Bersih Sekejap, Bersihkan Crayon di Furnitur Pakai Pasta Gigi

Decor | Sabtu, 23 Oktober 2021 10:30

Reporter : Mutia Nugraheni

Ternyata caranya sangat mudah. Coba yuk!

Dream - Memiliki anak balita yang sedang sangat suka dengan crayon dan spidol, seringkali membuat kondisi rumah jadi seperti kanvas. Berbagai benda dianggapnya bisa diwarnai, termasuk furnitur kayu.

Mungkin Sahabat Dream juga mengalaminya di rumah. Lemari penyimpanan, meja, kursi, penuh dengan coretan crayon atau spidol. Untuk membersihkan dan menghilangkannya memang agak sulit dan seringkali meninggalkan bekas.

Ada trik mudah yang bisa diterapkan dan viral di TikTok, yaitu menggunakan pasta gigi. Seperti yang dibagikan akun @leighsphotogrpahy09. Sang pemilik akun yang bernama Jessica Sedgewick menampilkan lemari putihnya yang penuh coretan buah hatinya.

 Membersihkan crayon© Tiktok

Setelah dia mengambil pasta gigi dan menaruhnya pada permukaan lemari yang penuh coretan. Tak lama setelahnya dengan menggunakan lap, coretan tersebut digosok.

Bersih Sekejap, Bersihkan Crayon di Furnitur Pakai Pasta Gigi
Pasta Gigi/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Lihat Perubahannya

Dalam sekejap, coretan hilang dan lemari bersih kembali. Tentu saja cara ini sangat simpel dan mudah. Bagi Sahabat Dream yang ingin membersihkan furnitur penuh coretan, mungkin bisa mencoba. Berikut videonya.

 

@leighsphotogrpahy09

Toothpaste takes sharpe off things tip for mums with monkey toddlers! #fyp#tip#mums#toddlers#virla

♬ love nwantiti (feat. ElGrande Toto) [North African Remix] - CKay
3 dari 5 halaman

Cara Bersihkan Tembok Lembap yang Terkena Bocoran

Dream - Rembesan air pada tembok tentunya sangat menganggu, kondisi ini bisa terjadi di berbagai sudut di rumah. Bagi Sahabat Dream yang mengalami masalah ini di tembok rumah, tentu sangat menganggu.

Masalah ini tak boleh lama didiamkan karena akan memunculkan aroma tak sedap, jamur dan kelembapan. Bukan hanya tidak nyaman bagi penghuni rumah tapi juga berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, segera atasi masalah bocor dengan beberapa trik berikut yang dikutip dari Diadona.id.

1. Periksa talang dan pipa air
Talang yang dibiarkan bocor atau rusak bisa menjadi jalan masuk air hujan menuju tembok. Segera tambal bagian yang bocor. Jika perlu, gantilah talang atau pipa air yang sudah terlalu tua.

2. Bersihkan jamur
Jika jamur terlanjur muncul di dinding rumah, harus segera membersihkannya agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Jika jamurnya belum terlalu banyak, bisa gunakan cairan cuka yang dicampur air dengan cara menyemprotkannya di area tembok yang terkena jamur. Kemudian sikat hingga jamur terangkat seluruhnya. Jika jamur sudah menyebar cukup banyak, gunakan cairan anti jamur sesuai dengan ketentuan.

 

4 dari 5 halaman

Perhatikan Sirkulasi

3. Oleskan kaporit
Setelah dibersihkan, olesi permukaan dinding dengan kaporit. Kandungan klorin dalam kaporit efektif untuk membasmi jamur. Cat ulang dengan menggunakan produk cat khusus eksterior.

4. Rutin membersihkan tembok
Sebagai pencegahan selanjutnya, juga harus rajin membersihkan dinding tembok, minimal dengan air. Agar dinding rumah terbebas dari jamur dan kotoran yang menumpuk.

5. Perhatikan sirkulasi udara
Tidak hanya di tembok luar rumah, jamur juga bisa tumbuh di dinding dalam rumah yang lembap. Pastikan sirkulasi udara berjalan baik dengan sering membuka pintu dan jendela agar sinar matahari bisa masuk.

Selengkapnya baca di sini.

5 dari 5 halaman

Dinding Kusam dan Kotor, Saatnya Bersihkan dengan 3 Langkah

Dream - Area dinding rumah kerap luput dari perhatian. Seringkali kondisinya sangat kotor dan kusam, padahal lantai begitu bersih. Terutama jika di rumah terdapat banyak anak-anak yang suka menempelkan tangan kotor di dinding.

Cetakan tangan, bekas minuman, tumpukan debu bikin dinding jadi tak sedap dipandang. Nah, ada cara membersihkan dinding tanpa harus merusak catnya. Beberapa alat yang perlu disiapkan adalah spons atau kain, cairan pembersih yang ringan dan tidak memengaruhi warna cat dinding (bisa menggunakan sabun cuci piring), air hangat, dan ember.

1. Tuangkan cairan pembersih ke ember
Setelah bahan dan alat terkumpul, mulailah dengan menuangkan dua hingga tiga tetes cairan pembersih ke dalam ember. Isi ember sebanyak tiga perempat bagian dengan air yang hangat. Hati-hati untuk tidak menambahkan air panas karena dapat mengganggu proses pembersihan dan menghilangkan cat.

2. Gunakan spons atau kain bersih
Selanjutnya, celupkan lap bersih, kain atau spons ke dalam air. Pastikan apa pun yang digunakan untuk membersihkan, hindari kotoran yang berpindah ke dinding. Angkat spons dan peras hingga keadaannya menjadi lembap tidak basah. Lalu, seka bagian dinding yang kotor menggunakan spons atau kain

3. Bilas dengan air bersih
Setelah dinding yang kotor diseka, ganti air di dalam ember dengan air yang baru, lalu bilas spons yang kotor setelah digunakan. Seka ulang dinding untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang masih menempel.

Biarkan dinding mengering dengan sendirinya. Jika ingin mempercepat proses pengeringan, letakkan kipas angin di depan dinding. Lakukan pembersihan dinding dengan teratur. Selain bisa membuat rumah tampak bersih, tapi juga membuatnya jadi lebih sehat.

Sumber: Diadona.id

 

 

Terkait
Join Dream.co.id