4 Penempatan Bata Ekspos Bikin Tampilan Rumah Lebih Apik

Decor | Selasa, 30 Juli 2019 12:05
4 Penempatan Bata Ekspos Bikin Tampilan Rumah Lebih Apik

Reporter : Mutia Nugraheni

Warnanya yang didominasi tone terakota mampu membuat ruangan jadi bernuansa hangat.

Dream - Brickwork atau bata ekspos kini sedang banyak diminati. Bukan hanya di rumah tapak, tapi juga di apartemen dan bahkan rumah yang bergaya modern. Aksen bata ekspos memang bisa memunculkan nuansa hangat dan nostalgia.

Warnanya yang didominasi tone terakota mampu membuat ruangan jadi bernuansa hangat. Apalagi jika dipadukan dengan tumbuhan hijau, seperti memasukkan unsur alam dalam rumah agar memunculkan suasana relaksasi.

Tak perlu seluruh dinding diberikan bata ekspos. Bagi Sahabat Dream yang tertarik untuk menggunakan aksen brickwork ini, mungkin 4 gaya penataan berikut bisa menjadi inspirasi.

2 dari 6 halaman

Brickwork gaya industrial

Bagi yang suka gaya interior industrial, bata ekspos bisa ditempatkan sebagian. Padukan dengan dinding halus.

 Brickwork industrial
© Shutterstock

Tekstur merah dari dinding bata menambah kehangatan pada beton. Gaya ini bisa untuk ruang makan atau ruang bersantai. Tempatkan kursi-kursi besi dan meja kayu memanjang.

3 dari 6 halaman

Rustic

Rustic chic adalah gaya lain yang memanfaatkan bata ekspos di rumah dengan sangat baik. Contohnya, seperti foto berikut.

 Rustic brickwork
© Shutterstock

Batu bata bertekstur memberikan nuansa pedesaan secara instan. Bisa dipadukan dengan dekorasi yang memiliki elemen etnik, seperti karpet bermotif tradisional dengan tone warna yang sama.

Warna rumah yang didominasi putih bisa pas dengan gaya ini. Bahkan untuk rumah modern sekalipun agar tak terlalu kaku.

4 dari 6 halaman

Aksen

Penggunaan lain yang bagus untuk bata ekspos adalah menggunakannya sebagai aksen. Misalnya dalam ruang tidur yang sangat modern dan minimalis.

 Aksen bata
© Shutterstock

Didominasi warna abu-abu dan hitam, tapi di salah satu dinding ditempel bata. Ketika digabungkan, elemen-elemen di ruangan menunjukkan seberapa baik bata cocok dengan ruangan yang minimalis.

 

5 dari 6 halaman

Menggabungkan Tekstur

Ciri khas ruang modern saat ini adalah berkreasi dengan tekstur yang saling bertentangan. Bata ekspos juga bisa dipadukan dengan berbagai tekstur, seperti di dapur misalnya.

 Tekstur bata
© Shutterstock

Meja dapur dari marmer atau granit sebenarnya bisa berpadu apik dengan bata ekspos. Tekstur halus, bata lalu kabinet kayu akan membuat tampilan dapur jadi lebih unik, karena perpaduan tekstur yang sangat beragam.

Sumber: Freshome

6 dari 6 halaman

Efek Dinding Berkilau dari Cat Semi Gloss

Dream - Sahabat Dream sedang berencana untuk mencat ulang dinding rumah? Jika iya, pasti sekarang sedang bingung memilih cat, baik warna, jenis atau pun kualitasnya. Salah satu yang kini sedang jadi tren adalah cat dinding semi gloss.

Cat yang selama ini umum digunakan adalah yang bersifat matte. Polos dan warna yang muncul lebih solid. Berbeda dengan cat semi gloss. Dikutip dari House Beautiful, cat ini menghasilkan lapisan akhir yang mengkilap dan rata.

Semi-gloss memang memiliki lebih banyak kilau pada lapisan akhir. Ini berarti cahaya dari jendela dan lampu akan memantul pada dinding.

Efeknya adalah suasana rumah jadi terang dan berkilau. Cat semi-gloss sangat cocok untuk ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi seperti dapur atau kamar mandi.

Cat ini cenderung tahan lama dan dapat dengan mudah dibersihkan dari banyak kotoran. Bisa juga jadi pilihan tepat untuk ruang bermain atau kamar tidur anak.

Cat semi gloss bisa juga dijadikan pelapis untuk banyak furnitur seperti railing tangga, lemari, karena membuat desain yang unik jadi lebih menonjol.

Join Dream.co.id