Beda Tinggi Lantai, Buat Suasana Ruangan Menarik dan Dramatis

Decor | Selasa, 28 Juni 2022 11:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa jadi penataan yang berbeda untuk membuat ruangan berbeda.

Dream - Tiap ruangan dalam rumah pastinya memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan area lainnya. Biasanya untuk menandakan batasan tiap ruang dengan sekat berupa tembok, partisi atau pembatas.

Ada ide lain untuk membuat batasan ruangan sesuai fungsi yang juga sangat menarik yaitu perbedaan tinggi lantai. Seperti yang diterapkan oleh pemiliki akun Instagram @asaliving.

Ia membuat lantai yang lebih rendah untuk ruang keluarganya. Lewat foto yang diunggah diperlihatkan kondisi tinggi lantai yang sangat berbeda pada ruang dapur/ makan dengan area keluarga yang dikelilingi sofa.

 Lantai© Instagram @asaliving

" Dari sini terlihat perbedaan tinggi ruang antara Living Room dan dining/kitchen di Asa yang memang berkonsep open space. Tinggi lantai yang berbeda bisa jadi trik batas antar ruang yang seamless, tanpa harus memakai pintu atau partisi," tulis pemilik @asaliving.

 

Beda Tinggi Lantai, Buat Suasana Ruangan Menarik dan Dramatis
Lantai Semen Exposed/ Foto: Instagram @asaliving
2 dari 6 halaman

Material Semen Exposed

Untuk lantai, ia menggunakan semen exposed. Dengan level tinggi yang berbeda, tampilan lantai juga terlihat menarik dan dramatis.

 Lantai© Instagram @asaliving

" Dengan lantai semen exposed, ketinggian yang berbeda makin menampakkan kecantikannya, karena glossy dan mengkilap, makin terasa motif exposed nya. Menciptakan kesan dramatis kan, kalau kita masuk ke living room sambil turun, dan masuk ke ruang makan sambil naik," ungkapnya.

Bisa jadi ide menarik untuk diterap di beberapa ruang dalam rumah, Sahabat Dream.

3 dari 6 halaman

Desain Keren Balkon Kolam Ikan Rumah Babe Cabita

Dream - Bagi penyuka ikan hias, memiliki kolam di rumah merupakan sebuah dambaan. Memelihara ikan dengan motif cantik dan bisa melihatnya setiap hari, setiap saat. Hal ini dirasakan betul oleh komika, Babe Cabita.

Pria berambut kribo ini rupanya sangat hobi memelihara ikan hias. Sayangnya, ia tak punya cukup lahan untuk membuat kolam. Sebuah ide seru pun dibuatnya yaitu membuat kola ikan di balkon lantai dua rumahnya.

Lewat YouTube channelnya, Babecabita. Ia memperlihatkan dalam beberapa video, proses membuat kolam ikan di balkon. Tentunya dibutuhkan perencanaan konstruksi yang matang.

 Kolam ikan Babe Cabita© Babe Cabita

Mulai dari menyiapkan rangka, membuat kolam, lapisan hingga pipa air. Kekuatan material juga jadi pertimbangan utama karena kolam akan dilapisi kaca tebal di balkon agar keindahan ikan bisa terlihat dari kejauhan.

 

 

4 dari 6 halaman

Tampak Mencuri Perhatian di Malam Hari

Setelah kolam berhasil dibuat, Babe menyiapkan banyak ikan Koi yang bermotif cantik untuk ditaruh di dalamnya. Hasilnya begitu indah. Area balkonnya juga begitu asri karena ia juga menghiasnya dengan beberapa tanaman.

 Kolam ikan Babe Cabita© Babe Cabita

" Sekarang jadi tempat favorit aku untuk nongkrong, pagi-pagi, subuh-subuh, udah gitu sore menjelang Maghrib, paling enak duduk di sini," kata Babe dalam YouTube channelnya.

 Kolam ikan Babe Cabita© Babe Cabita

Tampilan kolam ikan tersebut makin keren saat malam hari. Kolam diberi penerangan sehingga terlihat sangat menarik perhatian dari kejauhan. Bisa jadi inspirasi, Sahabat Dream.

 

5 dari 6 halaman

Ide Kolam Ikan Mungil dalam Rumah, Serasa di Resort

Dream - Suara aliran air bagi beberapa orang bisa untuk meredakan stres dan penat. Biasanya, suara tersebut berasal dari kolam ikan, sungai dan air terjun yang berada di luar rumah.

Bagaimana kalau memasukkan suara tersebut ke dalam rumah? Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @rumaalima. Lewat foto dan video yang diunggahnya di Instagram, ia membagikan desain kolam ikan mungil di dalam rumahnya.

 Kolam dalam rumah© Instagram @rumaalima

Foto: Instagram @rumaalima

" Kolam koi indoor ini berukuran Panjang 260 cm x Lebar 60 cm x Kedalaman 90 cm. Tidak besar tapi cukup untuk healing space di rumahku. Adanya kolam koi mungil ini bener-bener memberikan vibes rumah tropis pegunungan dengan membawa suara aliran air ke dalam rumah yang menenangkan,"  tulisnya.

 Kolam ikan dalam rumah© Instagram @rumaalima

Foto: Instagram @rumaalima

 

 

6 dari 6 halaman

Tanaman dalam pot dan Aksen Batu Alam

Kolam mungil ini dibangun di area tengah rumah. Bagian atasnya berupa atap semi terbuka yang memungkinkan cahaya dan udara masuk ke dalam


 Kolam dalam rumah© Instagram @rumaalima

Foto: Instagram @rumaalima

Tanamah hijau berukuran sedang dan mungil ditaruh di sekitar kolam membuat suasana jadi makin asri. Area dindingnya juga diberi aksen batu alam.

 Kolam dalam rumah© Instagram @rumaalima

Foto: Instagram @rumaalima

Bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream yang ingin membuat sudut asri di dalam rumah. Sangat menarik.

Sumber: Instagram @rumaalima

Join Dream.co.id