Sempurnakan Amalan Ramadan dengan Puasa Syawal

Orbit | Minggu, 17 Juni 2018 18:02
Sempurnakan Amalan Ramadan dengan Puasa Syawal

Reporter : Ahmad Baiquni

Puasa Syawal dapat dikerjakan selama enam hari dalam sebulan.

Dream - Syawal merupakan bulan kemenangan bagi umat Islam usai menjalankan puasa Ramadan. Di bulan ini, setiap Muslim mengisinya dengan bersilaturahmi dengan kerabat maupun tetangga.

Syawal memiliki makna 'peningkatan'. Maksudnya, setiap Muslim diharapkan dapat meningkatkan ibadah dan amal baiknya usai Ramadan.

Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan Muslim menggenapkan amalan Ramadan dengan puasa sunah Syawal. Puasa ini dilaksanakan selama enam hari sepanjang Syawal.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh."

Sebab puasa Syawal diganjar dengan pahala puasa setahun, tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Tsauban yang merupakan bekas budak Rasulullah Muhammad SAW.

" Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal'."

Puasa Syawal dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri sampai akhir bulan. Waktunya adalah selama enam hari dan bisa dijalankan berturut-turut atau terpisah-pisah.

Imam As Sirbini dalam kitab Mughni Al Muhtaj menerangkan, lebih utama puasa Syawal dikerjakan secara mutatabi'ah yaitu berurutan. Sebabnya, hal ini menyegerakan ibadah sebelum bertemu halangan apapun.

Selengkapnya...

(ism)

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id