Masjid Agung Sunda Kelapa, Berdiri Megah di Kawasan Elit

Orbit | Jumat, 1 Juli 2016 10:12
Masjid Agung Sunda Kelapa, Berdiri Megah di Kawasan Elit

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Masjid ini merupakan yang pertama kali memadukan konsep antara aktivitas ibadah, perekonomian, dan pendidikan.

Dream - Masjid Agung Sunda Kelapa, terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Masjid ini berdiri di tengah kawasan elit Ibukota, Menteng.

Sebagai masjid yang berada di lingkungan elit, pembangunan tempat ibadah ini diperhitungkan secara matang. Masjid Sunda Kelapa merupakan masjid pertama di Jakarta yang menerapkan konsep baru tentang arsitektur berkelas.

Masjid ini merupakan yang pertama kali memadukan konsep antara aktivitas ibadah, perekonomian, dan pendidikan. Konsep pembangunan masjid ini kemudian diikuti oleh masjid-masjid yang lain di Jakarta.

Keberadaan masjid ini sangat membantu umat Islam di Menteng dan sekitarnya untuk beribadah. Karena sebelumnya hanya terdapat gereja yang dibangun pada 1936

Awalnya terdapat dua pilihan tempat sebelum masjid ini dibangun. Dua lokasi tersebut yaitu Taman Sunda Kelapa atau Stadion Menteng, yang dulu dikenal dengan Viosveld.

Kala itu, ketika perusahaan real estate membangun kawasan Taman Menteng hanya terdapat sebuah masjid yang berada di pinggiran menteng. Masjid itu bernama Masjid Tangkuban Perahu.

 Masjid Agung Sunda Kelapa, Berdiri Megah di Kawasan Elit© dream.co.id

Memasuki pintu gapura, pengunjung langsung disuguhkan dengan gapura indah yang bertuliskan kaligrafi. Halaman masjid difungsikan sebagai kawasan perdagangan.

Di dalam ruang utama masjid, terdapat corak seni kaligrafi Arab memenuhi dinding ruangan. Tak terkecuali di sisi mihrab. Lafaz Allah dan Muhammad terukir indah, mengapit tempat imam memimpin salat itu. Rak-rak Alquran tertata rapi di sekeliling ruang ibadah itu.

Bangunan masjid ini mempunyai dua lantai. Lantai atas digunakan sebagai pusat ibadah dan dakwah. Lantai bawah, digunakan sebagai aula, perkantoran, perpustakaan, ruang rapat, peng-Islaman, dan tempat berwudhu.

Terkait
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id