Saling Berkunjung Saat Lebaran, Mencontoh Kebiasaan Rasul

Orbit | Kamis, 14 Juni 2018 07:30
Saling Berkunjung Saat Lebaran, Mencontoh Kebiasaan Rasul

Reporter : Ahmad Baiquni

Rasulullah sering mengunjungi para sahabatnya, lalu mendoakan tuan rumahnya.

Dream - Setiap kali libur Lebaran, banyak orang memanfaatkannya untuk saling berkunjung. Lebaran jadi momen yang sangat sayang jika dilewatkan hanya di rumah.

Sebagian orang bahkan sudah membuat jadwal berkunjung di hari tertentu. Di lingkungan pesantren dan madrasah, biasanya para santri maupun alumnus berkunjung ke rumah kiai, guru, maupun ustaz mereka.

Kunjungan juga dilaksanakan kepada kerabat baik yang rumahnya dekat maupun jauh. Berapapun jaraknya, tak jadi soal. Sebab silaturahmi adalah inti dari kunjungan tersebut.

Di Indonesia, saling mengunjungi sudah jadi tradisi. Kurang afdal rasanya merayakan Lebaran jika tidak dengan menyapa kawan dan saudara.

Dalam Islam, saling berkunjung merupakan bentuk lain dari silaturahmi. Jamak diketahui, ada banyak sekali keutamaan silaturahmi kepada handai taulan. Salah satunya sebagai bentuk kesempurnaan iman dengan mencintai sesama Muslim.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Tidak sempurna iman seseorang hingga ia mencintai saudaranya sendiri sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."

Bahkan Rasulullah menjamin seseorang akan dicintai Allah jika dia mau mengunjungi saudaranya di desa lain. Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA.

" Sesungguhnya seseorang mengunjungi saudaranya yang berada di desa lain. Lalu Allah mengutus malaikat padanya di jalan yang akan dia lalui. Malaikat itupun bertemu sembari bertanya, 'Kemana kau akan pergi?' Orang tersebut menjawab, 'Aku hendak menemui saudaraku yang ada di desa ini.' Malaikat kembali bertanya, 'Apakah ada suatu nikmat yang diberikan padamu berkat dia?' Ia menjawab, 'Tidak, aku hanya mencintainya karena Allah.' Malaikat bertanya, 'Sesungguhnya aku adalah utusan Allah untukmu, sungguh Allah benar-benar mencintaimu sebagaimana kau mencintai saudaramu'."

Dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan Rasulullah SAW gemar sekali berkunjung ke rumah para sahabatnya. Biasanya, Rasulullah berkunjung di waktu dhuha.

Dalam kitab tersebut pula, Rasulullah pernah berkunjung ke kaum Anshar dan menikmati suguhan dari tuan rumah. Ketika hendak pulang, Rasulullah meminta disiapkan tempat sholat, lalu Rasulullah sholat dan mendoakan tuan rumah yang dikunjungi.

Selengkapnya...

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id