Warga Heboh Pesawat Berputar-putar Usai Ledakan, Diduga Serangan Burung

News | Selasa, 11 Agustus 2020 18:02
Warga Heboh Pesawat Berputar-putar Usai Ledakan, Diduga Serangan Burung

Reporter : Reni Novita Sari

Beberapa saksi mata mendengar 'dentuman keras', 'letupan' dan 'nyala api' yang diduga berasal dari pesawat tersebut

Dream- Sebuah pesawat Boeing 757-200 milik Jet2 dilaporkan berputar-putar di atas Bandara Greater Manchester, Inggris. Beberapa saksi mata mengaku mendengar dentuman keras, letupan dan nyala api yang diduga berasal dari pesawat.

Menurut laporan Mirror.co.uk, beberapa saksi mata mendengar ledakan keras tak lama setelah pesawat lepas landas dari Bandara Manchester.

Berdasarkan pelacak penerbangan FlightRadar24.com, jet itu membuat tiga putaran besar di bagian barat Bandara Manchester dan sekitarnya.

Sementara menurut laporan berita setempat, peristiwa terjadi lantaran pesawat diserang kawanan burung di langit. serangan burung terjadi sesaat setelah lepas landas pada pukul 14:58 waktu setempat.

Pesawat Boeing 757-200© Foto : Adrian Pingstone

2 dari 3 halaman

Serangan Burung

Akibat serangan burung yang cukup parah, kru pesawat membuat keputusan untuk kembali ke Bandara Manchester. Tak cukup sampai di situ, ketika hendak kembali ke pangkalan, pesawat mengalami kelebihan beban pada bahan bakar.

Akibatnya, pesawat tersebut mengambil tindakan dengan melakukan pola penahanan di atas bandara Manchester untuk membakar bahan bakar berlebih sebelum kembali.

Serangan burung yang sangat berisik di pesawat yang lepas landas dari bandara Manchester sekitar 15 menit yang lalu. Membuat saya takut. Tidak yakin pesawat itu melanjutkan atau berputar balik,” ujar saksi mata.

Pesawat Boeing 757-200© Foto : Twitter/AerohubNews

Sementara juru bicara Jet2 mengatakan, pesawat yang sedang menjalani uji terbang itu mengalami kerusakan kecil.

 “ Salah satu pesawat kami pada penerbangan uji rutin mengikuti prosedur dan kembali ke Bandara Manchester sore ini, setelah awak melaporkan adanya kesalahan kecil,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kembali dengan Selamat

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana bunyi ledakan dan nyala api itu bisa terjadi. Namun kabar terakhir mengatakan, pesawat tersebut mendarat di Bandara Manchester dengan selamat pada pukul 15:25 waktu setempat. Peristiwa ini pun sempat membuat heboh di dunia maya.

Pesawat Boeing 757-200© Foto : FlightRadar24.com

" Sangat menakutkan! Senang sekarang sudah mendarat dengan selamat,” ujar warganet.

“ Suara sangat keras di area Bandara Manchester sekitar jam 3 sore. Rumah itu bergetar! Semoga semuanya baik-baik saja,” cuit warganet yang lainnya.

 

Sumber : Mirror.co.uk

Join Dream.co.id