Bukan Kaca, Bahan Atap Kanopi yang Bisa Bikin Lebih Sejuk

Decor | Rabu, 22 September 2021 08:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa dijadikan pilihan alternatif.

Dream - Garasi atau teras rumah biasanya dibiarkan semi terbuka. Untuk melindungi dari hujan dan panas tapi tetap mendapat sinar matahari, atap kaca biasanya jadi andalan untuk kanopi.

Sayangnya, atap kaca untuk kanopi memiliki kekurangan. Salah satunya adalah panas matahari masih tembus dan membuat orang yang berteduh di bawahnya tetap terasa sengatan yang terik.

Sebagai alternatif, sebenarnya ada material lain untuk bahan kanopi, yaitu solarflat. Sebuah video di akun Tiktok @herlin.custom, menunjukkan pengaplikasian atap ini.

" Jangan pakai kanopi kaca, pakai solarflatt saja, panasnya gak tembus langsung," tulis keterangan dalam video tersebut.

 

@herlin.custom

barangkali lewat 😭😭😭

♬ STAY - The Kid LAROI & Justin Bieber

 

Bukan Kaca, Bahan Atap Kanopi yang Bisa Bikin Lebih Sejuk
Kanopi/ Foto: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Apa itu Solarflat?

Atap SolarFlat, dikutip dari Instagram @appasco_indonesia adalah salah satu jenis atap dengan bahan polikarbonat. Perbedaan atap SolarFlat dengan atap Polikarbonat biasanya ada pada tingkat kejelasannya.

Kejelasan (clarity) dari atap solarflat bernilai hampir 100%. Selain itu juga relatif lebih kuat terhadap benturan dan mudah dibentuk. Tingkat Clarity yang tinggi menjadikan bahan ini banyak digunakan sebagai atap Skylight.

Penerangan alami yang dihasilkan dari sinar matahari membuat area tutupan di bawahnya menjadi lebih natural dibanding dengan cahaya buatan seperti lampu. Bahan ini dapat direkomendasikan untuk area dinding rumah dan kantor. Selain itu, juga dilengkapi dengan pelindung UV dan tidak berjamur serta antibocor.

Mungkin bisa jadi alternatif pilihan untuk teras atau garasi rumah, Sahabat Dream.

3 dari 4 halaman

Ide Atap Buka Tutup Praktis Bikin Rumah Segar

Dream - Bagian teras atau yang berbatasan langsung dengan bagian luar seringkali kita tutup dengan atap permanen. Atap itu memang bisa melindungi dari panas dan hujan. Sebenarnya ada cara alternatif untuk membuat atap, yaitu buka tutup.

Seperti inspirasi dari akun Instagram @evieninon. Lewat video, ia memperlihatkan area lantai dua rumahnya dan ruang mencuci. Bagian atapnya yang terbuat dari material fiber dan kayu dibuat bisa dibuka dan ditutup.

Saat siang atap dibuka dan ketika hujan atau gerimis dan malam ditutup. Atap ini membuat sirkulasi udara berjalan lebih maksimal. Begitu juga penerangan karena sinar matahari bisa masuk.

Untuk menutup dan membuka terdapat semacam tali penggerak yang cukup dibuka dan ditarik. Cukup simpel dan bisa diterapkan di rumah.

 Atap buka tutup© @evieninon

" Yang sederhana ini ada di #lantaiduaninon siang malam selalu terbuka, kecuali gerimis atau hujan. Jasanya geday nih, menerangi dan membuat sirkukasi udara selalu segar di #laundryninon #musholaninon #ruangmakanninon #coffeebarninon dan #dapurninon," tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Lihat Video Atap Buka Tutup

Atap ini memang cukup fungsional. Menurut @evieninon kelemahan atap ini adalah jika lupa ditutup saat hujan maka akan membasahi bagian rumah. Untuk itu, jangan sampai lupa. Lihat videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by 𝓔𝓿𝓲𝒆 𝓒𝓱𝓪𝓶𝓲𝓭 (@evieninon)

Terkait
Join Dream.co.id