Bikin Taman Kering Bernuansa Zen, Cari Tahu Biayanya

Decor | Jumat, 13 Mei 2022 11:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Sedang tren membuat taman kering di dalam rumah.

Dream - Sedang tren membuat taman kering di dalam rumah. Bukan dengan banyak tanaman tapi cukup dengan satu pohon berukuran besar yang dikelilingi dengan pasir dan bebatuan.

Desain taman ini memang cukup simpel dan terinspirasi dari konsep Zen khas Jepang. Salah satu yang menerapkannya adalah pemilik akun TikTok @braynathanael. Lewat video yang diunggah, ia memaparkan detail material untuk membuat taman kering.

Material yang digunakannya antara lain, paranet, pasir malang, rumput sintetis, batu kali ukuran besar dan kecil juga batu Italia. Sementara tanaman besar yang dipilihnya adalah Cemara Udang.

 Paranet© TikTok @braynathanael.

Sebagai langkah awal, Cemara Udang ditanam dulu pada tanah. Tanah merah kemudian ditutup paranet, lalu dilapisi dengan pasir malang. Rumput sintentis digunakan untuk menutupi tanah di dekitar batang dan akar tanaman.

Bikin Taman Kering Bernuansa Zen, Cari Tahu Biayanya
TikTok @braynathanael
2 dari 5 halaman

Detail Biaya

Baru kemudian permukaan lahan ditutupi dengan batu Italia yang berwarna putih bersih. Batu kali besar ditaruh di sudut, dan batu kerikil kecil dutempatkan mengelilingi pohon Cemara.

 Taman kering© TikTok @braynathanael

Berapa total biaya yang dikeluarkan? Sekitar Rp3,5 juta, berikut rincian biaya dalam video yang dituliskan Bryan.

Paranet Rp8.000
Pasir Malang Rp110.000
Rumput sintetis Rp140.000
Batu Italia Rp1.700.000
Batu kali gede Rp150.000
Batu kali kecil Rp50.000
Cemara udang Rp1.400.000

Lihat video detailnya di sini.

 

3 dari 5 halaman

Desain Taman Kering Minim Perawatan, Tak Perlu Potong Rumput!

Dream - Memiliki taman mungil di samping atau dalam rumah, jadi oase tersendiri. Terutama jika Sahabat Dream suka dengan banyak cahaya alamai dan udara segar.

Taman identik dengan rerumputan hijau atau tanaman lebat, tapi untuk mendapatkannya dibutuhkan perawatan yang sering. Jika tidak, rerumputan akan mudah kering dan tanaman akan mati.

Sebenarnya ada model taman lain yang kini sedang banyak disukai, yaitu taman kering. Tak mengandalkan rumput sebagai penutup lahan, tetapi bebatuan. Tanaman yang dipilih pun yang perawatannya tak sulit dan cukup ditaruh di pot-pot berukuran sedang dan mungil.

Seperti ide yang dibagikan akun Instagram @dirumah.ps. Sang pemilik akun, membagikan sudut rumahnya berupa taman kering di area koridor rumahnya.

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.

" Pengen punya taman tapi lahan rumah terbatas..Pengen punya taman tapi ga punya banyak waktu buat ngurusin tanaman, apalagi motong rumput.. Pengen punya taman tapi ga suka becek kalo hujan..Lihat inspirasi koridor dan patio (taman kering) ala Rumah PS yuk!,"  tulisnya.

 

4 dari 5 halaman

Coba Terapkan Hal Ini

Ada beberapa trik yang ia bagikan untuk membuat taman kering di samping rumah. Apa saja?

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.


1. Gunakan pintu kacca yang menghadap ke arah koridor/ patio untuk kesan lebih luas

2. Jika ada area cukup, tanam pohon yang tak terlalu besar untuk memberikan suasana segar dan sejuk

3. Untuk kesan yang natural dan tropis, lantai koridor menggunakan kayu ulin Kalimatan yang tahan panas, hujan dan rayap

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.

4. Penggunaan batu split dapat mempermudah maintanance dibandingkan dengan penggunaan rumput hidup atau batu koral putih

5. Jangan lupa letakkan tanaman hijau dalam pot utuk menghidupkan area agar tak terlalu kaku

5 dari 5 halaman

Lihat Video Detailnya

      View this post on Instagram

A post shared by Rumah PS // PS home (@dirumah.ps)

Terkait
Join Dream.co.id