Cara Aman Saat Bersihkah Rumah, Jangan Sampai Jadi Penyakit

Decor | Minggu, 18 Agustus 2019 11:08
Cara Aman Saat Bersihkah Rumah, Jangan Sampai Jadi Penyakit

Reporter : Cynthia Amanda Male

Hindari melakukan hal-hal ini saat bersihkan rumah.

Dream - Menyapu dan mengepel lantai rutinitas penting untuk membersihkan rumah. Selain itu, banyak sekali aktivitas bersih-bersih yang penting dilakukan agar rumah selalu sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Tapi tahukah Sahabat Dream, membersihkan rumah justru bisa berdampak buruk pada kesehatan? Dilansir dari Mirror Online, pakar kebersihan, Ralitsa Prodanova menjelaskan tentang berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan saat membersihkan rumah.

Perempuan yang bekerja di perusahaan jasa kebersihan rumah Fantastic Service itu, menyebutkan beberapa kesalahan saat membersihkan rumah dan berakibat pada kesehatan tubuh. Untuk itu hindari melakukan hal-hal ini saat bersih-bersih rumah.

2 dari 6 halaman

1. Mengikis Jamur Hitam

Tidak ada yang ingin rumahnya dipenuhi jamur. Namun, aktivitas membersihkan jamur dengan cara mengikisnya bisa sangat berbahaya. Jamur hitam, yang tumbuh di tempat-tempat lembap, dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan halusinasi

" Jamur hitam yang biasanya tumbuh di dinding dapat menyebarkan spora ke udara seperti virus yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, peradangan kulit, kelelahan dan mual. Sementara jamur jenis rye ergot bahkan bisa menyebabkan halusinasi," ujar Prodanova.

 

3 dari 6 halaman

Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Untuk mengenyahkan jamur secara aman, Prodanova menyarankan untuk selalu mengenakan masker, sarung tangan karet dan kacamata. Terutama jika ingin mengikisnya hingga bersih.

" Cara efektif mematikan jamur adalah menyiramnya dengan cairan pemutih menggunakan alat semprot. Kemudian tutup dinding berjamur yang sudah disemprot dan biarkan selama 30 menit agar cairan pemutih bekerja. Buka semua jendela agar bau menyengat bisa keluar. Setelah itu buka penutup dan bersihkan dinding hingga bersih," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

2. Jarang Membersihkan Peralatan Olahraga

Sebagian besar orang sangat malas atau jarang sekali membersihkan peralatan olahraga mereka, mulai dari dumbbells hingga matras yoga. Padahal, meski terlihat bersih, ada banyak kuman yang menempel di sana.

Banyak penelitian tentang kuman yang mengatakan bahwa peralatan olahraga mengandung lebih banyak kuman daripada toilet. Beberapa kuman tersebut dapat menyebabkan bisul, eksim susu, jerawat dan rosacea. Bahkan ada kuman super yang ditakuti bernama MRSA atau methicilin-resistant Staphylococcus aureus.

MRSA adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang sudah tidak mempan lagi terhadap banyak jenis antibiotik. " Peralatan olahraga mungkin sering terlewatkan dalam rutinitas membersihkan rumah. Padahal, peralatan orang perlu dibersihkan dan disemprot secara teratur," kata Prodanova.

5 dari 6 halaman

3. Mencampur Produk Pembersih Rumah Tangga Sembarangan

Kita sering membeli dan menggunakan produk pembersih rumah dari berbagai merek. Padahal, mencampur produk pembersih rumah saat menggunakannya untuk membersihkan barang perabotan bisa sangat berbahaya. Mengingat masing-masing produk mengandung bahan kimia.

Bahan kimia pembersih rumah tangga sebenarnya sudah berbahaya dan jadi lebih berbahaya lagi jika dicampur dalam penggunaannya. Pemutih dan pembersih berbasis amonia apa pun sangat dilarang.

" Karena berpotensi dapat menghasilkan gas beracun yang terbukti mematikan dalam beberapa situasi. Sementara itu, pemutih dan cuka juga bisa melepaskan gas yang bisa mengotori saluran udara," imbuhnya.

6 dari 6 halaman

4. Langsung Merapikan Tempat Tidur

Selama ini kita diajari untuk langsung merapikan tempat tidur saat bangun pagi. Padahal hal ini justru menimbulkan masalah kesehatan. Prodanova menyarankan untuk membiarkan tempat tidur seperti apa adanya begitu bangun pagi. Hanya selimut yang perlu diangkat dari tempat tidur.

" Angkat selimut dari tempat tidur dan biarkan kasur bernapas. Tungau dan debu menyukai kehangatan dan kelembapan, itulah sebabnya mereka menyukai tempat tidur yang langsung dirapikan karena selalu hangat," kata Prodanova.

Hal yang menjadi masalah kesehatan terkait tempat tidur adalah kotoran mikroskopis tungau dan kutu. Kotoran tersebut bisa memicu asma, eksim, bersin, pilek, mata merah, dan gatal.

Jika membiarkan tempat tidur tanpa dirapikan setiap pagi, kamu secara tidak sadar memaparkannya ke udara yang dingin. Ini akan menyebabkan tungau dan kutu lainnya mengalami dehidrasi dan mati.

" Cara lainnya adalah mencuci perlengkapan tempat tidur seminggu sekali dengan air panas, sambil membersihkan tempat tidur menggunakan mesin penyedot debu," kata Prodanova.

Join Dream.co.id