Zakat Fitrah Atau Zakat Fitri?

News | Selasa, 5 Juli 2016 18:03
Zakat Fitrah Atau Zakat Fitri?

Reporter : Ahmad Baiquni

Terdapat perbedaan pendapat terkait penamaan zakat khusus yang satu ini. Sebagian besar Muslim lebih akrab dengan istilah zakat fitrah, sementara dalam setiap hadits rujukan menyebut zakat fitri.

Dream - Selama Ramadan, umat Muslim di seluruh penjuru dunia wajib menjalankan ibadah puasa. Ibadah ini harus dijalankan selama sebulan penuh.

Tetapi, ada ibadah lain yang juga wajib dijalankan pada bulan ini. Ibadah itu adalah membayar zakat fitrah, yaitu zakat berupa bahan makanan pokok sebesar 1 sha (3,5 liter/2,7 kg beras) per kepala.

Terdapat perbedaan pendapat terkait penamaan zakat khusus yang satu ini. Sebagian besar Muslim lebih akrab dengan istilah zakat fitrah, sementara dalam setiap hadits rujukan menggunakan istilah zakat fitri. Lantas mana yang benar?

Dalil yang menjadi dasar zakat fitrah menggunakan istilah zakat fitri. Seperti hadits dari Abdullah bin Umar RA, mengatakan:

" Rasulullah SAW memerintahkan untuk menunaikan zakat fitri sebelum berangkatnya kaum muslimin menuju lapangan untuk sholat hari raya." (HR Muslim).

Hadits lain diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA. " Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitri, sebagai penyuci orang yang berpuasa dari perbuatan yang menggugurkan pahala puasa." (HR Abu Dawud).

Hadits-hadits di atas menggunakan istilah 'zakat fitri'. Tetapi, ada sebagian ulama yang membolehkan penggunaan istilah 'zakat fitrah'.

Abul Haitsam dalam kitab Al Mausu'ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah memberikan penjelasan mengenai makna istilah 'fitrah', " Al Fitrah adalah asal penciptaan, yang menjadi sifat seorang bayi ketika dilahirkan dari ibunya."

Ibnu Qutaibah memberikan penjelasan mengenai penggunaan istilah 'zakat fitrah', " Dinamakan 'zakat fitrah' karena zakat ini adalah zakat untuk badan dan jiwa." (Ibnu Qutabah, dikutip Ibnu Qudamah dalam Al Mughni).

Dengan demikian, penggunaan istilah 'fitrah' untuk menyebut zakat fitri adalah diperbolehkan.

(Ism, Sumber: konsultasisyariah.com)

Join Dream.co.id