Wamenag: Zakat Ringankan Tugas Negara

News | Selasa, 21 Juli 2020 17:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Zakat punya peranan penting yang bisa membantu negara menyejahterakan masyarakat.

Dream - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, mengatakan zakat memiliki tujuan untuk membangun kehidupan umat yang sejahtera serta saling tolong menolong.

Menurut dia, keberadaan zakat meringankan tugas negara untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

" Pendayagunaan zakat secara konsumtif dan produktif bertujuan membangun suatu masyarakat yang hidup bertolong-menolong, mempunyai rasa solidaritas sosial yang tinggi dan sejahtera," ujar Zainut, dikutip dari Liputan6.com.

Zainut mengatakan, dana zakat dapat dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja baru. Sehingga, dapat menampung kelompok fakir miskin serta menekan angka pengangguran.

Sebagai contoh, dana zakat digunakan mendirikan lembaga pelatihan kerja dan keterampilan bagi kaum dhuafa. Ini untuk mendorong peningkatan kesejahteraan kaum miskin.

 

Wamenag: Zakat Ringankan Tugas Negara
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi
2 dari 3 halaman

Selain itu, zakat dapat pula dimanfaatkan untuk pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan agama dan keagamaan. Salah satunya dengan pondok pesantren.

Tak hanya itu, Zainut juga menyebutkan zakat bisa menjadi alternatif penanggulangan kemiskinan. Sifatnya melengkapi peran anggaran negara baik skala mikro hingga makro.

" Sejalan dengan upaya pemerintah melalui Kementerian Agama dalam mengembangkan moderasi beragama, maka perlu disinkronkan dan disinergikan dengan moderasi kesenjangan sosial ekonomi agar mencapai hasil yang diharapkan," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Dalam pandangan Zainut, moderasi beragama bukanlah entitas yang berdiri sendiri. Tetapi beririsan dengan entitas lain seperti kesejahteraan ekonomi dan ketahanan mental spiritual.

Sementara zakat, infak, sedekah serta wakaf merupakan instrumen memoderasi kesenjangan sosial ekonomi. Sehingga, Zainut mendorong zakat dan wakaf dijadikan instrumen pendanaan untuk penanggulangan kemiskinan dalam program kerja pemerintah, termasuk berkaitan dengan dampak pandemi Covid-19.

" Di samping membantu darurat medis, diharapkan secara maksimal membantu rakyat kecil agar bisa memenuhi kebutuhan dasar dan menjaga daya beli yang tertekan akibat pandemi Covid-19," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Muhammad Ali.

© Dream
Join Dream.co.id