4 Trik Cegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Decor | Rabu, 13 November 2019 08:03
4 Trik Cegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Reporter : Mutia Nugraheni

Jika jamur dibiarkan terlalu lama, akan menimbulkan noda hitam yang akan sulit dihilangkan.

Dream - Jamur di kamar mandi jadi hal yang sangat menjengkelkan. Tumbuh mengotori keramik yang awalnya terlihat bersih dan apik. Warnanya kuning bahkan hingga kehitaman.

Jamur memang bisa dengan mudah tumbuh di kamar mandi karena kondisinya suhunya yang lembap. Dengan pasokan uap air dari pancuran dan bak mandi dan bahkan dari toilet, jamur akan tumbuh dengan cepat.

Untuk membersihkannya harus dilakukan rutin. Jika dibiarkan terlalu lama, akan menimbulkan noda hitam yang akan sulit dihilangkan. Nah, ada beberapa langkah efektif mencegah pertumbuhan jamur di kamar mandi. Yuk, cari tahu Sahabat Dream.

 

2 dari 5 halaman

Selalu aktifkan kipas kamar mandi

Pasang exhaust fan di kamar mandi. Biarkan berjalan selama setengah jam hingga satu jam setelah mandi. Jika tidak memiliki kipas angin internal, bukalah pintu kamar mandi dan angin-anginkan dengan kipas elektronik biasa. Diamkan selama setengah jam hingga satu jam setelah setiap kali selesai mandi.

 

3 dari 5 halaman

Buka jendela setelah mandi

Jika kamar mandi memiliki jendela, buka jendela untuk memungkinkan udara segar dan sinar matahari masuk. Angin dan sinar matahari akan membuat level kelembapan menurun dan mengurangi pertumbuhan jamur

 

4 dari 5 halaman

Gantung loofah atau spons hingga kering

Jangan biarkan barang-barang tersebut diletakkan begitu saja. Lebih baik digantung karena akan membuatnya cepat kering. Dengan membiarkannya basah dalam waktu lama akan memicu level kelembapan lebih di kamar mandi.

 

5 dari 5 halaman

Letakkan produk mandi rak tinggi

Air dapat terperangkap di bawah dan di belakang botol sampo dan sabun mandi jika dibiarkan ditaruh di permukaan yang rata. Pertahankan sirkulasi udara dengan meletakkan perlengkapan mandi di atas rak penyimpanan.

Sumber: Apartment Theraphy

Join Dream.co.id