WNI Sudah Boleh Transit di Singapura, Ini Syaratnya

News | Rabu, 22 September 2021 09:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Bandara Changi kini sudah membuka jalur transit untuk WNI

Dream - Otoritas Singapura mencabut larangan bagi Warga Negara Indonesia yang bepergian dari dan keluar negeri untuk singgah. Kini, WNI sudah dibolehkan transit di Bandara Internasional Changi.

Tetapi, aturan ini berlaku dengan syarat. WNI boleh transit di Bandara Changi jika bepergian dengan maskapai jaringan SIA Group, yaitu Singapore Airlines atau Scoot.

" Kami sangat senang karena sekarang kami dapat menyambut kembali pelanggan kami yang melakukan perjalanan dari Indonesia dengan penerbangan Singapore Airlines," ujar General Manajer Indonesia Singapore Airlines, Alvin Seah, melalui keterangan tertulis.

Alvin menyatakan keputusan ini sangat penting untuk memulihkan sektor penerbangan. Menurut dia, industri perjalanan saat ini mulai pulih secara bertahap.

" SIA telah menerapkan berbagai langkah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pelanggan dan stafnya, serta memastikan tingkat kepedulian yang sangat tinggi," kata Alvin.

Menyambut mulai pulihnya industri perjalanan, SIA telah meningkatkan pembersihan kabin. Selain itu, maskapai ini juga memastikan semua staf telah bebas dari Covid-19 sebelum terbang melalui pemeriksaan suhu tubuh.

Tak hanya itu, pesawat SIA rutin dibersihkan untuk mencegah pelanggan maupun staf tertular bahaya Covid-19. Pesawat SIA juga dilengkapi filter HEPA yang dapat mematikan 99,9 persen mikroba di udara.

WNI Sudah Boleh Transit di Singapura, Ini Syaratnya
Bandara Internasional Changi Singapura (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

80 Persen Populasi Sudah Divaksin, Singapura Bersiap Buka Perbatasan

Dream - Singapura telah merampungkan vaksinasi Covid-19 terhadap 80 persen populasinya. Capaian ini mendorong Singapura bersiap membuka kembali perbatasan, namun dengan pengawasan ketat.

" Kami telah melewati tonggak sejarah lain, di mana 80 persen dari populasi kami telah menerima rejimen (vaksinasi) penuh dua dosis. Itu berarti Singapura telah mengambil langkah maju dalam membuat diri kita lebih tahan terhadap Covid-19," ujar Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

Pejabat senior telah menetapkan vaksinasi sebagai patokan bagi Pemerintah Singapura untuk menyusun strategi hati-hati. Secara bertahap, Singapura akan membuka lebih banyak kegiatan ekonomi dan sosial, serta perjalanan bebas karantina.

Seperti yang terjadi, Singapura berharap untuk melakukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa tempat dengan perbatasan terbuka, menjaga infeksi serius dan tingkat kematian tetap terkendali. Sehingga dapat mencegah jenis wabah yang akan membahayakan sistem perawatan kesehatan dan menyebabkan pembatasan baru.

3 dari 4 halaman

Masih Berlakukan Jaga Jarak

Singapura saat ini memberlakukan jaga jarak yang lebih ketat daripada sebagian besar ibu kota keuangan global di luar Asia. Negara kota ini memiliki tingkat vaksinasi terbaik di dunia tetapi masih memberlakukan karantina bagi orang yang tiba dari luar negeri.

Orang datang dari luar harus menjalani karantina dua minggu di hotel lokal. Pertemuan kelompok masih dibatasi, maksimal lima orang.

Pembatasan mulai dilonggarkan dalam beberapa pekan terakhir. Pemerintah membuka kembali restoran untuk makan di tempat pada 10 Agustus bagi mereka yang divaksinasi penuh.

Sepekan kemudian, Singapura melonggarkan aturan kerja dari rumah yang ketat, memungkinkan sebanyak 50 persen karyawan untuk kembali ke kantor. Demikian pula, mal dan bioskop yang boleh buka lagi dengan pengunjung dibatasi.

 

4 dari 4 halaman

Jalur Khusus Pelancong Sudah Divaksinasi

Selain itu, Singapura juga mengambil langkah-langkah untuk menyambut pelancong yang divaksinasi dari beberapa negara. Pelancong yang sudah divaksinasi dari Jerman dan Brunei dibolehkan masuk ke Singapura mulai bulan depan melalui Jalur Perjalanan Bervaksinasi khusus.

Jalur khusus ini memungkinkan penumpang yang disetujui, termasuk pengunjung jangka pendek, tidak perlu menjalani karantina sama sekali setelah diuji untuk Covid-19. Jerman dan Brunei dipilih sebagai tempat di mana Singapura dapat menguji kepercayaannya pada jalur perjalanan yang divaksinasi.

" Seperti kata pepatah, kami merasakan batu saat kami menyeberangi sungai," kata Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong.

Singapura sekarang tengah menargetkan vaksin dosis ketiga sebagai booster untuk beberapa individu yang divaksinasi lengkap, terutama mereka yang kekebalannya sangat lemah. Rekomendasi diharapkan dapat segera keluar.

Singapura juga berharap dapat segera memvaksinasi anak-anak di bawah usia 12 tahun sekitar awal tahun 2022. Vaksinasi anak dijalankan setelah keamanan dan kemanjuran telah dipelajari secara memadai, dikutip dari Bloomberg.

Join Dream.co.id