3 Langkah Menata Rumah untuk Kurangi Polusi Suara di Rumah

Decor | Selasa, 14 Januari 2020 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Polusi suara yang bisa muncul kapan saja akan sangat menganggu waktu istirahat.

Dream - Tinggal di lingkungan yang cukup padat membuat polusi suara begitu tinggi. Begitu juga mereka yang tinggal di dekat jalan raya, rel kereta atau pabrik. Polusi suara yang bisa muncul kapan saja akan sangat menganggu waktu istirahat.

Untuk meredam suara dari luar yang sangat menggangu ada beberapa trik interior yang bisa Sahabat Dream lakukan. Coba saja terapkan tiga langkah berikut demi mengurangi level polusi udara.

Tumbuhan besar di dalam rumah
Taruh beberapa tumbuhan di tengah ruangan, dekat jendela dan pintu. Pilih tanaman yang berukuran sedang atau besar. Menaruh tanaman dengan daun lebar dan pot besar dapat mengurangi masuknya suara dari luar. Tempatkan di area terbuka untuk mengurangi gema dan kebisingan dari luar.
  
Pilih material pintu yang tebal
Pintu umumnya terbuat dari cangkang 2,5 mm dan memiliki lubang di dalamnya. Jika kebisingan adalah masalah di rumah Anda, perbarui pintu dengan ketebalan 5mm-9mm. Ketebalan pintu ini cukup bisa mengurangi kebisingan.

Tirai yang tebal
Tirai yang tebal dapat membantu mengurangi level polusi suara. Cari tirai yang terbuat dari wol atau beludru. Sumber suara dari luar biasanya jendela, dengan menutupnya menggunakan tirai tebal bisa menurunkan suara bising.

Sumber: Home Beautiful

3 Langkah Menata Rumah untuk Kurangi Polusi Suara di Rumah
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Trik Mudah Memilih Gaya Dekorasi Rumah yang Pas

Dream - Memilih gaya dekorasi rumah bagi beberapa orang membuat kebingungan, apalagi jika ingin mendekorasi ulang. Banyak pertimbangan yang bakal dilakukan, baik dari segi fungsional maupun estetika.

Rumah adalah ruang pribadi bagi keluarga. Pertimbangan utama dalam memilih gaya dekorasi adalah karakter keluarga. Kebutuhan personal tak boleh diabaikan, karena jika tak dipenuhi dengan baik maka akan memunculkan ketidaknyamanan.

Bagaimana cara memilih gaya dekorasi yang pas untuk hunian? Coba lakukan 3 langkah sederhana ini.

 

3 dari 5 halaman

Gali informasi

Tema dekorasi akan sulit dipilih jika kita tidak tahu karakteristik atau fitur utamanya. Untuk itu gali informasi dan referensi sebanyak mungkin. Sahabat Dream bisa membaca blog, majalah interior atau mungkin mencari info melalui media sosial.

Penting diketahui rumah-rumah yang muncul di majalah atau blog dekorasi tentunya memiliki tampilan sempurna. Terkadang ide yang ditampilkan di sana tidak terlalu praktis atau realistis. Cobalah untuk membuat mood board sendiri, apa yang diinginkan untuk menentukan tema interior utama.

 

4 dari 5 halaman

Bikin daftar barang

Hal lain yang akan membantu kamu memilih gaya dekorasi mana yang pas adalah dengan membuat berbagai barang yang ingin dimiliki. Buat daftar yang isinya barang yang paling disukai di bagian atas daftar.

Dengan begitu, kamu akan menetapkan prioritas kebutuhan dan kesukaan. Setelah itu baru cari gaya dekorasi yang paling mendekati keduanya. Bisa membuat daftar berikut, sebagai contoh.

- Daftar bahan: bahan apa yang diinginkan sebagai fitur dalam dekorasi rumah? Kayu, logam, beton, marmer?
- Daftar bentuk: bentuk apa yang ingin ditampilkan di rumah? Garis lurus, kurva, bentuk sederhana atau geometris?
- Warna yang paling disukai

 

5 dari 5 halaman

Gabungan dua gaya dekorasi

Dua lebih baik dari satu. Jadi, jika tidak bisa memutuskan hanya satu gaya dekorasi untuk rumah, pilih dua yang paling disukai dan kombinasikan. Kombinasi ini akan menambah gaya unik pada rumah.

Pastikan saja perpaduannya pas dan sesuai dengan karakter penghuni. Jangan sampai malah jauh berbeda dari karakter anggota keluarga.

Join Dream.co.id