Bikin Kinclong, Ini Cara Tepat Bersihkan Daun Tanaman

Membersihkan daun/ foto: shutterstock
DECOR  |  29 April 2021 10:04

Tumpukan debu pada daun bisa menghambat kesuburan tanaman.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sahabat Dream termasuk orang yang suka mengeoleksi dan merawat tanaman? Jika iya, tentu kita ingin menjaga tanaman selalu sehat dan tumbuh dengan optimal. Ada satu hal yang kerap dilupakan untuk merawat tanaman adalah membersihkan daun secara rutin.

Dilansir dari Smart Garden Guide, cara terbaik membersihkan daun tanaman hias bergantung pada jenis tanaman, jenis daun, dan kotoran pada daun. Berikut beberapa cara membersihkan daun tanaman hias yang bisa diterapkan.

1. Bersihkan dengan kemoceng
Jika hanya ada lapisan debu halus pada daun, segera hilangkan penumpukan ini dengan kemoceng atau produk serupa lainnya. Sikat dedaunan dengan lembut untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin tanpa terlalu keras dan cenderung mematahkan daun dari batang.

Cara ini tidak selalu menghilangkan kotoran tetapi meminimalkan penumpukan pada daun. Selain itu, cara ini juga memudahkan dalam membersihkan daun tanaman hias dalam ruangan secara ekstensif.

2. Seka daun dengan kain
Salah satu cara sederhana selanjutnya adalah menyeka debu dari daun tanaman hias. Cara ini paling cocok untuk tanaman yang tidak terlalu kotor dan memiliki sedikit daun atau daun yang lebih besar.

Metode ini bukanlah pilihan yang efisien untuk tanaman dengan banyak daun yang lebih kecil. Cara ini juga membersihkan daun tanpa meninggalkan bercak air. Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan daun dengan cara ini hanyalah kain dan air hangat. Bisa berupa kain lap, handuk tangan, atau kain mikrofiber, asalkan bahannya cukup lembut untuk mencegah permukaan daun tergores.

 

Selanjutnya : Pakai Kuas atau Celup ke Air
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :