Ademnya Lantai yang Diisi Batu Alam Bisa Jadi Sudut Healing

Decor | Minggu, 3 Juli 2022 14:30

Reporter : Mutia Nugraheni

Atapnya dibuat semi terbuka dengan pelindung transparan, bisa jadi untuk berjemur nyaman saat pagi hari.

Dream - Menyediakan sudut bersantai di rumah sangat penting. Terutama bagi Sahabat Dream yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah. Biasanya, kita bersantai di kamar tdiur sambil berbaring, tapi akan lebih sehat jika berjemur untuk mendapatkan sinar matahari.

Paparan sinar matahari pagi sangat baik untuk tulang dan bisa membantu mengurangi risiko stres. Tak heran kalau sudut teras atau dengan atap terbuka di rumah sering disebut area healing di rumah.

 @umahabang© Dream

Seperti rumah pemilik akun Instagram @umahabang di Bandung Barat. Tepat di depan dapur, dibuat taman kering yang bisa untuk duduk santai. Lantai, yang biasanya dilapisi rumput, di rumah ini ditutupi bebatuan alam berwarna putih.

 @umahabang© Dream

Konsepnya seperti taman kering yang mungil dengan desain minimalis. Cukup menutup lantai dengan batu alam putih, lalu menaruh dua pot berisi tanaman ukuran sedang.

Ademnya Lantai yang Diisi Batu Alam Bisa Jadi Sudut Healing
Instagram @umahabang
2 dari 6 halaman

Suasana Malam

 @umahabang© Dream

Saat malam hari, sudut ini punya daya tarik tersendiri. Bisa untuk area makan, sambil menikmati langit malam yang terlihat dari dalam. Desainnya cukup simpel, tapi memunculkan suasana rileks yang maksimal.

3 dari 6 halaman

Taman Indoor Bisa Jadi Tempat Romantis Malam Hari

Dream -  Area semi terbuka baik di samping atau belakang rumah bisa jadi sudut bersantai. Terutama jika didesain dengan apik dan memanjakan mata. Pengalaman pemilik akun Instagram @rumahnayyara20 mungkin bisa menginspirasi Sahabat Dream dalam menata area semi outdoor.

 Taman© Dream

Foto: Instagram @rumahnayyara20

Awalnya, pemilik @rumahnayyara20 memiliki taman di area belakang yang hanya diisi tempat duduk besi dan beberapa tanaman. Untuk bagian bawahnya ditutup dengan rumput sintetis.

 Taman indoor© Dream

Foto: Instagram @rumahnayyara20

Kini area tersebut dilengkapi dengan tempat duduk permanen yang terbuat dari semen yang dicat putih. Sementara bagian belakangnya ditaruh tanaman kaktus dan beberapa lampu sorot.

4 dari 6 halaman

Romantis Saat Malam Hari

 Taman Indoor© Dream

Foto: Instagram @rumahnayyara20

Untuk material dindingnya merupakan perpaduan dari semen kamprot dan batu alam. Untuk pencahayaan, dilengkapi bukan hanya dengan lampu sorot, tapi juga lampu gantung dan lampu taman.

Saat malam hari suasana taman ini jadi begitu romantis. Bisa untuk tempat santai menghabiskan malam.

 Taman malam© Dream

Foto: Instagram @rumahnayyara20

5 dari 6 halaman

Dapur, Taman dan Laundry Room Jadi Satu Tapi Estetik

Dream - Banyak cara untuk menyiasati lahan yang terbatas demi membuat ruangan multifungsi. Pengaturan yang baik, serta pemilihan barang agar muat dan tertata apik adalah kuncinya.

Seperti area dapur, taman sekaligus laundry room dari pemilik akun Instagram @fifit.fitrisari. Ia membagikan ide dapur yang fungsional tapi tetap terlihat estetik.

 Atap laundry room© Dream

Pada bagian area cuci, dipasang atap transparan. Hal ini agar cahaya matahari bisa masuk dan ruangan tidak lembap. Jemuran lipat dipasang di tembok demi menghemat ruangan dan praktis.

 

6 dari 6 halaman

Taman Mini dan Dapur

 Dapur taman laundry© Dream

Untuk membuat suasana asri area sudut dipenuhi dengan pot tanaman berukuran sedang dan mungil. Terdapat juga tanaman gantung di tembok. Lantainya ditutup dengan rumput sintentis dan bebatuan. 

Di samping area ini terdapat dapur yang berdesain simpel. Didominasi warna hitam dan dibatasi dengan pot tanaman ukuran besar sebagai pembatas antar area.

 Dapur© Dream

Dapur dibuat bernuansa monokrom dengan perpaduan warna hitam, putih dan abu-abu. Untuk meja dapur dipilih warna hitam dengan backsplah putih dan tembok abu-abu. Sementara tempat penyimpanan didominasi warna putih.

 Dapur© Dream

Terbukti penataan yang pas bisa membuat ruangan ini sangat efektif untuk menjalankan tiga fungsi yang berbeda. Tampilannya juga asri memanjakan mata. Setuju, Sahabat Dream?

Sumber: Instagram @fifit.fitrisari

Terkait
Join Dream.co.id