5 Tanaman Cantik Mudah Dirawat yang Tahan Panas Matahari

Decor | Selasa, 12 November 2019 10:03
5 Tanaman Cantik Mudah Dirawat yang Tahan Panas Matahari

Reporter : Mutia Nugraheni

Meski terik panas begitu menyengat, tanaman ini bisa menyejukkan suasana rumah.

Dream - Tumbuhan bunga atau yang berdaun cantik jadi pilihan tepat untuk menghias rumah. Mungkin ada sebagian Sahabat Dream yang malas menjadikan tumbuhan untuk mempercantik rumah karena malas merawatnya.

Sebenarnya, ada banyak pilihan tanaman yang penampakannya sangat cantik dengan perawatan yang cenderung tidak sulit. Meski terik panas begitu menyengat, tanaman ini bisa menyejukkan suasana rumah.

Jenis tanaman hias ini bahkan memiliki bunga beraneka warna yang indah. Berikut jenis tanaman hias yang tahan panas matahari, dikutip dari Liputan6.com.

 

2 dari 6 halaman

Kaktus

Kaktus adalah pilihan paling tepat untuk ditanam pada tempat dengan sinar matahari penuh. Tanaman ini juga tak memerlukan perawatan ekstra, karena dapat bertahan hidup dalam kondisi panas dengan sangat sedikit air.

Sahabat Dream bahkan dapat memperoleh kaktus berbunga yang pasti akan menambah lebih banyak warna pada lansekap rumah. Jenis sukulen juga cocok ditanam pada iklim panas. Kebanyakan sukulen dan kaktus membutuhkan banyak cahaya.



3 dari 6 halaman

Bougenvile

Salah satu tanaman terbaik dan paling berwarna yang bisa didapatkan untuk lanskap di iklim panas adalah tanaman Bougenvile. Tanaman ini sangat berwarna-warni dan dianggap ideal sebagai hiasan dinding di halaman. Bunga ini menjadi jenis tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan perawatannya yang mudah.

Bougenvile atau yang kerap disebut bunga kertas sangat tahan kekeringan dan tumbuh subur di hampir semua tanah yang memiliki drainase baik. Bougenville adalah tanaman musim panas berduri yang juga bisa hidup sepanjang musim.

 

4 dari 6 halaman

Euphorbia

Banyak orang menanam Euphorbia sebagai tanaman hias yang unik. Euphorbia adalah salah satu dari beberapa succulents dengan daun asli. Daun muncul di batang yang dipersenjatai dengan duri tajam. Bunganya bisa berwarna merah, pink, oranye, dan kuning. Tanaman ini juga dikenal dengan nama mahkota duri (crown of thorns).

Jika mencari jenis tanaman hias yang tumbuh subur dalam kondisi di sebagian besar rumah cobalah tanaman ini. Euphorbia mudah dikembangkan karena beradaptasi dengan baik terhadap suhu ruangan normal dan di lingkungan dalam ruangan yang kering. Tanaman ini sangat bagus sebagai semak terbuka di iklim hangat, karena sangat toleran terhadap suhu tinggi. Bahkan tanaman ini bisa tumbuh pada lingkungan dengan suhu di atas 32 C.

5 dari 6 halaman

Tabebuia

Tabebuia adalah pohon berbunga sedang hingga kecil yang berasal dari Hindia Barat dan Amerika Selatan dan Tengah. Pohon itu sangat toleran terhadap berbagai kondisi tanah dan iklim panas. Ada lebih dari 100 jenis pohon trompet di genus Tabebuia. Beberapa dapat mencapai tinggi 160 kaki, tetapi sebagian besar adalah pohon yang lebih kecil hanya 25 kaki atau kurang.

Dapat menghasilkan banyak batang atau membentuk batang pemimpin tunggal. Saat berbunga, jenis tanaman hias ini memberi tampilan menarik dengan bunga selebar 1 hingga 4 inci yang menggantung dalam kelompok. Bunga Tabebuia biasanya berwarna kuning cerah. Tanaman ini memiliki toleransi kekeringan tinggi tetapi lebih suka tanah subur dengan drainase yang baik.



6 dari 6 halaman

Adenium (Kamboja Jepang)

Adenium adalah tanaman tropis yang cocok tumbuh dengan sinar matahari penuh. Tanaman ini termasuk dalam jenis sukulen. Semua tanaman sukulen memiliki semacam sistem penyimpanan air, baik itu daun, batang atau akar. Adenium memilik batang yang membengkak untuk menjaga kelembapan saat musim kemarau.

Batang yang gemuk adalah indikator kesehatan tanaman. Batang kurus dapat menunjukkan bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak kelembapan. Jenis tanaman hias ini memiliki perawakan alami yang mirip dengan bonsai. Adenium menjadi tanaman hias yang banyak digemari.

Laporan Anugerah Ayu Sendari/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id