10 Tanaman di Meja Kerja Paling Populer di Instagram

Decor | Senin, 28 Juni 2021 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Adanya tanaman di meja kerja membuat suasana lebih segar.

Dream - Bagi Sahabat Dream yang bekerja baik di rumah maupun di kantor, meja kerja area yang paling utama. Kita menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja. Untuk itu banyak orang menata meja sedemikian rupa agar bukan hanya nyaman digunakan tapi juga sedap dipandang.

Terutama bagi pengguna Instagram yang suka mengunggah sudut meja kerja estetik sebagai konten. Ide dekorasi meja kerja banyak sekali di media sosial tersebut, termasuk dalam memilih tanaman yang pas untuk di meja.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Mainland Aggregates, sebuah perusahaan tanah dan permukaan agregat yang berbasis di Inggris, menganalisis tanaman yang paling banyak ditandai di Instagram dengan tujuan menemukan tanaman meja yang sempurna.

Para peneliti memasukkan 55 tagar dari spesies tanaman hias yang berbeda ke dalam Instagram dan mencatat berapa kali tagar tersebut dibagikan oleh pengguna media sosial.

 

10 Tanaman di Meja Kerja Paling Populer di Instagram
Tanaman Di Meja Kerja/ Shutterstock
2 dari 5 halaman

Tengok daftarnya

Kemudian, mereka menyaring tanaman dengan perawatan rendah yang membutuhkan sedikit sinar matahari dan air. Untuk berjaga-jaga jika tanaman tidak dapat ditempatkan dekat jendela atau pendingin.

Jadi, tanaman mana yang paling populer di Instagram dan direkomendasikan untuk di meja kerja? Berikut daftarnya.

1. Sirih Gading
2. Pohon Ara
3. Lidah Mertua
4. Kimunding
5. Aglonema
6. Violet afrika
7. Lili paris/ spider plants
8. String of Pearls/ Sukulen Tasbih
9. Peace Lily
10. Oxalis/ Bunga Kupu-kupu

Sumber: Apartment Therapy

3 dari 5 halaman

Kebiasaan 2 Menit yang Bikin Tanaman Tumbuh Subur

Dream - Bagi Sahabat Dream yang mengoleksi banyak tanaman di rumah, pasti ingin selalu menjaganya agar selalu subur dan sehat. Penyiraman, pemberian pupuk serta penjemuran tentunya harus dilakukan rutin.

Ada satu lagi perawatan penting yang dilakukan dan sering dilupakan, yaitu menyingkirkan daun mati yang sudah menguning. Terutama pada tanaman yang berukuran sedang atau besar.

Menggunting daun yang mati atau sekarat juga membantu mencegah hama membuat 'rumah', efeknya menjaga tanaman tetap sehat. Saat ingin membersihkan tanaman dari daun mati yang sudah kering dan kuning, ada hal yang harus diperhatikan.

 Tanaman
© Shutterstock

Pastikan daun tersebut benar-benar kuning dan mudah lepas dari tanaman sebelum melepaskannya. Untuk daun yang warna kuningnya hanya sebagian berarti tanaman tersebut masih menyerap nutrisi daun.

Untuk daun yang berwarna cokelat, kering, dapat langsung dipangkas. Gunakanlah pemangkas tangan agar lebih praktis. Selain itu, segera bersihkan pemangkas setelah digunakan terutama jika menggunting pohon yang berbeda agar menularkan penyakit/ hama.

Gunakan tisu desinfektan untuk menyeka bilah pemangkas. Dengan memangkas yang hanya menghabiskan waktu dua menit ini akan menciptakan ruang dan penyerapan nutrisi untuk pertumbuhan daun baru. Jadi, jangan lupa lakukan secara rutin ya, Sahabat Dream.

Sumber: Apartment Therapy

4 dari 5 halaman

4 Aturan Penting Menyiram Tanaman, Jangan Sampai Layu

Dream - Penyiraman secara teratur sangat penting untuk menjaga tanaman tumbuh sehat dan subur. Penting diingat kalau tiap jenis tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda.

Untuk itu, bila Sahabat Dream memiliki beberapa tanaman berbeda di rumah, harus mengetahui karakteristiknya. Setiap tanaman berbeda, begitu juga ketika ditempat di lingkungan tertentu, kebutuhan airnya akan sangat berbeda.

Tanaman yang sama bisa membutuhkan lebih banyak air jika diletakkan di tempat yang cerah daripada di tempat yang teduh. Tanaman yang lebih tua dan lebih besar akan lebih 'haus' daripada yang lebih kecil, atau tanaman yang lebih baru. Coba ikuti aturan penyiraman tanaman ini dan perhatikan bagaimana tanaman bereaksi agar pertumbuhannya bisa optimal.

- Kebutuhan air sesuai cuaca
Dalam cuaca sedang kita mungkin bisa merencanakan untuk menyiram tanaman pot seminggu sekali. Tanaman akan membutuhkan lebih banyak ai ketika suhu naik di musim panas. Cuaca yang lebih hangat menyebabkan kelembapan menguap sebelum tanaman dapat menggunakannya.

- Sesuaikan menurut ukuran tanaman
Tanaman yang lebih besar membutuhkan lebih banyak air; tanaman yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit air. Selain itu, pot besar berisi tanaman kecil dapat menampung banyak kelembapan, jadi sesuaikan jumlah air yang sesuai. Pot kecil atau tanaman gantung mungkin perlu disiram dua kali sehari, sedangkan pot besar bisa disiram sekali sehari.

 

 

5 dari 5 halaman

Waktu Terbaik dan Secukupnya

- Manfaatkan waktu terbaik untuk menyiram
Jika tanaman memang perlu disiram dua kali sehari, coba lakukan di pagi dan sore hari. Untuk tanaman yang disiram sekali sehari, usahakan melakukannya di pagi atau di sore hari.

- Tambahkan air secukupnya
Tambahkan air ke dalam pot sampai keluar dari lubang drainase di bagian bawah. Pot tanpa lubang drainase harus memiliki semacam perlindungan terhadap busuk akar, entah itu bebatuan atau penangkap kelembapan lain di bagian bawah.

Dengan cara ini, kita akan tahu bahwa tanah dan akar memiliki akses ke kelembapan di seluruh pot. Hindari kejenuhan berlebih dengan menambahkan air secukupnya hingga mengalir keluar dari dasar karena terlalu banyak air dapat merusak tanaman.

Sumber: RealSimple

Join Dream.co.id