5 Langkah Bersihkan Debu Membandel dengan Efektif

Decor | Jumat, 5 Maret 2021 12:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan biarkan rumah dipenuhi debu yang bisa mengancam kesehatan.

Dream - Membersihkan rumah setiap hari dengan menyapu, mengepel, dan mengelap terkadang masih saja terdapat debu menempel. Debu yang menumpuk pada tiap sisi rumah akan sangat menyebalkan.

Bisa memicu bersin, alergi hingga batuk. Untuk menyingkirkan debu dengan efektif, coba lima langkah berikut. Bersih-bersih debu di rumah memang harus dilakukan secara rutin.

1. Bersihkan dari atas ke bawah
Jika membersihkan debu dari bawah lantai terlebih dahulu, kemudian setelahnya baru dinding atas maka lantai akan berdebu kembali. Cobalah untuk memulai bersih-bersih dari atas, seperti dinding, kipas angin atau AC, baru dilanjutkan ke lantai sehingga debu hilang seluruhnya.

2. Bersihkan seminggu sekali
Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan meja rias, meja makan, bingkai foto, dan lainnya dua kali dalam seminggu. Untuk barang yang mudah tertempel debu seperti karpet, gorden dan lainnya, bersihkanlah dengan vakum seminggu sekali agar debu tidak menumpuk terlalu banyak dan tidak merusak barang.

 

5 Langkah Bersihkan Debu Membandel dengan Efektif
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Lantai Paling Terakhir

3. Gunakan sarung tangan karet
Untuk membersihkan furnitur berlapis kain, guanakan sarung tangan karet saat proses pembersihan. Sarung tangan karet ini memiliki daya listrik statis yang dapat menarik debu, rambut, dan bulu, sehingga lebih mudah terangkat.

4. Gunakan kantong teh
Dengan kantong teh dapat mengkondisikan furnitur kulit yang berdebu menjadi lebih bersih secara lembut. Campurkan setengah cangkir minyak zaitun, 1/4 cangkir teh hitam seduh, dan 1/4 cangkir cuka putih. Larutkan hingga tercampur rata, setelahnya usapkan cairan tersebut ke furnitur dengan kain serat mikro.

5. Akhiri pada lantai
Bersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel setiap minggu. Gunakan dryer sheets agar lebih mudah membesihkan bulu-bulu yang menempel dan menghilangkan kotoran yang melekat.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: MarthaStewart

3 dari 6 halaman

Barang di Rumah yang Harus Sering Dibersihkan Saat WFH

Dream - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat segala aktivitas berpusat di rumah. Anak-anak pun sekolah di rumah. Hal ini membuat kondisi rumah harus dibuat senyaman sesehat mungkin.

Kondisi rumah yang kotor dan berantakan tentunya sangat tidak nyaman untuk ditempati apalagi dengan banyaknya aktivitas yang menguras konsentrasi seperti bekerja dan sekolah. Penting untuk membuat jadwal pembersihan dengan rutin.

Ada beberapa barang dan area di rumah yang harus dibersihkan lebih sering. Apa saja?

Alat makan
Sarapan, makan siang, dan makan malam di rumah. Tentunya cucian piring menumpuk. Sebisa mungkin, lakukan aktivitas cuci piring dua atau tiga kali sehari. Jangan sampai terlalu banyak hingga alat makan tak ada yang bersih saat akan dipakai.

Termasuk dengan gelas dan sendok serta garpu. Bisa juga terapkan aturan agar semua penghuni rumah, wajib membersihkan alat makannya sendiri, jika tak ada asisten rumah tangga. Hal ini juga mengajarkan tanggung jawab pada anak yang sudah besar.

Kamar Mandi
Penggunaan kamar mandi pun jadi lebih sering dari biasanya. Untuk itu pembersihan rutin harus dilakukan. Mulai dari menyikat toilet, dinding hingga lantai kamar mandi.
Kamar mandi yang kotor, penuh jamur dan bau tentunya sangat tidak nyaman digunakan dan bisa mengancam kesehatan.

Lakukan pembersihan minimal dua hari sekali. Sikat lantai dan toilet, serta siram dengan disinfektan agar lebih bersih.

