Bersih-bersih Rumah Efektif, Perhatikan 3 Hal Ini

Decor | Minggu, 6 Oktober 2019 11:13
Bersih-bersih Rumah Efektif, Perhatikan 3 Hal Ini

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai, maksud ingin membuat tiap sudut rumah menjadi bersih yang terjadi malah tambah kotor.

Dream - Libur akhir pekan bisa jadi saat yang tepat untuk beres-beres dan membersihkan rumah. Kondisi rumah yang sangat berantakan, penuh dengan barang tak berguna serta berdebu jika tak segera dibersihkan bisa jadi sumber penyakit.

Nah, aktivitas bersih-bersih memang sangat penting dilakukan. Pastikan, Sahabat Dream melakukannya dengan benar. Jangan sampai, maksud ingin membuat tiap sudut rumah menjadi bersih yang terjadi malah tambah kotor.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat bersih-bersih. Daripada tak efektif, ketahui 3 hal berikut.

2 dari 7 halaman

Bersihkan alat pembersih

Pastikan alat-alat yang digunakan dalam kondisi bersih. Untuk itu, setelah digunakan segera dibersihkan. Misalnya lap microfiber, segera cuci dan keringkan. Begitu juga sapu yang biasanya banyak menyangkut kotoran seperti rambut dan serat kain.

Dengan alat yang bersih, barang yang dibersihkan pun jadi lebih mengkilap dan bersih tentunya. Bayangkan jika alatnya kotor, kondisinya hanya memindahkan dan menumpuk kotoran semata.

 

3 dari 7 halaman

Gunakan alat/ formula yang tepat

Beberapa alat diciptakan untuk membersihkan permukaan atau area tertentu, begitu juga produk formula pembersih. Pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saat membersihkan kaca, gunakan cairan khusus pembersih kaca.

Lalu saat membersihkan furnitur kayu, gunakan lap microfiber dan cairan pengilap kayu. Hal detail ini kerap kali tak terpikirkan, dan membuat barang di rumah malah terlihat kusam setelah dibersihkan.

 

4 dari 7 halaman

Bersihkan dari Atas ke Bawah

Selalu bersihkan segala sesuatu dari bagian atas ke bawah agar lebih efektif. Hindari membersihkan lantai terlebih dahulu. Lebih baik bersihkan jendela, kabinet atau meja.

Debu dan kotoran tentunya akan turun, baru kemudian sapu lantai lalu pel. Hal ini juga berlaku saat membersihkan kaca, mulailah dari bagian atas. Pasti akan jauh lebih cepat.

Sumber: Real Simple

5 dari 7 halaman

Bersihkan Cermin dengan Cara Tepat Bebas Residu

Dream - Sulit rasanya keluar rumah tanpa bercermin. Pastinya kita akan selalu memeriksa penampilan sebelum beraktivitas ke luar. Penempatan cermin di rumah, memang sebaiknya bukan hanya di kamar tidur tapi juga di area dekat pintu keluar.

Cermin memiliki fungsi penting di rumah. Untuk itu jangan sampai kondisinya kotor penuh debu. Digunakan setiap hari, cermin kerap kali diabaikan kebersihannya. Biasanya kita baru menyadari kondisi cermin yang kotor saat debu yang menumpuk sangat tebal hingga menghitam.

Membersihkan cermin tak semudah yang dipikirkan. Jika salah, bukannya malah bersih justru akan membuat cermin jadi tampak kusam. Nah, jangan sampai salah membersihkan cermin saat di rumah. Sahabat Dream bisa melakukan langkah-langkah berikut.

6 dari 7 halaman

Siapkan Perlengkapan

Bagian tersulit dari membersihkan cermin adalah membersihkan tanpa sisa residu berupa garis. Termasuk sisa cairan pembersih yang mengering dan kadang membuat bintik dan kesan kusam. Sebagai langkah awal, persiapkan dulu perlengkapan penting saat ingin membersihkan cermin.

- Kain microfiber, jangan gunakan koran atau lap biasa
- Formula pembersih cermin
- Semprotan
- Bola kapas
- Alkohol

7 dari 7 halaman

Microfiber

Banyak yang menggunakan koran untuk mengangkat debu dan kotoran di cermin. Pada beberapa kondisi justru menimbulkan goresan dan residu di ujung cermin. Lebih baik gunakan lap microfiber karena mampu menarik dan menjebak debu.

Bersihkan dulu debu-debu dengan lap biasa atau kemoceng. Setelah itu, baru gunakan lap microfiber. Pastikan kondisinya lap dalam keadaan bersih. Lap yang kotor malah akan membuat cermin menjadi kusam.

Saat menggunakan semprotan, pastikan tidak terlalu banyak. Pembersih yang terlalu banyak justru membuat waktu membersihkan semakin lama dan boros. Sangat tak efisien. Semprot dari bagian atas ke bawah, dan bersihkan dulu bagian atas karena debu akan turun.

Untuk noda-noda sisa pembersih atau yang membandel dan tak hilang menggunakan lap microfiber, coba bersihkan dengan alkohol. Tuang alkohol pada kapas dan bersihkan noda tersebut.

Cara ini juga bisa dilakukan saat membersihkan cermin di kamar mandi. Biasanya dipenuhi noda titik air yang sulit hilang jika dibersihkan dengan formula biasa.

Sumber: My Domaine

 

Join Dream.co.id