Bikin Si Kecil Sibuk dan Kreatif, Coba Buat Playroom di Sudut Rumah

Decor | Sabtu, 25 September 2021 10:28

Reporter : Mutia Nugraheni

Anak-anak pasti akan menyukainya.

Dream - Pandemi membuat anak-anak tak bisa bermain di luar rumah, baik di taman, playground atau pusat permainan lainnya. Padahal anak membutuhkan banyak stimulasi fisik dan kognitif lewat permainan agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

Sebagai solusi, mungkin ayah bunda bisa membuat sudut main di rumah atau playroom. Saat kita sedang bekerja, anak-anak bisa di sudut tersebut bermain sesuka hati dan tetap dalam pengawasan.

Coba terapkan langkah-langkah berikut untuk membuat ruang bermain yang bisa membangkitkan kreativitas anak, dan membuatnya selalu sibuk tak mudah bosan. Yuk, simak.

Bagilah ruangan menjadi berbagai zona
Kita semua tahu bahwa anak-anak mudah bosan. Normal bagi mereka untuk tidak bisa fokus pada satu hal untuk waktu yang lama. Itu juga mengapa anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengumpulkan mainan dan memisahkannya daripada bermain dengannya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan membagi ruang bermain menjadi berbagai zona. Dengan melakukan itu, dan memiliki tema yang berbeda di masing-masing, anak dapat beralih antar area tanpa bosan.

Apa yang dimasukkan di tiap zona akan tergantung pada apa yang disukai anak-anak Anda. Beberapa ide ruang bermain yang lebih umum mencakup hal-hal seperti sudut baca, area teka-teki, sudut masak-makasan, atau hanya koper dengan pakaian yang bisa mereka kenakan.

 

Bikin Si Kecil Sibuk dan Kreatif, Coba Buat Playroom di Sudut Rumah
Playroom/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Meja, Kursi, Mainan Balok

Balok susun untuk meningkatkan kreativitas mereka
Permainan balok atau benda yang bisa disusun beragam bentuk, salah satu mainan yang penting untuk ditaruh di sudut bermain. Mereka akan membuat anak-anak terhibur dan sibuk. Pada saat yang sama, anak akan menggunakan kreativitas dan imajinasi mereka untuk membuat objek dan struktur.

Siapkan juga kardus,seprai, selimut, dan tali. Anak pasti akan membandung 'benteng' alias tenda perlindungan mereka sendiri. Sangat menyenangkan.

Meja dan kursi kecil
Terakhir namun tidak kalah pentingnya, setiap ruang bermain harus memiliki meja dan kursi. Pastikan ukurannya pas untuk anak-anak, dan cukup nyaman digunakan.

Meja dan kursi juga akan membantu mengajari anak untuk bersenang-senang dengan cara yang tenang, duduk di satu tempat. Mereka juga dapat menggunakan meja untuk menggambar, bermain dengan tanah liat, atau apa pun.

Sumber: DecorTips

3 dari 6 halaman

Bocah Perempuan Main Restoran di Rumah Bareng Ayah, Lucu Banget!

Dream - Bermain peran atau role play jadi aktivitas seru bagi anak-anak selama di rumah. Permainan ini bisa membuat anak jadi lebih kreatif dan membangkitkan imajinasinya.

Mereka juga bisa belajar berbagai profesi dan peran beragam orang-orang yang ada di sekitar. Untuk membuat permainan ini seru, orangtua butuh turun tangan. Seperti yang dilakukan Mazaya Amania dan ayahnya.

Mereka kerap membuat konten seru yang berisi bermain peran. Salah satunya saat Mazaya berperan sebagai pelayan restoran dan sang ayah menjadi pelanggan yang super galak.

 Instagram @mazayaamania© Instagram @mazayaamania

Bocah yang memiliki 45ribu follower di akun Instagram @mazayaamania ini jadi pelayan gemas. Ia memegang buku catatan dan pensil untuk menulis pesanan.

 

 

4 dari 6 halaman

Video Kocak yang Bikin Kaget

Mazaya sangat menggemaskan saat terkaget mendengar suara ayahnya yang jadi pelayan galak.

"Pelan pelan dong ngomongnya pak, saya kaget loh," kata Mazaya protes.

Komentar pun bermunculan. Seperti dari akun @saiful_muhammad81 yang menulis "Wkwk..sy jga kaget loh nduk cah ayu". Lalu komentar lainnya dari akun @gabyandiniputri yang menulis  "Lucu bner ekspresi nya dek".

Lihat saja videonya, dijamin bikin tertawa.

      View this post on Instagram

A post shared by Mazaya Amania (@mazayaamania)

5 dari 6 halaman

Tora Sudiro 'Battle TikTok' dengan Putri Bungsunya, Super Kocak!

Dream - Aplikasi TikTok cukup menghibur selama di rumah saja saat pandemi. Bisa membuat kita menggerakkan badan dengan suasana seru dan menyenangkan. Seperti yang dilakukan Tora Sudiro dan putri bungsunya, Jenaka.

Jenaka seperti juga banyak anak-anak seusianya suka berjoget dengan aplikasi TikTok. Tampaknya Tora tak mau kalah, ia pun berusaha mengikuti sang putri dengan membuat video TikTok yang sama.

Hasilnya, sungguh kocak. Di video pertama, gerakan Tora sangat kaku. Tentunya tak bisa menandingi keluwesan Jenaka saat menari. Lihat saja video TikTok battle yang diunggah Tora di Instagram.

      View this post on Instagram

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro)

 

 

 

 

6 dari 6 halaman

Video kedua lebih keren

Tak berhenti di video pertama, Tora lalu membuat lagi video battle lainnya. Tampaknya kali ini Tora banyak berlatih sehingga bisa menyesuaikan gerak dan lagu Korea sebagai latar musiknya.

Lihat video Tora dan Jenaka berikut, dijamin bikin senyum.

      View this post on Instagram

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro)

Terkait
Join Dream.co.id