Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto

Orbit | Jumat, 1 Juli 2016 12:13
Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Banyak orang menyangka penyematan nama 'At Tin' pada masjid ini diambil dari nama mendiang Istri Presiden ke-2 Indonesia Soeharto, Tien. Padahal, nama tersebut diilhami dari Surat At Tin.

Dream - Bangunan itu berdiri kokoh di atas lahan seluas 80.000 meter persegi. Di sekelilingnya terhampar taman yang cukup luas. Beberapa pohon palem membuat pemandangan terlihat indah.

Bangunan itu dikenal dengan nama Masjid At Tin. Masjid ini berdiri pada 25 November 1999 setelah menghabiskan waktu dua tahun untuk proses pembangunan. Masjid ini mampu menampung sebanyak 25.850 jemaah.

 Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto© dream.co.id

" Masjid ini dibangun sebagai upaya dari sebuah keluarga yang ingin mendoakan ibunda mereka sebagai perwujudan rasa cinta yang tulus dan suci kepada orangtua mereka, yakni Ibu Tien," kata Pengurus Masjid At Tin Jahrudin Musa di Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016.

Banyak orang menyangka penyematan nama 'At Tin' pada masjid ini diambil dari nama mendiang Istri Presiden ke-2 Indonesia Soeharto, Tien. Padahal, nama tersebut diilhami dari surat At Tin.

 Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto© dream.co.id

" Masjid ini adalah masjid ke-1000 yang didirikan (keluarga) Soeharto di seluruh negara. Sebelumnya Pak Harto telah mendirikan 999 masjid di berbagai negara, ini yang ke-1000,” ucap dia.

Menurut Jahrudin, penamaan masjid At Tin melukiskan peran utama yang diembannya, yaitu memelihara dan mengaktualkan fitrah kesucian yang melekat pada jiwa manusia.

 Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto© Dream

Berbeda dengan masjid lazimnya yang terletak dekat dengan pemukiman warga, masjid At Tin jauh dengan pemukiman. Sehingga jemaah yang datang kebanyakan singgah ataupun yang sedang melewati wilayah masjid.

Meskipun tidak memiliki jemaah tetap, masjid ini tetap ramai dikunjungi, terlebih di bulan Ramadan. Masjid ini menjadi lokasi favorit para jemaah yang ingin i'tikaf selama sepuluh hari terakhir.

 Masjid At Tin, Monumen Kenangan Ibu Tien Soeharto© Dream

Pengelola masjid menyediakan guest house yang dapat disewa oleh para jemaah, dengan fasilitas ruang tamu, dan tiga kamar tidur.

Kantin dan klinik juga tersedia di masjid ini, serta enam pos jaga yang dapat memberikan rasa aman bagi para jamaah yang mengunjungi Masjid Agung At Tin. (Ism) 

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id