Buat Area Penyimpanan Makanan Tertata Rapi dan Bersih

Decor | Rabu, 8 Juli 2020 14:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai stok makanan berantakan, terbuka dan rasanya rusak.

Dream - Stok camilan dan makanan selama karantina di rumah mungkin lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini karena sebisa mungkin kita meminimalisir belanja ke luar rumah. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak stok makanan, pastikan menyimpannya dengan rapi.

Jangan sampai stok makanan berantakan, terbuka dan rasanya rusak. Menyimpan stok makanan dengan bersih dan rapi akan membuatnya jadi lebih awet. Ada beberapa trik mudah yang bisa diterapkan. Yuk simak.

Area khusus
Sediakan rak/ laci atau sudut khusus untuk menaruh berbagai makanan. Taruh penjepit kertas, kotak penyimpanan plastik atau plastik pembungkus. Selalu taruh makanan kering dalam kemasan/ camilan di sudut tersebut. Mempertahankan segala sesuatu di satu area akan membuat lebih rapi dan efisien.

 

Buat Area Penyimpanan Makanan Tertata Rapi dan Bersih
Food Storage (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Kemasan yang Tertutup dan Tisu

Singkirkan kemasan besar
Kotak kemasan asli biasanya berupa kardus besar dan makan tempat. Jika memungkinkan selalu buang kotak tersebut dan masukkan makanan dalam wadah yang memiliki tutup rapat. Hal ini akan membuat penyimpanan jadi lebih rapi.

Sediakan tisu
Seringkali saat mengambil makanan kering ada yang tercecer dan berantakan. Untuk itu, tak jauh dari area penyimpanan, sediakan tisur agar lebih mudah dibersihkan dan bisa dirapikan segar. Ingat, makanan yang tumpah akan dengan mudah memicu munculnya semut dan kecoa.

3 dari 7 halaman

Penting Dilakukan Sebelum Beli Lemari Penyimpanan Baru

Dream - Keinginan membeli lemari, drawer atau membuat rak baru biasanya langsung muncul saat melihat barang-barang tak tertata rapi di rumah. Lemari tersebut nantinya akan dijadikan tempat penyimpanan barang agar tertutup dan lebih rapi.

Sebelum melakukannya ada hal yang penting untuk dilakukan, yaitu melakukan sortir. Hindari membeli lemari atau penyimpanan baru jika belum melakukan sortir.

" Setelah melakukan sortir barang, terutama menyingkirkan barang yang tak lagi digunakan biasanya akan ada ruang penyimpanan yang lebih besar. Hal itu bisa dimanfaatkan dengan baik," kata Gemma Lily, seorang pakar pengaturan rumah seperti dikutip dari Ideal Home.

 

4 dari 7 halaman

Tidak Efektif

Membeli lemari baru hanya untuk barang-barang yang berserakan, sangat tidak efektif jika belum melakukan sortir. Malah justru akan membuang biaya yang sebenarnya tak perlu.

" Kita hanya membeli lemari untuk barang yang tak lagi digunakan, untuk apa?," kata Lily.

Untuk itu, bongkar dulu isi lemari penyimpanan. Singkirkan barang mana yang tak lagi digunakan. Jika memang area di lemari cukup, taruh barang-barang tersebut, jika kurang sesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan.

" Terlalu banyak lemari atau penyimpanan akan membuat rumah malah terasa sempit, jadi pertimbangkanlah secara efektif," pesan Lily.

5 dari 7 halaman

Buat Penyimpanan Efektif untuk Ruangan Mungil

Dream - Memiliki rumah mungil kita tentunya harus berpikir kreatif. Yaitu membuat seluruh barang bisa tersimpan dengan baik, meskipun tempat yang tersedia sangat terbatas.

Demi menaruh barang agar tidak berkesan berantakan dan sumpek, Sahabat Dream bisa menerapkan trik-trik tertentu. Cara ini sangat adaptif untuk ruangan yang tak terlalu lebar.

Kuncinya adalah penempatan yang pas dan barang-barang fungsional. Simak ide-ide penyimpanan efektif untuk area mungil berikut.

Selalu terapkan konsep vertikal
Penyimpanan horisontal memang lebih mudah diakses, tapi akan sangat memakan tempat. Untuk itu selalu cari model penyimpanan vertikal. Bisa berupa gantungan memanjang, rak dinding, atau model penyimpanan kain yang bisa digulung. Manfaatkan juga area langit-langit atau atas lemari.

 

6 dari 7 halaman

Manfaatkan kamar mandi

Area kamar mandi juga bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan produk-produk sehari-hari. Seperti sabun, sampo, alat bersih dan barang lain yang aman jika disimpan di kamar mandi. Caranya, buat rak dengan material yang cukup kuat di dinding-dindingnya.

Simpan saja barang kebutuhan di rak tersebut. Area lain di luar kamar mandi pun bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang lain.

 

7 dari 7 halaman

Penyimpanan terbuka

Pintu dan laci yang tertutup bukan satu-satunya cara untuk menyimpan barang secara efektif. Ruang yang lebih kecil mungkin perlu menggunakan tempat yang terlihat jelas.

Pertimbangkan untuk mengelompokkan barang-barang dengan ukuran yang sama dan simpan di rak terbuka. Bisa berupa rak kayu yang ditempel di dinding. Penyimpanan simpel yang ditempel di samping lemari atau wadah-wadah transparan. Hal ini akan mempermudah saat pencarian.

Join Dream.co.id