Kamukah Pasangan Hidupku?

Orbit | Rabu, 21 Maret 2018 17:07
Kamukah Pasangan Hidupku?

Reporter : Ahmad Baiquni

Islam mengajarkan ta`aruf bagi orang yang mau menikah. Bagaimana dengan comblang?

Dream - Menikah merupakan perintah dari Rasulullah Muhammad SAW ditujukan kepada mereka yang sudah mampu. Pernikahan dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman batin.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mudah mendapatkan jodoh. Sudah berusaha sebaik mungkin, jodoh tak juga datang.

Karena mengalami kondisi ini, banyak orang yang meminta bantuan rekannya untuk mencarikan jodoh. Orang yang dimintai bantuan umum dikenal dengan istilah 'comblang'.

Comblang bertindak sebagai perantara yang menghubungnkan pria dan wanita akan menikah. Lewat comblang, masing-masing orang bisa mengenal calon pasangannya.

Lantas, bagaimana Islam memandang praktik ini?

Dikutip dari laman konsultasi syariah, terdapat perintah untuk menikahkan bujangan dan perawan. Perintah itu terdapat dalam Surat An Nur ayat 32.

" Nikahkahlah orang yang bujangan diantara kalian serta orang baik dari budak kalian yang laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas dan Maha Mengetahui."

Ayat ini menunjukkan keutamaan menikahkan seorang laki-laki atau wanita. Meski ayat ini berlaku untuk ayah, majikan, atau wali anak yatim, orang yang berniat membantu menikahkan orang lain juga mendapat pahala.

Hal ini dipertegas oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Turmudzi.

" Apabila datang kepada kalian orang yang kalian ridhai akhlak dan agamanya, maka nikahkanlah ia, jika tidak kalian lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang luas."

Menjadi comblang merupakan upaya yang diniatkan untuk saling tolong-menolong sesama Muslim. Sehingga sangat dianjurkan dalam Islam, sebagaimana perintah Allah SWT dalam Surat Al Maidah ayat 2.

" Lakukanlah tolong menolong dalam kebaikan dan takwa."

Buat kamu pria muslim lajang yang serius mencari calon istri, coba sebutkan kriteria calon istrimu dan coba lengkapi FORMULIR berikut: 

 

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id