Alat Dapur Stainless Steel, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Decor | Minggu, 17 Oktober 2021 10:28

Reporter : Mutia Nugraheni

Pertimbangkan hal ini sebelum membeli.

Dream – Material stainless steel sering jadi pilihan utama dalam memilih perabot dapur. Kondisi perkakas masak dari stainless steel memang cenderung kuat dan tak mudah berkarat.

Hal ini mengingat di dapur selalu terkena panas, air, minyak dan sabun setiap hari. Sebenarnya, alat masak stainless steel juga memiliki beberapa kekurangan.

Ketahui detail kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak.

Tahan lama dan mudah dibersihkan
Seperti namanya, peralatan baja tahan karat juga tahan terhadap bentuk keausan seperti karat, air, atau kerusakan akibat panas. Ron Shimek, dari Mr. Appliance menjelaskan, cukup mudah untuk membersihkan stainless steel.

“ Cukup gunakan kain hangat yang lembap dengan sedikit sabun cuci piring untuk menyeka tumpahan makanan atau mencerahkan bintik-bintik kusam,” jelasnya.

Stainless steel adalah bahan yang tidak berpori sehingga dapat membatasi kuman dan bakteri masuk ke dalam bahan. Dengan demikian, ini menjadi pilihan tepat untuk digunakan anak-anak atau lansia.

 

Alat Dapur Stainless Steel, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
Perkakas Dapur Berbahan Stainless Steel/ Foto: Shutterstock
2 dari 2 halaman

Mudah menyesuaikan dekorasi dapur

Perkakas ini tahan terhadap berbagai masalah termasuk panas, api, dan karat. Lisa Seeger seorang pakar desain di N-Hance menjelaskan, stainless steel juga memiliki beragam perspektif estetika.

“ Desain dan warnanya dan bagus. Kita dapat mengubah warna dinding dan lemari tanpa harus mengganti peralatan,” ujarnya.

Cepat kotor
Penting diingat, stainless steel ini mudah kotor termasuk sidik jari. Meskipun membersihkannya sangat mudah, bahan ini cenderung membutuhkan perawatan yang tinggi.

“ Setiap noda terlihat yang berarti pemilik rumah mungkin harus membersihkan peralatan mereka beberapa kali sehari,” ujar Shimek.

Harganya mahal
Harga mungkin jadi salah satu penghalang saat ingin membeli jenis alat ini. Memang dibandingkan material lain, perkakas masak stainless asli biasanya lebih mahal.

“ Satu hal yang perlu diingat: Investasi awal dapat dimaksimalkan melalui perawatan dan perbaikan yang tepat. Jika memilih untuk membeli stainless steel, jangan tunda perbaikan jika mengalami kerusakan dan berikan perawatan normal saat dibutuhkan," kata Shimek

Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Martha Stewart

Terkait
Join Dream.co.id