 

4 dari 6 halaman

Jangan Lupa Bersihkan Ini

Laptop dan Keyboard
Setiap hari kita menggunakan laptop untuk bekerja. Begitu juga anak-anak yang sekolah online, baik PC maupun ponselnya juga harus dibersihkan. Bisa dengan menggunakan kuas pembersih, lap berbahan microfiber dan cairan disinfektan yang aman untuk alat elektronik. Idealnya lakukan segera setelah pekerjaan selesai atau anak-anak sudah tak lagi menggunakan PC atau gadget mereka.

Lantai
Saat bekerja dari rumah sepanjang hari, rambut, kotoran, dan debu cenderung menumpuk di lantai. Untuk lebih praktis membersihkan, bisa menggunakan penyedot debu genggam yang lebih kecil. Jangan sampai lantai penuh dengan kotoran dan terasa lengket.

Sumber: BHG

5 dari 6 halaman

Oosouji, Cara Membersihkan Rumah ala Jepang yang Bisa Ditiru

Dream - Awal tahun adalah saat yang tepat untuk bersih-bersih rumah. Di Jepang ada budaya mengosongkan atau membersihkan rumah sebelum tahu dimulai yang dikenal dengan nama Oosouji.

Sebenarnya kapan pun ingin dilakukan, efek membersihkan rumah akan sama. Rumah jadi lebih rapi, nyaman ditempati dan berdampak positif bagi kondisi psikologis. Oosouji sendiri, dikutip dari DecorTips adalah metode pembersihan Jepang kuno yang melibatkan pembersihan fisik dan emosional yang mendalam.

Tujuannya adalah memulai tahun dengan benar dan mengucapkan selamat tinggal pada elemen yang berantakan dan 'beracun'. Ini berfokus padaaspek eksternal individu untuk mengaturnya dan mengosongkan ruang. Idenya adalah bahwa ini pada gilirannya akan membantu Anda mendeklarasikan dunia internal Anda. Alhasil, rencana baru akan lahir di ruang yang bersih dengan ruang untuk tujuan baru.

Oosouji memiliki arti " pembersihan besar-besaran" , dan gagasan dari tradisi Jepang kuno ini adalah untuk menyingkirkan semua beban fisik dan mental untuk memulai tahun dengan energi positif.

 

6 dari 6 halaman

Bagaimana melakukan Oosouji?

Tidak seperti metode Marie Kondo, yang ini sedikit lebih rumit, karena tujuannya adalah untuk membersihkan dan merapikan rumah dari atas ke bawah. Kita memerlukan beberapa hari untuk melakukan ini dan lebih baik jika melakukannya bersama keluarga.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa ini bukan hanya tentang membersihkan tapi juga membiasakan anak untuk hidup bersih. Orang Jepang sangat cermat dalam hal kebersihan dan menanamkan kebiasaan membersihkan pada anak-anak sejak usia dini. Berikut langkah-langkah oosouji:

Dari atas ke bawah
Mulailah selalu dengan membersihkan dari atas ke bawah. Apa artinya ini? Sederhananya, jangan lupa tentang langit-langit dan loteng. Dan turunkan dinding dari langit-langit ke lantai.

Searah jarum jam
Orang Jepang merekomendasikan untuk selalu membersihkan searah jarum jam. Mulai dengan satu ruangan dan berputar melewati semua area yang berbeda. Proses pembersihan akan berakhir di tempat memulai, yang mencegah kotoran menyebar.

Butuhkan banyak kotak
Semua yang tidak dibutuhkan dimasukkan ke dalam kotak dan tas. Apa yang ingin dibuang langsung taruh tempat sampah. Kotak-kotak itu untuk benda-benda yang dapat disumbangkan untuk amal atau diberikan.

Sapu ke arah pintu masuk
Selain itu, saat membersihkan, selalu mulai dari bagian belakang rumah dan menuju pintu masuk. Lakukan hal yang sama saat membersihkan lantai, ini berarti Anda mencegah kotoran menyebar ke udara lagi.

Oosouji dan melunasi utang
Melunasi utang rumah tangga yang tertunggak dan menyelesaikan tagihan yang ada di pikiran adalah bagian fundamental dari metode ini. Hasilnya, kita bebas untuk memikirkan lebih banyak hal positif dan menghilangkan energi negatif, kotoran, dan kekacauan dari aspek pikiran.

Join Dream.co.id