Xpander Ultimate Ramai Diburu, Ini Serba-serbi Kelebihannya Dibanding Kompetitor

News | Kamis, 24 Juni 2021 14:50

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Konsumen buru varian tertinggi Mitsubishi Xpander Ultimate di masa PPnBM. Ini yang membuat itu sangat menarik untuk dibeli.

Dream - Diperpanjangnya diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen hingga Agustus 2021, membuat industri kendaraan roda empat makin bergairah di tengah situasi pandemi.

Dari semua segmen mobil, paling menggeliat tipe mobil keluarga. Melihat berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jajaran mobil terlaris sepanjang Mei kemarin didominasi mobil keluarga.

Menariknya Small MPV jagoan Mitsubishi, Xpander menempati urutan pertama. Menggeser Toyota Avanza yang biasanya langganan nomer satu. Xpander mengemas penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) sebanyak 5.026 unit, sedangkan Avanza mencapai 4.675 unit.

Lonjakan besar penjualan Xpander pada Maret - Mei 2021 diakui Mitsubishi karena pemerintah memberikan diskon PPnBM 100 persen. Dari total penjualan Xpander, tipe Xpander Ultimate dan Xpander Cross Premium paling banyak diminati konsumen.

 Mitsubishi Xpander Ultimate© Istimewa

" Kalau kita lihat hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mengalami peningkatan permintaan. Tapi yang paling tinggi Xpander Ultimate dan Xpander Cross yang premium," ujar Deputy Group Head Regional Sales PT MMKSI, Budi Dermawan Daulay, beberapa waktu lalu.

Budi mengungkapkan, permintaan tinggi Xpander tidak hanya terjadi di Jabodetabek. Namun datang dari berbagai daerah.

" Adanya diskon PPnBM, deman tinggi tidak hanya Jadobetabek saja yang mengalami peningkatan 100 persen. Di beberapa area juga mengalami peningkatan 100 persen," imbuhnya.

Konsumen dapat memanfaatkan keuntungan insentif PPnBM 100 persen untuk pembelian model Xpander dan Xpander Cross, hingga Rp18 Juta.

Lalu apa yang bikin tipe Xpander Ultimate paling banyak diminta konsumen? simak ulasan.

Xpander Ultimate Ramai Diburu, Ini Serba-serbi Kelebihannya Dibanding Kompetitor
Mitsubishi Xpander Ultimate
2 dari 4 halaman

Kelengkapan fitur serta desain di Xpander Ultimate memang sudah seperti mobil MPV medium yang harganya Rp300 jutaan. Yup, ini memang varian termewah Xpander.

Kita mulai dari tampilannya yang bikin banyak orang kesengsem. Untuk tipe ini lampu belakangnya sudah LED, jadi kelihatan mewah di malam hari. Aura elegan makin kental berkat 'cover' spion yang sudah full chrome.

Makin kelihatan kece dengan ukuran velg 16 inch, lebih besar diamaternya dibanding Xpander tipe lain yang hanya 15 inch. Selain itu ukuran ground clearance juga lebih tinggi 0,5 mm.

 Mitsubishi Xpander Ultimate© Istimewa

Sekarang masuk ke bagian interiornya. Sistem hiburan untuk varian Ultimate bisa dibilang lengkap dan kekinian. Tersemat head unit touch screen berukuran 6,2 inci yang bisa mengakses berbagai fitur multimedia seperti Bluetooth dan AUX-in.

Sudah dilengkapi juga DVD & CD Player, USB port, dan NFC (Near Field Communication)--bisa menghubungkan smartphone dengan head unit. Head unit juga sudah terhubungan dengan kamera parkir belakang.

3 dari 4 halaman

Tipe ini juga dilengkapi fitur cruise control. Memudahkan pengemudi di jalan bebas hambatan yang treknya panjang dan membutuhkan waktu lama. Jadi pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya jika diinginkan.

Kemudian disematkan juga fitur Hill Start Assist. Sangat berguna ketika manuver di jalan menanjak dan menurun. Fitur ini memperingan kinerja rem dan tuas gas, jadi tidak perlu berlelah menekan keduanya secara terus menerus di kondisi jalan menanjak dan menurun.

 Mitsubishi Xpander Ultimate© Oto.com

Yang menjadi keunggulan bahkan dibanding lawan-lawan di kelasnya adalah kontrol stabilitas Active Stability Control. Fitur memastikan manuver mobil tetap stabil meski dalam tikungan yang tajam pada kecepatan tinggi.

Untuk fitur keamananya juga tidak main-main. Jadi yang terbaik dengan teknologi keamanan terkini yakni Brake Assist (BA), membantu pengemudi untuk melakukan pengereman darurat secara maksimal.

Selain itu dilengkapi Anti- Lock Braking System (ABS). Electronic Brake Force Distribution (EBS) dan Dual Air Bag.

© Dream
4 dari 4 halaman

Dari sekian keunggulan Mitsubishi Xpander untuk semua tipe, kenyamanan adalah salah satu kekuatan terbesarnya. Ada beberapa faktor yang membuat kenyamanannya unggul.

Pertama adalah sistem peredaman kabin yang ciamik. Suara eksternal, baik kendaraan, desiran angin hingga desingan ban bisa ditahan dengan baik. Sehingga sungguh kedap untuk ukuran sebuah Low MPV.

 Mitsubishi Xpander Ultimate© Istimewa

Faktor kedua adalah kelembutan suspensi. Mitsubishi sengaja set suspensi Xpander dengan bantingan lembut. Memang sedikit mengorbankan stabilitas saat bermanuver ekstrem, tapi sangat efektif membentuk rasa nyaman.

Saat melaju di jalan berlubang atau permukaan tak rata, guncangan di kabin bisa diminimalisir.

Jadi gak heran dong Mitsubishi Xpander kini jadi mobil terlaris.

Join Dream.co.id