5 Jenis Tanaman yang Bikin Rumah Jadi Harum

Decor | Senin, 4 Mei 2020 08:03
5 Jenis Tanaman yang Bikin Rumah Jadi Harum

Reporter : Reni Novita Sari

Selain menambah estetika rumah, bunga-bunga ini bisa membuat rumah jadi lebih segar.

Dream - Berminggu-minggu di rumah tentunya muncul rasa jenuh. Pandemi Covid-19 membuat kita harus betah di rumah apapun caranya.

Nah, sebenarnya ada salah satu cara untuk membuat suasana rumah selalu segar dan bikin betah. Cobalah untuk menaruh beragam tanaman yang memiliki aroma harum dan tampilan memikat.

Bingung memilihnya? Banyak faktor yang memengaruhi pemilihan tanaman di rumah, mulai dari bentuk, fungsi, sampai aromanya.

Bagi yang suka wewangian pasti lebih senang menanam tanaman yang menebarkan aroma semerbak karena memberikan sensasi tersendiri.

Apalagi jika tanaman yang dipilih tidak hanya wangi tapi juga cantik dan memberikan manfaat lain. Selain menambah nilai estetika pada rumah melalui bentuknya yang beragam, tanaman wangi juga berfungsi sebagai aroma terapi lewat aroma khasnya.

Berikut beberapa pilihan tanaman wangi yang mungkin bisa Sahabat Dream pilih untuk menyegarkan rumah.

2 dari 6 halaman

1. Jasmine

Spesies bunga ini sangat populer dan sering dipilih mengisi taman rumah. Bunganya memiliki bau yang sangat khas. Bentuk bunganya juga cantik. Tak heran jika tanaman yang menjadi simbol bunga nasional ini selalu dipakai pada prosesi budaya seperti upacara pernikahan.

Wangi bunga melati yang ditabur di atas meja pada ruangan ber-AC bisa bertahan dua hari. Minyak atsiri di dalam bunga juga bermanfaat sebagai obat luka akibat tersengat lebah. Tinggal menggosokkan bunga pada kulit yang tersengat.  

Tidak semua bunga melati harum,  Jasminum polyanthum adalah jenis yang biasa ditanam di dalam ruangan, dan memancarkan aroma manis di malam hari. Simpan melati jenis ini di dekat jendela agar mendapat sinar matahari yang cukup. 

3 dari 6 halaman

2. Gardenia

Tanaman gardenia adalah salah satu yang paling harum. Meskipun lebih umum untuk gardenia tumbuh di luar ruangan, Gardenia juga dapat tumbuh di dalam ruangan.

Bunga ini tumbuh dengan baik selama  diberi perawatan yang tepat. Letakkan di lingkungan yang tepat dan Sahabat Dream dapat menikmati bunga aromatiknya.

4 dari 6 halaman

3. Geranium

Ada beberapa jenis geranium yang dapat dipilih, masing-masing dengan aroma khas. Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan dalam keluarga Geraniaceae.

Aroma bunga dari tanaman pengharum ruangan ini sangat manis dan bersifat menenangkan.

Maka tak heran, bunga ini dijadikan sebagai salah satu bahan ketika seseorang melakukan perawatan memanjakan tubuh dan menenangkan pikiran.

Sayangnya bunga pengharum ruangan ini hanya bisa tumbuh pada media tanah dengan kualitas tinggi dan suhu udara dingin.

5 dari 6 halaman

4. Tanaman Sitrus

Tanaman jeruk memancarkan aroma manis jeruk, lemon, dan grapefruit, dan siapa yang tidak menginginkan wewangian yang menenangkan ini di rumah?

Jenis tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari, penyiraman yang konstan, dan pot tanah yang dikeringkan dengan baik.

6 dari 6 halaman

5. Lavender

Lavender memiliki aroma menenangkan dan bahkan membantu Sahabat Dream tidur di malam hari. Kunci untuk menumbuhkan lavender di dalam ruangan adalah mengeksposnya ke banyak sinar matahari.

Gunakan cahaya buatan jika diperlukan, dan simpan di ruangan yang dingin. Memiliki warna ungu dan beraroma khas, lavender merupakan bunga untuk pengharum ruangan yang dapat mengusir nyamuk.

Untuk memanfaatkannya, kamu bisa menggunakan bunga lavender dalam keadaan kering karena dalam kondisi tersebut pun bunga ini masih memiliki aroma yang segar.

Cukup potong beberapa tangkai dan simpan saja di tempat yang kamu inginkan. (mut)

Sumber: Simplemost

Join Dream.co.id