3 Langkah Mudah untuk Bikin Ruang Cuci Tertata Apik

Decor | Jumat, 1 Oktober 2021 12:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Barang lebih mudah dicari dan mencuci pun jadi lebih nyaman serta efisien.

Dream - Area mencuci di rumah atau laundry room kondisinya cenderung berantakan dan kotor. Cobalah untuk menatanya lebih rapi dan menarik. Cara ini bisa membuat aktivitas mencuci jadi lebih nyaman dan efisien.

Bagaimana caranya? Ada tiga langkah yang bisa dilakukan Sahabat Dream untuk membuat laundry room di rumah jadi lebih tertata. Berikut triknya, dikutip dari Marthastewart.com.

Bikin suasana cerah
Area tempat cuci yang gelap akan terlihat kusam dan mungkin seram. Nah, ada beberapa cara untuk mempercantik ruang cuci baju. Pertama, cerahkan dengan membuka tirai atau memakai lampu LED.

 Ilustrasi laundry room© Shutterstock

Pencahayaan yang lebih baik tidak hanya lebih menyenangkan, tetapi juga membantu mengenali noda pada pakaian. Coba pasang wallpaper atau warna seperti putih dan abu-abu muda yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. Terakhir, tambahkan tanaman untuk meramaikan ruangan dan menyegarkan udara secara alami.

 

3 Langkah Mudah untuk Bikin Ruang Cuci Tertata Apik
Ruang Lcuci Di Rumah/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Area Kecil dan Rak Fungsional

Rak penyimpanan yang mudah diakses
Taruh rak terbuka untuk memungkinkan akses lebih mudah ke kebutuhan seperti deterjen, pelembut, dan perlengkapan mencuci lainnya. Lengkapi juga dengan gantungan, untuk menaruh hanger dan baju yang tak perlu dilipat. Sediakan keranjang beroda dengan bagian terpisah akan membantu membagi pakaian berwarna terang dan gelap. Pasang jemuran besi lipat yang menempel pada dinding untuk menghemat tempat.

Solusi ruang kecil
Tidak memiliki tempat untuk ruang cuci baju? Tidak usah khawatir. Mesin cuci, lalu pasang rak di atasnya bisa jadi solusi. Sediakan juga penyimpanan yang tertutup untuk menyimpan perlengkapan mencuci. Pastikan ada ventilasi dan pencahayaan yang baik. Dengan begitu ruang yang kecil untuk mencuci pun jadi lebih nyaman digunakan.

Laporan Syifa Putri Naomi

3 dari 6 halaman

Warna Tirai Sangat Berdampak Pada Ruangan, Jangan Salah Pilih

Dream – Ingin dekorasi rumah agar terlihat beda dan nyaman untuk dilihat? Ternyata pemilihan warna tidak boleh hanya asal pilih. Sahabat Dream juga harus memperhatikan detail warna, terutama tirai.

Tirai berdampak sangat besar pada suasana ruangan secara keseluruhan. Terutama saat ditutup atau malam hari. Pilihan warna tirai, bahan dan ukuran, akan sangat mempengaruhi interior.

Biar kamu tak salah pilih, perhatikan hal-hal berikut saat memilih warna tirai.

1. Ukuran ruangan
Ukur ruangan yang ingin dipasang tirai. Jika ruangan termasuk kecil, kamu bisa gunakan warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Misalnya warna putih, atau krem. Menurut psikolog, warna putih, dan warna krem adalah warna netral. Warna tersebut juga bisa memberikan efek amplitudo yang sangat signifikan. Sehingga ruangan bisa terlihat lebih bercahaya, dan bersih.

2. Warna dinding
Warna dinding akan sangat mempengaruhi warna tirai. Agar warnanya kontras dan terlihat serasi, kamu bisa memilih warna yang sesuai. Padukan warna yang senada untuk menampilkan warna yang lebih baik. Biasanya, dinding warna putih akan terlihat bagus dipadukan dengan warna tirai apapun.

 

© Dream
4 dari 6 halaman

Elemen Dekorasi

3. Warna tirai
Jika dindingmu berwarna krem, kamu bisa memadukan warna cokelat tua atau warna cokelat tanah. Perpaduan warna ini akan sangat cocok dan membuat tampilan akhir menjadi lebih sedap dipandang. Warna krem bisa juga berpadu dengan warna earth tone dan warna dingin. Untuk dinding berwarna putih dan abu-abu, warna biru sangat cocok untuk menciptakan suasana yang elegan dan segar.

4. Elemen dekorasi
Tidak hanya memperhatikan warna dinding saja, kamu juga harus memperhatikan warna elemen-elemen kecil yang menempel di dinding. Jangan biarkan warna tirai malah membuat kaku. Gabungkan warna dengan segala pernak-pernik yang ada di rumah.

Penggabungan akan membuat tampilan menjadi terlihat serasi. Warna sofa, karpet, bantal, atau elemen dekoratif lainnya dapat menjadi inspirasi untuk memilih warna tirai, demi menciptakan warna ruang yang sesuai. Jadi, sebelum membuat keputusan, visualisasikan, dan buat perencanaan.

Laporan : Delfina Rahmadhani/ Sumber: DecorTips

5 dari 6 halaman

Langkah Penting Bersihkan Tirai Biar Tampak Baru

Dream - Tirai perlu dibersihkan secara teratur untuk menjaganya selalu bersih dan terlihat bersinar. Tirai merupakan batas langsung antara jendela dan bagian dalam rumah.

Kondisi ini tentunya akan membuat debu yang berasal dari luar akan menyangkut di tirai. Kondisi tirai pun akan dengan mudah menjadi kotor hingga warnanya menghitam.

Tak heran kalau tirai sangat mudah berubah warna. Hal ini karena tumpukan debu halus dan paparan sinar matahari langsung setiap hari.

Penting untuk membersihkan tirai secara rutin. Bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut agar tirai selalu tampak baru.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Bersihkan tirai, vitrase dan jendela

Untuk membersihkan tirai sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Bukan hanya mencuci tirai saja, tapi juga jendela dan rel pengait tirai. Berikut panduannya.

- Lepaskan semua pengait dan tirai, termasuk vitrase. Bawa keluar rumah dan bilas dengan air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan dulu debu halusnya. Bilas hingga airnya jernih.

- Buat air rendaman. Campur sabun cuci dan air hangat. Rendam tirai selama 15 hingga 20 menit. Jika menggunakan sabun bubuk, pastikan deterjen larut sepenuhnya sebelum merendam tirai.

- Setelah itu jika mencuci dengan tangan, bilaslah berkali-kali agar kotorannya lepas. Hindari mengucek terlalu kasar karena akan merusak bahan. Bisa juga menggunakan mesin cuci tapi pastikan disesuaikan dengan setting mesin cuci.

- Keringkan dan jemur. Hindari terkena sinar matahari langsung, agar warnanya tak memudar.

- Setelah kering segera pasang kembali. Pastikan pengait dan relnya dibersihkan lebih dulu sebelum tirai dipasang kembali.

Sumber: HouseBeautiful

Terkait
Join Dream.co.id