Bikin Taman Kering Simpel, Biayanya Hanya Rp500 Ribu

Decor | Kamis, 25 November 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin Sahabat Dream juga ingin membuatnya di rumah.

Dream - Memiliki sedikit area taman, baik di depan, samping atau dalam rumah bisa ditata jadi sudut yang asri. Terutama bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman dan ingin memiliki area khusus untuk menaruhnya.

Sebuah ide seru dibagikan akun TikTok @liyatsabitah. Ia membuat taman kering sendiri di bagian dalam rumah yang memiliki atap terbuka. Untuk membuat taman tersebut, menurutnya hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp530.000.

Sahabat Dream mungkin ingin membuatnya di rumah? Yuk cari tahu detailnya. Awalnya, ia membeli pasir, batu kecil dan besar dan paranet. Langkah pertama, tanah yang sudah diratakan ditaburi dengan pasir dan ratakan.

 Taman kering dengan paranet© TikTok @liyatsabitah

Langkah kedua setelah pasir rata, lapisi dengan paranet. Rapikan ujung-ujungnya. Terakhir, baru taburi batu. Campur antara batu besar dan baru kecil. Bisa batu hitam atau putih, sesuai selera.

 

Bikin Taman Kering Simpel, Biayanya Hanya Rp500 Ribu
TikTok @liyatsabitah
2 dari 6 halaman

Video Membuat Taman Kering Low Budget

Baru setelah itu taruh berbagai pot yang berisi tanaman. Cukup mudah bukan? Untuk tahui detail biaya yang dikeluarkan, lihat videonya berikut.

 

@liyatsabitah Buat taman kering sendiri check!!😋 ternyata gampang banget guys hehe #tiktokdecor #fyp ♬ 使ってくれたらいいね誰でも使ってください - yura.☕️🤍
3 dari 6 halaman

Viral Ide Rooftop Taman Kering, Bisa Jadi Inspirasi

Dream - Sahabat Dream memiliki area atap di rumah yang dibiarkan kosong? Jika iya, bagaimana kalau memanfaatkannya jadi area rooftop untuk bersantai. Bisa juga untuk foto-foto dan menjadi Instagramable.

Seperti inspirasi yang dibagikan oleh akun Instagram @hauzz_of_dyla. Sang pemilik akun membagikan foto sebelum dan sesudah area rooftop di rumahnya. Sebelumnya hanya berupa area kosong yang dilapisi semen seadanya.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Ia pun terinspirasi desain-desain cafe yang memiliki taman kering. Luasnya 5x4 meter, dengan lorong 6x1.5. Dibuatlah kotak tanaman di bagian samping dan ditaruh tanaman Kaktus serta Calathea Lutea.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Lebar kotak tanaman tersebuat 40 cm. Agar tampak romantis saat malam dan terang tentunya, dilengkapi dengan lampu sorot LED dan lampu LED tanam. 

4 dari 6 halaman

Batu coral putih

Bagian lantainya ditaruh rumput sintetis yang dengan ukuran 5x2 meter. Untuk menambah kesan natural dan asli, ditambahkan juga batu coral putih.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Cukup simpel, tapi sangat nyaman, bukan? Lihat detailnya di sini.

5 dari 6 halaman

Ide Unik Taman Kering Bawah Tangga dari Arsitek Klaten

Dream - Area bawah tangga seringkali membuat bingung pemilik rumah. Terkadang dijadikan area penyimpanan, tapi tampak berantakan dan tak efisien. Ada juga yang memanfaatkannya menjadi kolam ikan dalm rumah agar terasa asri.

Bagi yang memiliki balita, kolam ikan bukanlah pilihan aman. Tak heran kalau sudut bawah tangga ini kerap disebut dead space, karena seringkali kehabisan ide untuk menata dan menjadikannya lebih fungsional.

Tymar Nurhasan, seorang arsitek yang berbasis di Klaten dan founder MTR Architect membagikan pengalamannya merancang area bawah tangga jadi taman kering.

 Taman kering© instagram @tymar_nurhasan.

" Hendaknya setiap sudut ruangan mampu menjadi elemen dekoratif. Ruang kosong dibawah tangga salah satu dead space yang seringkali membuat gemas. Awalnya ruang bawah tangga difungsikan sebagai kolam ikan koi. Kami mencoba menawarkan ide dengan tema yang kontras, mulanya dengan tema air ke tema desert," tulis Tymar di akun Instagramnya @tymar_nurhasan.

 

6 dari 6 halaman

Praktis nan Estetik

Area bawah tangga tersebut lalu dibuat taman kering. Ditaruh beberapa tanaman kaktus, lalu dipercantik dengan bebatuan berwarna putih.

 Taman kaktus© Instagram @tymar_nurhasan

" Pemilihan tema desert menggunakan elemen utama kaktus dan batu. Kaktus mempunyai sifat tidak membutuhkan banyak air dan memerlukan cahaya matahari cukup," ungkap Tymar.

Hasilnya sangat menarik dan unik. Sudut bawah tangga tetap terlihat apik dan asri. Mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream yang sedang ingin menata rumah, khususnya di area bawah tangga.

Terkait
Join Dream.co.id