Bawa Anak Liburan ke Pantai, Dokter Ingatkan Pakai Sunblock yang Tepat

Do It Yourself | Minggu, 3 Juli 2022 10:28

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai kulit anak mengalami iritasi parah karena paparan sinar matahari.

Dream - Pantai dan laut jadi destinasi favorit liburan anak-anak. Mereka bisa bermain pasir, berenang atau berlarian bebas seharian di pantai. Bagi Sahabat Dream yang berencana liburan ke kawasan pantai, pastikan siapkan sunscreen atau sunblock.

Kulit anak-anak sangat sensitif. Saat terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama dan terus-menerus, akan sangat mungkin menaglaami iritasi, kemerahan, mengelupas atau mungkin berdarah.

Jadi pastikan pakaikan dulu sunscreen atau sublock. Kini banyak sekali ragam produk sunscreen anak yang dijual di pasaran, bagaimana memilih yang terbaik untuk anak?

Dokter Julia Carroll, seorang spesialis kulit, lebih merekomendasikan sunscreen bentuk lotion sebagai dasar. Oleskan sunscreen lotion 15 hingga 20 menit sebelum ke pantai atau main di outdoor.

" Saya merekomendasikan lotion sebagai dasar, sunscreen spray untuk kepraktisan dan jenis yang stick untuk bagian wajah," kata Caroll.

 

Bawa Anak Liburan ke Pantai, Dokter Ingatkan Pakai Sunblock yang Tepat
Anak Pakai Sunscreen/ Foto: Shutterstock
2 dari 2 halaman

Olesi Lagi Setiap 2 Jam

Sunscreen stick menurut Caroll, sangat baik karena bisa menjangkau semua sudut wajah. Biasanya yang jenis stick juga lebih tahan terhadap aliran keringat dan tak mudah menetes ke mata.

Bila anak sulit untuk diam, menyemprotkan sunscreen spray memang lebih praktis. Untuk jenis ini menurut Caroll, lebih cocok untuk re-apply, saat sudah lebih dari 2 jam di outdoor.

" Cara menggunakan sunscreen spray idealnya adalah bukan dengan menyemprotkannya langsung pada kulit, tapi semprotkan dulu pada tangan. Baru kemudian oleskan ke seluruh lapisan kulit," ujar Caroll.

Hal itu untuk memastikan perlindungannya tepat dan perlindungannya maksimal. Ia juga mengungkap sebenarnya anak bisa menggunakan sunscreen untuk dewasa, tapi pastikan formula di dalamnya aman untuk kulit anak. Olesi juga sunscreen kembali setiap dua jam agar sunscreen bisa melindungi kulit dengan baik.

Sumber: Todays Parent

Join Dream.co.id