Asrinya Rumah Berkonsep Stair Tower di Tebet, Lihat Yuk

Decor | Rabu, 28 Oktober 2020 16:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa jadi inspirasi jika Sahabat Dream ingin membuat rumah.

Dream - Sebuah rumah di tengah pemukiman padat di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, tampak menonjol daripada rumah lainnya. Bangunannya sangat tinggi dengan didominasi warna putih.

Rumah yang diberi nama Ster House ini merupakan karya biro arsitek Delution. Mungkin Sahabat Dream pernah mendengar rancangan The Twins House yang memenangkan penghargaan internasional. Rumah tersebut juga dibuat oleh tim dari Delution.

 Ster House
© Delution

Dok: Delution Architect

Untuk rumah Ster House ini merupakan rumah yang menerapkan konsep Stair Tower. Dikutip dari ArchDaily, dalam desain rumah ini klien menginginkan banyak elemen penghijauan, serta ruang yang terasa luas meskipun bangunan akan berdiri di lahan yang terbatas.

 

Asrinya Rumah Berkonsep Stair Tower di Tebet, Lihat Yuk
Ster House/ Dok: Delution Architect
2 dari 6 halaman

Lantai Satu Khusus Mobil

Dengan kebutuhan menampung 2 mobil besar di lantai satu, maka sisa lahan yang bisa digunakan untuk ruang hijau dan ruang lainnya pun berkurang secara signifikan.

Arsitek kemudian menjawab permasalahan tersebut dengan mendesain rumah dengan konsep rumah atas, di mana ruang di lantai satu hanya digunakan untuk carport dan area servis, sedangkan ruang utama ditempatkan di lantai dua dan tiga.

 Ster House
© Delution

Dok: Delution Architect

Konsep desain rumah atas kemudian memunculkan potensi ruang-ruang yang kemudian dikembangkan oleh arsitek menjadi ruang hijau, seperti sisa ruang pada area pintu masuk lantai satu yang kemudian dijadikan taman kecil lengkap dengan ruang berkumpul semi outdoor untuk menerima tamu. Spot hijau di lantai satu juga ditempatkan di area sirkulasi tangga utama yang merupakan satu-satunya akses menuju ruang utama di lantai dua dan tiga.

 

3 dari 6 halaman

Greenwall

Area sirkulasi tangga didesain semi outdoor dengan tanaman rambat greenwall di satu sisi dan pot pohon di area transisi. Greenwall memungkinkan penghuni untuk menikmati suasana hijau dari lantai dua dan tiga rumah.

 Ster House
© Delution

Dok: Delution Architect

Desain tangga semi outdoor juga dibuat bukan tanpa alasan, tetapi dengan pertimbangan perlunya memisahkan akses layanan dan akses utama. Keterbatasan lahan membuat akses pelayanan dan pemisah primer dengan dua jalur yang berbeda menjadi tidak efisien.

 

4 dari 6 halaman

Bukaan Besar

Sementara klien menginginkan jalur asisten rumah tangga tidak mengganggu aktivitas di ruang utama. Arsitek memutuskan untuk memisahkan jalur akses vertikal dengan ruang umum pada umumnya.

 Ster House
© Delution

Dok: Delution Architect

Dari segi tata letak, arsitek membagi ruang komunal dan kamar tidur utama berada di lantai dua. Pada ruang komunal yang bersebelahan dengan akses tangga utama didesain bukaan dengan bukaan kaca besar.

 Ster House
© Delution

Dok: Delution Architect

Hal itu untuk memudahkan pengawasan penghuni rumah ke dalam area sirkulasi utama, sekaligus untuk menikmati pemandangan hijau kawasan greenwall.

Menarik, bukan?
 

5 dari 6 halaman

Arsitektur Rumah di Gang Sempit Jaksel Raih Penghargaan Dunia di New York

Dream - Biro arsitektur DELUTION pada bulan November 2019 lalu, memperkenalkan sebuah proyek hunian minimalis gaya modern dengan sebutan 'The Twins'.

Rumah yang berlokasi di Cipulir, Jakarta Selatan ini, dibangun di atas lahan 70 meter persegi dengan luas bangunan 85 meter persegi di tengah kawasan hunian padat, akses masuk rumah ini hanyalah jalan yang dapat dilewati sepeda motor.

 Arsitektur Rumah di Gang Sempit Jaksel Raih Penghargaan Dunia di New York
© Dream

Melalui proyek rumah 'The Twins' tersebut, para arsitek dari DELUTION berhasil mengharumkan nama bangsa. Mereka baru saja memenangkan Architizer Award 1010 untuk kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice.

Architizer Awards merupakan sebuah ajang penghargaan arsitektur berskala dunia yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS). Pada tahun ini, terdapat 5.000 karya arsitektur yang masuk dari lebih 100 negara di dunia.

Sebelumnya, The Twins karya Delution yang memenangkan kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice dalam penghargaan ini.

Karya mereka bersanding dengan empat karya arsitektur dunia lainnya untuk dipilih secara voting terbuka. Delution sendiri berdiri sejak 2013 dengan nama PT Desain Revolusi Indonesia dengan fokus bisnis konsultan perencanaan arsitektur dan desain interior.

" Kami amat berterima kasih atas dukungan dan voting yang diberikan kepada kami kemarin. Semoga penghargaan ini dapat ikut membawa nama baik arsitektur Indonesia di mata dunia," terang Muhammad Egha, CEO dari Delution, dikutip dari Liputan6.com.

6 dari 6 halaman

Proyek Rumah Dengan Tanah Minim

 Proyek The Twins
© Delusion

(Foto: Fernando Gomulya via Instagram Delusion)

Proyek The Tiwns merupakan jawaban untuk permasalahan luas tanah kecil. Rumah unik yang berada di gang kecil ini sering kali menjadi inspirasi warganet.

Rumah kecil ini secara khusus didesain memiliki dua massa bangunan yang terpisah untuk menjawab kebutuhan penghuni rumah yang merupakan dua keluarga dari sepasang kakak beradik.

Tahapan pembangunan dilakukan dengan menyesuaikan ketersediaan dana dari sang pemilik rumah. Total dana yang dibutuhkan dalam pembangunan ini sebesar Rp400 juta.

Rumah ini juga didesain dengan metode konstruksi konvensional yang dapat dibangun secara mandiri dengan material lokal yang sangat mudah ditemukan.

" Kami berharap rumah ini dapat menjadi sebuah percontohan yang akan menjadi stimulus bagi kemajuan wajah serta kualitas hidup perkampungan kota yang semula terabaikan," kata Egha.

Selanjutnya, The Twins akan dipublikasikan bersama dengan karya pemenang Architizer Awards lainnya dalam sebuah buku kompendium berjudul " Architizer : The World's Best Architecture"  yang diterbitkan oleh Phaidon, sebuah penerbit global untuk seni kreatif dunia.

Buku ini rencananya akan dirilis pada awal 2021 dan akan menjadi sebuah referensi karya arsitektur terbaik dunia. (mut)

 

Join Dream.co.id