Cara Aman bersihkan 3 Alat Elektronik di Rumah

Decor | Jumat, 25 Juni 2021 12:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Biasanya, barang elektronik dipenuhi debu dan terdapat banyak bercak jari.

Dream - Membersihkan barang elektronik penting dilakukan secara rutin. Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang, karena virus bisa menempel di mana saja termasuk pada barang elektronik di rumah.

Biasanya, barang elektronik dipenuhi debu dan terdapat banya bercak jari yang berminyak. Tanpa disadari, bakteri dan virus berkembang biak di sana dan bisa memicu masalah kesehatan pada anggota keluarga.

Untuk itu, lakukan pembersihan rutin pada barang-barang berikut. Bingung caranya? Ikuti saja panduannya.

1. Laptop dan komputer
Pertama, matikan komputer dan cabut kabelnya. Balikkan laptop atau keyboard dan goyangkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Letakkan kembali dan tiup-tiup dengan semprotan angin bertekanan tinggi yang banyak dijual di pasaran.

Oleskan sedikit alkohol gosok ke kain serat mikro dan seka di sekitar keyboard. Oleskan juga alkohol gosok ke layar dan seka dengan kain. Untuk membersihkan layar seka layar ke arah bawah agar terhindar dari goresan.

2. Membersihkan televisi
Sedot debu yang terkumpul di bagian belakang TV. Ambil sedikit alkohol gosok dan oleskan ke kain mikrofiber, lalu seka layar dengan lembut untuk menghilangkan noda. Lap kembali dengan kain yang lembut untuk menghindari goresan

Untuk remote TV, goyang-goyangkan untuk menghilangkan debu Gosok remote dengan kain serat mikro. Ulangi jika sangat kotor.

3. Kulkas
Keluarkan semua makanan dan minuman. Buang segera bahan makanan yang sudah tak layak konsumsi. Copot rak dalam kulkas dan cuci dengan sabun serta bilas hingga bersih. Biasanya banyak noda lengket bekas tumpahan makanan dan minuman. Pastikan seluruhnya bersih baru pasang rak kembali. BErsihkan juga pintu kulkas terutama bagian pegangan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Cara Aman bersihkan 3 Alat Elektronik di Rumah
Membersihkan Laptop/ Shutterstock
2 dari 7 halaman

Penataan Interior yang Bikin Rumah Mudah Dibersihkan

Dream - Biasanya, kita merancang dan mendekorasi rumah kita agar sesuai dengan selera. Lalu kemudian pilihan dekorasi tersebut menentukan rutinitas pembersihan kita. Bila menaruh rak terbuka, kita perlu membersihkan setiap hari.

Begitu pun meja besar dan sofa yang tebal, pastinya pembersihan harus dilakukan secara rutin. Bagaimana jika sebelum menentukan furnitur dan interior, kita pertimbangkan dulu yang mudah dibersihkan.

Jika tujuan Sahabat Dream adalah rumah dengan perawatan rendah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dibersihkan, berikut adalah pilihan dekorasi yang layak dipertimbangkan.

Pilih Furnitur yang Ditinggikan
Saat berbelanja sofa, meja samping, dan semua jenis furnitur, cari yang ditinggikan dengan kaki. Termasuk lemari yang menempel langsung ke dinding cari yag memiliki kaki. Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah menyedot atau menyapu bagian bawahnya. Untuk rutinitas pembersihan, belilah penyedot debu robotik yang dapat melakukan semua pembersihan secara praktis.

Pilih Paint Finish yang Tepat
Jika memiliki hewan peliharaan atau anak kecil yang suka mengotori di dinding, hindari lapisan cat matte. Sebaliknya, pilih cat yang paling halus dan paling berkilau yang akan terlihat bagus — biasanya semi-gloss. Pada permukaan yang mengkilap ini, kotoran bisa lebih mudah dibersihkan.

 

3 dari 7 halaman

Sofa dan Jenis Rak

Pilih Sofa Tahan Lama
Saat mencari sofa yang mudah dibersihkan, pelapisnya membuat perbedaan. Bahan kulit mudah dibersihkan. Pastikan untuk segera menyedot tumpahan dan lakukan deep cleaning satu kali setahun.

Jika lebih suka sofa kain, carilah yang memiliki perawatan antinoda atau serat mikro tahan noda. Jika tidak, pilih sofa dengan cover pelindung, sehingga covernya bisa dengan mudah dibersihkan di mesin cuci. Pertimbangkan bahwa warna yang lebih gelap akan menyembunyikan noda dengan lebih baik.

