang dan ringan. Ide yang cukup sederhana, bisa memisahkan lorong dari dalam ruangan, sambil tetap bisa melihat ke dalam melalui dinding kaca.

Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id