Awas Lupa, 3 Sudut Rumah yang Sering Tak Dibersihkan

Decor | Selasa, 16 Juni 2020 10:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Selama karantina di rumah, saatnya menjadikan hunian jadi lebih bersih.

Dream - Memasuki ruangan dan mendapati barang kotor, seperti debu yang tebal di meja, piring di bak cuci atau lantai yang lengket, biasanya kita langsung segera membersihkannya. Hal ini karena langsung terlihat mata.

Lalu bagaimana dengan kotoran yang tak terlihat? Luput dari pandangan, kerap kali beberapa sudut di rumah lupa di bersihkan padahal kondisinya juga sangat kotor.

Selama karantina di rumah, saatnya menjadikan hunian jadi lebih bersih. Jangan lupa bersihkan area-area berikut di rumah. Meski tak terlihat mata, pastikan kebersihannya selalu terjaga.

Rangka pintu dan jendela
Bagian ini selelu tertutup tirai atau karena warnanya gelap, kotoran tak terlihat jelas. Untuk itu bersihkan secara teratur. Gunakan lap basah untuk mengangkat debu yang tebal. Baru setelah itu bilas lagi dengan lap bersih agar debu terangkat maksimal.

 

Awas Lupa, 3 Sudut Rumah yang Sering Tak Dibersihkan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Filter dan Ventilasi Udara

Ventilasi di rumah biasanya ditutup jaring tipis. Hal ini agar udara tetap bisa masuk sementara privasi terlindung dan mencegah binatang seperti pengerat masuk. Nah, terdapat banyak kotoran dalam jaring tersebut yang harus dibersihkan secara teratur.

Letaknya yang berada di atas dan tersembunyi, membuat kita tak memperhatikannya. Buat saja jadwal agar pembersihan dilakukan dengan teratur.

 

3 dari 7 halaman

Tanaman dalam rumah

Apakah ada tanaman di dalam rumah? Jika iya pastikan juga membersihkannya secara teratur. Lap dengan lembut daun-daunnya, terutama tumbuhan berdaun lebar. Gunakan kain mikrofiber atau kain lap sekali pakai untuk menyeka setiap daun.

Biasanya, debu akan turun sendiri jika tanaman disiram. Nah, beberapa tanaman tak perlu disiram setiap hari dan hanya perlu disemprot sedikit saja. Saat menyemprot, bersihkan juga debu-debunya.

4 dari 7 halaman

4 Trik Bersihkan Rumah Secara Cepat

Dream - Membersihkan rumah identik dengan waktu beres-beres yang lama dan melelahkan. Sebenarnya tak selalu demikian, jika kita menerapkan beberapa trik.

Rumah kita bisa lebih bersih dalam waktu cepat. Sahabat Dream mungkin kerap membersihkan rumah pada akhir pekan saat libur.

Padahal di momen libur harusnya kita beristirahat. Nah, untuk lebih hemat waktu, tak ada salahnya untuk mencoba empat cara ini.

1. Menjaga segala sesuatunya tetap teratur
Lebih mudah untuk membersihkan rumah jika semuanya ada di tempatnya. Untuk melakukan itu, seluruh anggota keluarga harus terbiasa menyimpan barang pada tempatnya setelah menggunakannya. Setelah makan langsung cuci piring, setelah mandi langsung taruh pakaian di tempat cuci dan gantung handuk.

Dengan menempatkan sembua barang pada tempatnya akan menghemat waktu beres-beres. Kita pun tidak membuang waktu hanya untuk membereskan barang yang tidak pada tempatnya.

 

5 dari 7 halaman

2. Bersihkan debu dengan lap basah

Kamu tidak dapat mencegah debu menumpuk di furnitur atau di sudut rumah. Bahkan jika kita bersihkan setiap hari, debu akan selalu ada. Nah untuk membersihkan debu secara cepat, lakukan dengan lap basah. Bisa juga menggunakan lilin pada furnitur untuk mencegah debu dan partikel lainnya menumpuk terlalu banyak.

 

6 dari 7 halaman

3. Bersihkan jendela secara berkala

Meskipun membersihkan jendela kaca dan cermin cukup memakan waktu, tak perlu dibersihkan sesering mungkin. Lakukan saja satu kali dalam seminggu. Jangan sampai membersihkan satu kalai sebulan karena kotoran akan semakin sulit dibersihkan.

Cara terbaik untuk membersihkan jendela adalah pertama-tama menyeka dengan kain dan air sabun yang hangat. Setelah itu, keringkan dengan koran bekas. Jendela pun bersih dalam sekejap.

 

7 dari 7 halaman

4. Fokus pada pembersihan kamar mandi dan dapur

Membersihkan rumah kita bukan pekerjaan yang rumit, tetapi memang membutuhkan tingkat konsentrasi tertentu. Hal ini terutama berlaku untuk area di mana bakteri ada setiap saat. Tentu saja, kamar mandi dan dapur.

Bila tak punya tenaga dan waktu untuk membersihkan seluruh rumah, ada dua area yang harus diprioritaskan yaitu kamar mandi dan dapur. Bersihkan dulu dua ruangan tersebut. Jika masih ada waktu, baru bersihkan lantai seluruh ruangan. Sapu dan pel agar lantai bersih karena efeknya pada seluruh rumah.

Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id