4 Kebiasaan yang Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Decor | Rabu, 3 Juni 2020 16:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Sebisa mungkin hindari 4 hal ini agar mesin cuci tahan lama.

Dream - Mesin cuci jadi 'penolong' utama untuk mencuci pakaian di rumah, terutama dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tentunya akan lebih aman jika mencuci pakaian di rumah dibandingkan harus ditaruh ke laundry.

Untuk itu, penting menjaga dan merawat mesin cuci agar awet. Pasalnya, mesin cuci kita pakai setiap hari, bahkan bisa dua sampai tiga kali. Jika tak dirawat atau digunakan dengan baik, bakal mudah rusak.

Nah, ada kebiasaan buruk yang membuat mesin cuci jadi cepat rusak. Sebisa mungkin hindari 4 hal ini agar mesin cuci tahan lama.

Menggunakan terlalu banyak deterjen
Busa berlebih dapat menahan kotoran yang ditarik dari pakaian dan terperangkap di area yang tidak selalu bilas bersih, seperti di bawah kerah, yang menyebabkan penumpukan bakteri.

Gunakan hanya setengah dari jumlah deterjen yang biasa, kemudian secara bertahap tingkatkan jumlah jika pakaian tidak terlalu bersih setelah dicuci. Perhatikan juga petunjuk tiap merek deterjen, agar tak berlebihan. Deterjen yang terlalu banyak malah tidak efektif, membuat residu menumpuk dan mesin jadi sangat kotor.

 

4 Kebiasaan yang Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak
Mesin Cuci (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Mesin cuci langsung ke lantai

Jangan langsung taruh mesin di lantai. Sediakan rangka yang agak tinggi, pastikan juga alas dalam kondiri rata. Jika letak mesin cuci tidak rata, getaran dapat merusak bagian di dalamnya dan membuat cepat aus komponennya. Sediakan alas mesin yang membuat getaran seminimal mungkin.



3 dari 4 halaman

Isi terlalu banyak, tak sesuai beban

Beban mesin cuci kecil mulai dari 5,5 kg, ada juga 7,5 kg. Perhatikan betul beban mesin cuci, jangan terlalu memasukkan banyak cucian ke dalamnya. Hal ini membuat pencucian tak efektif dan lebih cepat merusak kompenen di dalamnya.

 

4 dari 4 halaman

Tak rutin dibersihkan

Mesin cuci juga butuh dibersihkan secara teratur minimal satu kali dalam sebulan. Caranya sangat mudah, cukup masukkan sabun khusus pembersih mesin cuci dan nyalakan mesin seperti biasa.

Cara ini akan membantu mengangkat kotoran membandel di dalamnya dan membuat mesin jadi lebih awet. Jangan lupa bersihkan juga sisa sabun yang menempel dan bagian luar mesin agar tak karat.

Join Dream.co.id