Hindari rak terbuka
Rak terbuka memang tampak sedap dipandang apalagi difoto dan diunggah di Instagram. Kenyataannya, rak terbuka ini wajib rutin dibersihkan, karena kalau tidak sebunya akan menumpuk dan sangat menggangu. Tidak praktis jika kamu bukan tipe orang yang suka bersih-bersih. Lebih baik gunakan lemari kaca depan sehingga dapat memamerkan barang-barang favorit sambil menjaganya tetap bebas debu.

4 dari 7 halaman

Demi Keamanan, Cek Rutin Kabel yang Menempel di Furnitur

Dream - Sistem listrik di rumah seringkali tak diatur dengan baik. Terutama kabel-kabel yang dibiarkan menumpuk dan menempel pada furnitur. Kelistrikan di rumah idealnya diperiksa secara rutin.

Terutama jika penggunaannya sudah lebih dari lima tahun atau pernah mengalami korsleting. Salah satu yang wajib diwaspadai adalah, kabel daya yang bersentuhan dengan furnitur.

Kabel dan aliran listrik ini bisa mengakibatkan kecelakaan dan kebakaran yang serius. Umumnya, kita menempatkan kabel listrik di belakang furnitur atau ditutup rapat untuk menyembunyikannya karena tampak membuat ruangan berantakan.

Hal ini ternyata berbahaya. Misalnya televisi tua dengan kabel listrik yang rusak. Kontak dengan furnitur kayu dapat menyebabkan sengatan listrik. Kita tidak pernah tahu kapan sebuah alat bisa menjadi terlalu panas dan menyebabkan kecelakaan.

 

5 dari 7 halaman

Ganti Secara Rutin

Untuk pemeriksaan wajib dilakukan secara rutin. Pastikan kabel lawas diganti dengan yang baru, terutama yang sudah mengelupas. Termasuk stop kontak dan tombol serta rumah kabel yang digunakan.

Perhatikan juga furnitur logam yang bersentuhan dengan kabel telanjang dapat menghantarkan listrik. Kita biasanya tidak menyadari bahaya semacam ini. Furnitur logam biasa ditemukan di furnitur televisi, lampu meja, dan masih banyak lagi.

Pada lintasan kabel sebaiknya hindari menaruh terlalu banyak dekorasi atau furnitur yang padat. Hal ini agar kondisinya bisa terpantau dengan jelas, jika ada kerusakan atau pengelupasan bisa segera diperbaiki.

6 dari 7 halaman

Rumah Aman Bagi Buah Hati, Perhatikan Hal Ini

Dream - Selama pandemi, anak-anak jadi lebih banyak bermain di rumah. Penting untuk memastikan anak selalu aman saat bermain dan belajar di rumah. Tata rumah agar ramah bagi anak.

Kenyamanan orang dewasa dalam rumah memang harus diperhatikan, tapi kebutuhan dan keamanan bagi anak-anak tak boleh dilupakan. Demi menjaga agar rumah selalu aman bagi buah hati, pastikan ada perlengkapan berikut.

1. Alas empuk
Sebisa mungkin tempatkan karpet empuk di area yang paling sering digunakan anak. Anak cenderung sangat aktif, jik alas kurang empuk mereka akan mudah terbentur lantai yang bisa membuat cedera. Dengan alas yang empuk anak pun jadi bisa bermain dengan nyaman dan aman.

2. Lemari terkunci
Guna menjaga barang-barang tetap aman, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Salah satu trik yang dapat diterapkan dengan mengunci lemari di dapur dan penyimpanan. Anak-anak biasanya penuh rasa penasaran dan selalu ingin membuka pintu lemari. Jangan sampai saat membuka lemari anak tertimpa benda berat yang bisa membahayakannya.

 

7 dari 7 halaman

Furnitur Halus

3. Kamera pengawas
Salah satu cara untuk mengawasi anak-anak saat kita sibuk di dapur atau melaksanakan pekerjaan rumah lain adalah dengan memasang kamera pengawas. Langkah ini memungkinkan kita untuk melihat pergerakan buah hati.

4. Pilih furnitur halus
Hindari memilih furnitur berujung yang tajam. Lebih baik pilih furnitur bulat, seperti perabotan halus dan tepian lembut. Pilihannya dapat menempatkan sofa, meja bundar hingga bantal.


Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id