Sembilan Amalan Agar Dosa Terampuni di Bulan Ramadan

Orbit | Jumat, 1 Juli 2016 20:03
Sembilan Amalan Agar Dosa Terampuni di Bulan Ramadan

Reporter : Sandy Mahaputra

Bahkan ada beberapa amalan khusus di bulan suci ini yang apabila dilaksanakan akan menjadi media agar mendapatkan ampunan dari Allah.

Dream - Di bulan Ramadan ini, Allah SWT memberikan keistimewaan luar biasa dibanding bulan lainnya. Pada bulan mulia ini, Allah SWT melimpahkan dan membuka pintu ampunan selebar-lebarnya untuk mereka yang senantiasa melaksanakan perintah-Nya.

Bahkan ada beberapa amalan khusus di bulan suci ini yang apabila dilaksanakan akan menjadi media agar mendapatkan ampunan dari Allah. Berikut ulasannnya:

1. Taubat Nasuha

Amalan pertama yang dapat dilakukan oleh umat muslim ketika bulan suci Ramadan, agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT adalah dengan taubat nasuha. Taubat nasuha merupakan taubat yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tulus.

" Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim : 8)

2. Berwudhu Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Setelah melaksanakan taubatan nasuha, untuk menghapus dosa ternyata kita juga harus melakukan beberapa amalan lainnya. Salah satunya adalah dengan berwudhu sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, lalu ia shalat dua raka’at (dengan khusyu’) tanpa berbicara dengan dirinya sendiri (memikirkan hal selain shalat, edt), niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 159 dan Muslim no. 226)

" Barangsiapa berwudhu dan memperbagus wudhunya, niscaya dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya, sampai keluar dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim no. 245)

3. Melaksanakan Sholat Lima Waktu

Sholat lima waktu menjadi ibadah wajib yang harus didirikan oleh umat Islam. Selain merupakan tiang agama, mendirikan sholat lima waktu ternyata juga bisa menjadi amalan yang membuat terampuninya dosa-dosa terlebih lagi di bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda bahwa, “ Bagaimana pendapat kalian apabila ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, sehingga ia mandi di sunagi tersebut lima kali setiap harinya. Apakah hal itu masih menyisakan daki pada dirinya?” Para sahabat menjawab: “ Tidak akan meninggalkan sedikit pun daki pada dirinya.” Beliau bersabda: Demikian itulah perumpamaan shalat wajib lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa." (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

4. Sholat Berjamaah di Masjid

Amalan khusus lainnya yang bisa dilaksanakan agar Allah mengampuni dosa kita di bulan Ramadan dan kerap kali dilakukan oleh Rasulullaj SAW adalah dengan shalat berjamaah di masjid.

Seperti yang diketahui bahwa shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan. Namun siapa sangka bila dengan melaksanakannya dapat membuat dosa-dosa kita terampuni. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

" Barangsiapa berwudhu dengan sempurna untuk melaksanakan shalat, kemudian ia berjalan kaki menuju shalat wajib, sehingga ia melaksanakan shalat wajib tersebut bersama masyarakat, atau berjama’ah, atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (HR. Muslim no. 232)

5. Melaksanakan Sholat Jumat

Melaksanakan shalat Jumat juga termasuk amalan khusus yang bila dilakukan dapat menghapuskan dosa. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa, " Shalat wajib lima waktu, shalat Jum’at ke shalat Jum’at berikutnya, dan puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa di antara kedua waktu tersebut, selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim no. 233)

Selanjutnya....

2 dari 2 halaman

Yang Terakhir Adalah...

6. Melaksanakan Puasa Ramadan

Amalan selanjutnya yang membuat Ramadan menjadi ajang agar dosa diampuni oleh Allah tentu saja adalah dengan melaksanakan puasa Ramadan itu sendiri. Namun, dengan catatan bahwa puasa tersebut dilandasi dengan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

" Barangsiapa melakukan puasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

7. Melaksanakan Qiyam Ramadan (Sholat Tarawih dan Witir)

Amalan selanjutnya yang bisa menjadi media agar dosa diampuni oleh Allah SWT selama bulan Ramadan adalah dengan melaksanakan qiyam Ramadan. Yakni dalam bentuk mengerjakan shalat tarawih dan witir.

Hal tersebut tertuang dalam sabda Rasulullah SAW: " Barangsiapa melakukan shalat malam Ramadhan (tarawih dan witir) karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

8. Menghidupkan Sholat Malam pada Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang terbaik dari dari pada seribu bulan. Malam ini hanya bisa dijumpai ketika bulan Ramadan saja. Ada keistimewaan luar biasa apabila kita melaksanakan amalan kebajikan pada malam mulia ini. Salah satunya Allah SWT akan mengampuni dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Rasulullah SAW bersabda: “ Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

9. Membayar Zakat Fitrah

Amalan terakhir yang dapat dilakukan agar Allah mengampuni dosa kita adalah dengan membayar zakat fitrah di penghuju bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan degan zakat fitra maka Allah akan menutup kesalahan berupa kata-kata kotot dan sia-sia. Zakat fitrah menjadi amalan wajib yang harus dilaksanakan kaum muslimin.

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ra bahwa, " Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah." (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Selengkapnya klik di sini.

Terkait
Join Dream.co.id