3 Tanaman Menjuntai yang Cantik Ditaruh dalam Pot Gantung

Decor | Kamis, 5 November 2020 14:03
3 Tanaman Menjuntai yang Cantik Ditaruh dalam Pot Gantung

Reporter : Mutia Nugraheni

Salah satu cara untuk menata tanaman jadi lebih menarik adalah dengan digantung.

Dream - Pandemi membuat banyak orang jadi suka menghias rumah mereka dengan ragam tumbuhan yang menyegarkan dan memanjakan mata. Sudut rumah yang dipenuhi dengan pot berisi tanaman memang membuat hunian makin asri dan cantik.

Salah satu cara untuk menata tanaman jadi lebih menarik adalah dengan digantung. Ada tanaman yang bentuknya menjuntai sehingga akan lebih apik jika digantung. Sahabat Dream sedang mencari tanaman yang pas untuk pot gantung?

Tiga jenis tanaman ini mungkin bisa jadi pilihan. Cocok untuk menghias rumah.

Tradescantia

 Tradescantia
© Shutterstock

Daun tanaman ini sangat cantik. Memiliki garis dan corak yang khas, dengan perpaduan warna ungu, putih, hijau, dan silver. Tradescantia cenderung mudah dirawat dan tumbuh di berbagai lingkungan.

Hal yang harus diperhatikan adalah jaga kesehatan akarnya. Tradescantia bisa ditempatkan di luar maupun dalam ruangan.

 

2 dari 6 halaman

Anggrek

 Anggrek gantung
© Shutterstock

Bunga anggrek bukan hanya memiliki bunga yang cantik. Daun dan akarnya yang panjang juga tampak seperti hiasan mahkota. Bila digantung, daun dan akarnya akan menjuntai menampilkan kesan hangat di rumah.

Bisa ditempat di pot khusus atau ditempel ditempel di tembok menggunakan media tanam. Akan lebih baik jika ditempatkan di teras samping atau depan rumah, semioutdoor.

 

3 dari 6 halaman

Geranium

Tanaman ini memiliki daun yang sangat lebat. Bunganya pun bisa tumbuh besar jika dirawat dengan baik. Bila ditempatkan di pot yang agak besar di balkon, tampilannya jadi begitu manis.

Bisa juga menaruhnya di pot gantung, tapi harus rutin dipangkas agar tak terlalu berat dan jatuh. Geranium pun terlihat lebih rapi.

4 dari 6 halaman

Kunci Merawat Tanaman dalam Pot Selalu Sehat dan Subur

Dream - Tak memiliki lahan untuk menanam atau tinggal di apartemen, membuat kita harus penuh trik jika ingin memelihara tanaman. Pot tentunya jadi andalan untuk menghadirkan tanaman segar dalam ruangan.

Bisa berupa pot kecil yang ditempatkan jendela, pot besar dengan penyangga besi atau mungkin taman vertikal di tembok yang terdiri dari banyak pot-pot kecil yang disusun. Memelihara tanaman dalam pot ini agak sedikit berbeda dengan menanam di lahan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman tumbuh sehat dan subur. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak tanaman dalam pot di rumah, pastikan melakukan hal-hal berikut.

Lokasi sesuai dengan kebutuhan tanaman
Tanaman tumbuh sehat dan subur jika ditempatkan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari tidak akan tumbuh subur di dalam ruangan, apa pun jenis tanah yang dipilih.

Jadi pastikan tanaman di dalam ruangan yang ada di rumah memang cocok untuk area indoor. Jika pun membutuhkan sinar matahari, tidak terlalu sering. Bisa menjemurnya sesekali dan menyiramnya secara rutin.

 

5 dari 6 halaman

Faktor air

Sesuaikan juga kebutuhan air tiap tanaman karena berbeda-beda. Ini juga tergantung dari jenis tanah yang digunakan. Pada tanaman yang lebih suka kondisi kering misalnya, pastikan tidak menyiramnya terlalu sering.

Pastikan juga pot memiliki lubang drainase di alasnya dan agak ditinggikan sehingga alasnya tidak bertumpu pada tanah. Gunakan kaki pot atau hanya beberapa batu bata atau gumpalan untuk mengangkat pot.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Repotting

Tanaman juga perlu ditanam kembali atau repotting secara teratur. Penanaman kembali dapat dilakukan dengan memindahkan tanaman ke dalam pot yang sedikit lebih besar, atau mengambilnya dari pot yang sudah ada, memotong akarnya, memperbarui campuran pot dan menanamnya kembali di dalam pot yang sama.

Bisa juga mengganti tanah dengan yang baru. Pilih tanah yang lebih bernutrisi dan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Sumber: Homes to Love

Join Dream.co.id