4 Tanda Tanaman Rumah Tak Sehat, Segera Beri Perawatan Ekstra

Decor | Rabu, 16 September 2020 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Begitu mengetahui tanda-tanda umumnya, segera lakukan perawatan ekstra.

Dream - Selama pandemi, salah satu hal yang banyak dilakukan orang adalah merawat tanaman di rumah. Baik mereka yang memiliki halaman atau yang tinggal di apartemen.

Tumbuhan memang cukup ampuh membantu menurunkan level stres, membuat lebih tenang dan menyegarkan rumah. Bagi pemula, merawat tanaman memang penuh tantangan.

Tak selamanya tumbuhan bisa bertahan, ada kalanya kering, rontok hingga mati. Sebenarnya, tumbuhan punya cara sendiri mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan.

Begitu mengetahui tanda-tanda umumnya — daun kuning, batang mengecil, sedikit bunga, segera lakukan perawatan ekstra.

Tumbuh tinggi tapi 'kurus'
Tanaman yang tumbuh menjulang tapi tampak kecil dan 'kurus'. Ini berpotensi menyebabkannya gagal tumbuh. Jika tanaman tumbuh dengan tinggi tidak biasa, terlihat tidak rata, atau perlu dipotong, ini berarti tanaman tidak sehat.

Cara mengatasinya, beri lebih banyak sinar matahari. Tanaman cenderung menjadi kurus ketika sangat membutuhkan nutrisi, menyebabkannya tumbuh lebih tinggi karena mencari lebih banyak sinar matahari. Jika setelah dijemur tanaman kembali sehat, pastikan tanaman memiliki tanah yang kaya nutrisi dan beri pupuk secara teratur.

 

 

4 Tanda Tanaman Rumah Tak Sehat, Segera Beri Perawatan Ekstra
Tanaman Tak Sehat (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Sedikit atau tidak berbunga

Jika memiliki tanaman berbunga yang tumbuh hingga mencapai kematangan penuh tetapi tidak pernah mekar, lihat kembali rutinitas setiap hari. Pertama, periksa apakah tanaman memiliki banyak dedaunan tetapi sedikit bunga. Ini bisa menjadi tanda ketidakseimbangan nitrogen. Kurangi pupuk nitrogen dan patuhi jadwal (biasanya sekali sebulan) selama musim tanam.

Jika tanaman memiliki daun hijau yang jarang dan sedikit mekar, mungkin membutuhkan lebih banyak sinar matahari. Ingat, sebagian besar tanaman hias berbunga tumbuh paling baik saat kita menghilangkan bunga yang mati atau kering.

 

3 dari 7 halaman

Daun kuning

Saat tanaman tampak kering, kita cenderung menyiramnya dengan banyak air. Setelah itu daun malah menjadi kuning. Daun kuning merupakan pertanda umum bahwa tanaman mungkin kelebihan air atau mengalami pembusukan akar.

Cara mengatasinya, temukan jadwal penyiraman yang konsisten dan patuhi dengan baik. Sebelum menyiram, ada baiknya menguji kelembapan tanah dengan menempelkan jari sekitar satu hingga dua inci ke dalam tanah untuk menguji kelembapan di bawah permukaan. Banyak tanaman hias yang mudah dirawat senang dengan rutinitas penyiraman seminggu sekali. Saat melakukannya, pastikan pot atau penanam memiliki drainase yang memadai dan letakkan piring di bawahnya untuk menampung buangan.

 

4 dari 7 halaman

Daun cokelat dan kering

Merupakan hal yang umum bagi tanaman yang sehat memiliki beberapa daun cokelat sesekali. Jika tanaman rumah memiliki banyak daun kering berwarna cokelat, merupakan tanda tanaman membutuhkan lebih banyak kelembapan. Cobalah menyiramnya lebih sering atau memasukkan lebih banyak kelembapan ke udara dengan menyemprotkannya atau menyalakan pelembab udara.

Sumber: RealSimple

5 dari 7 halaman

Rawat 1.400 Tanaman, Pria Ini Buat 'Hutan' dalam Apartemen

Dream - Hobi memelihara tanaman selama pandemi Covid-19 melanda banyak orang. Tak bisa keluar rumah untuk menikmati segarnya taman dan asrinya pepohonan, akhirnya tumbuhan yang dibawa ke rumah.

Bicara soal kesukaan dengan tanaman, sosok Joe Bagley, pria lajang asal Loughborough, sangat mencuri perhatian. Jauh sebelum pandemi, ia sudah mengoleksi banyak tanaman dalam apartemen satu kamarnya di Inggris.

 Jungle apartemen Joe Bagley
© Instagram @ukhouseplants

Jika ditotal, dalam apartemennya ada 1.400 pot tanaman. Dari kaktus dan sukulen, bunga hingga tanaman merambat dan tropis.

Tanaman ada di mana-mana, di meja makan, di rak buku, bahkan di kamar mandi. Sampai tak ada ruang kosong karena seluruh sudut apartemen sudah diisi tanaman.

 

6 dari 7 halaman

Kecanduan

Ada tanaman di tangga, meja makan, lemari samping tempat tidur. " Aku selalu memikirkan tempat baru untuk menaruh lebih banyak. Sepertinya aku kecanduan," ungkap Joe.

 Terarium Joe Bagley
© Instagram @ukhouseplants

Foto Instagram @ukhouseplants

 

7 dari 7 halaman

Mulai dari 2018

Obsesinya terhadap tanaman hias benar-benar meledak ketika dia pindah dari rumah orang tuanya pada Agustus 2018. Dia memiliki sekitar 100 tanaman pada saat itu, tetapi memiliki apartemen sendiri mengilhaminya untuk segera menambah koleksinya menjadi lebih dari 1.000.

 Jungle apartemen Joe Bagley
© Instagram @ukhouseplants

Foto Instagram @ukhouseplants

Hingga kini jika ditotal tanamannya mencapai 1.400 di dalam apartemen. Wow!

Sumber: Oddity

Join Dream.co.id